Menu
grammar check
Grammar and Vocabulary

Tips untuk Grammar Check, Waktunya Dicek!

tom thunder
Author
Tom Thunder
2022.06.27

Saat mengunjungi artikel ini, pasti kamu sudah paham kan apa itu grammar? Grammar adalah struktur yang digunakan untuk menyusun kalimat. Dalam bahasa Indonesia kita kerap mengenalnya dengan istilah Subjek, Predikat, Objek dan Keterangan (SPOK).

Yuk, coba kelas demo GRATIS!*

Mau kursus di EF? Coba kelas demo gratis* di EF center terdekatmu!

Incorrect phone number
Daftar Sekarang!

Dengan menekan tombol Daftar Sekarang, Anda menyetujui Kebijakan Privasi EF serta bersedia menerima penawaran dari EF.

*Syarat dan Ketentuan Berlaku

Untuk Menyusun kalimat sempurna dalam bahasa Inggris kita perlu memperhatikan penggunaan grammar yang tepat. Meskipun saat praktiknya akan cukup sulit, ternyata kita bisa loh melakukan grammar check dengan menggunakan tools gratis yang mudah diakses.

Saat melakukan grammar check, kita pasti akan menjumpai part of speech seperti pronoun (kata ganti), noun (kata benda), verb (kata kerja), adjective (kata sifat), adverb (kata keterangan), determiner, preposition (kata depan), dan conjunction (kata penghubung).

Nah berdasarkan grammar di atas, apakah kamu sudah menguasai salah satunya? Supaya tidak ragu lagi, kini waktunya kita melakukan grammar check! Mau tahu bagaimana tips untuk grammar check bagi pemula? Baca ulasan berikut ini sampai tuntas, ya! 😉

1. Cek grammatical errors

grammar

Beberapa dari kita saat menerjemahkan teks dalam bahasa Inggris yaitu dengan otodidak atau menggunakan situs online. Terkadang selalu ada saja kalimat yang tidak enak dibaca atau disebut dengan grammatical errors.

Untuk menghindari hal ini terjadi, langkah pertama yang perlu kamu lakukan yaitu dengan memindai tulisan yang memiliki ejaan dan tanda baca yang kurang tepat. Meskipun ini adalah hal yang dasar, ejaan dan tanda baca sangat penting untuk Menyusun kalimat dalam bahasa Inggris.

Kedua, gunakan bentuk kata kerja yang sama. Setelah itu periksa subjek yang digunakan, apakah jamak atau tunggal. Kemudian perhatikan homofon dalam tulisan tersebut. Pada dasarnya terdapat dua kata atau lebih yang pengucapannya sama tetapi ejaannya berbeda, seperti “there”, “their”, dan “they’re”. Oleh sebab itu pastikan kamu memilah kata yang sesuai dengan narasi atau konteks kalimat yang benar, ya.

2. Perbaiki kesalahan ejaan yang rumit

grammar check

Ketika langkah pertama sudah terdeteksi, kini waktunya untuk perbaiki setiap kesalahan ejaan. Jangan lupa untuk terus membacanya dengan bahasamu, dan mulai berpikir apakah kalimat yang dibaca sudah enak didengar? Jika iya, maka selamat! Namun, jika tulisan atau kalimat tersebut masih cukup rumit maka kamu bisa menggunakan kata atau frasa lainnya untuk menggambarkan kondisi yang sama.

3. Gunakan tools grammar check

grammar pro

Cara mudah untuk grammar check yaitu menggunakan tools yang sudah banyak tersedia secara online. Apalagi jika kamu sudah mengenal Grammarly dan menyinkronisasikannya di software penelusuran atau pun Microsoft Word maka akan sangat mudah untuk mendeteksi kesalahan grammar secara langsung tanpa memindahkan teks tersebut ke situs Grammarly dan semacamnya.

Beberapa situs yang bisa digunakan untuk grammar check di antaranya adalah Microsoft Word, Grammarly, Ginger, Sentence Checker, Hemingway App, PaperRater, dan lain-lain.

4. Lakukan proofread dengan yang ahli

cara cek grammar

Jika kamu masih kurang percaya diri dengan hasilnya, kini kamu bisa melakukan proofread dengan seseorang yang ahli dalam bahasa Inggris, seperti guru les, teman, ataupun kerabat untuk memastikan sejauh mana teks atau kalimat yang kamu buat sudah sempurna.

Salah satu tempat yang bisa kamu kunjungi untuk melakukan proofread yaitu dengan ikut bergabung di kelas demo GRATIS EF. Caranya pun sangat mudah! Kamu hanya perlu mengisi nomor telepon aktif pada formulir di halaman ini dan siapkan semangat karena kita akan belajar bersama guru profesional EF dan teman-teman di kelas.

Sudah siap belajar bahasa Inggris GRATIS? Daftar sekarang juga, yuk! 😉