Menu
public-speaking
Listening and Speaking

Tips Public Speaking Anti Gugup! Sudah Mencobanya?

tom thunder
Author
Tom Thunder
2023.02.16

Kamu pernah berbicara di depan umum? Tidak semua orang memang bisa melakukannya. Tapi, kamu juga tidak bisa menghindarinya. Misalnya saja di sekolah, di mana guru akan memintamu untuk mempresentasikan materi pelajaran kepada seluruh temanmu yang ada di kelas. Hal ini juga berguna untuk melatih kemampuan public speakingmu loh.

Yuk, coba kelas demo GRATIS!*

Mau kursus di EF? Coba kelas demo gratis* di EF center terdekatmu!

Incorrect phone number
Daftar Sekarang!

Dengan menekan tombol Daftar Sekarang, Anda menyetujui Kebijakan Privasi EF serta bersedia menerima penawaran dari EF.

*Syarat dan Ketentuan Berlaku

Tahukah kamu? Public speaking adalah salah satu skill penting yang harus kamu miliki. Selain berbicara di depan umum, kamu juga harus bisa menyampaikan point – point tertentu agar audiensmu paham dan materi yang kamu sampaikan menarik. Dalam kata lain, presentasimu tidak membosankan dan membuat orang lain mengantuk.

Untuk kamu yang sudah pernah berbicara di depan banyak orang, apalagi kamu yang sering melakukannya, kamu sudah tahu belum nih, bagaimana tips menghadapi rasa gugup ketika berbicara di depan umum? Ini dia strateginya!

Simak yuk artikel di bawah ini!

1. Berlatih di depan cermin

cermin

Sebelum kamu memulai public speaking, latihlah dirimu terlebih dahulu. Kamu bisa berbicara di depan cermin dengan point-point penting yang ingin kamu sampaikan. Berlatih sampai kamu benar-benar hafal inti pointnya di luar kepala. Selain itu, kamu bisa berlatih di depan orang yang dekat denganmu. Misalnya orangtua, teman, atau siapa pun yang tidak membuatmu gugup.

2. Kuasai materi

materi

Selain berlatih di depan cermin, tentu kamu harus menguasai materi. Strateginya adalah, tetap menghafalkan inti point dan kembangkan inti point tersebut semenarik mungkin. Selaraskan dengan fenomena yang sedang terjadi dan bahasa yang mudah dipahami.

3. Ambil jeda saat menjelaskan

jeda

Saat kamu menjelaskan materimu, jangan langsung sampaikan semua point-pointnya. Sesekali kamu ambil jeda dengan melakukan ice breaking misalnya, atau pertanyaan-pertanyaan kecil lainnya. Sama seperti saat kamu baru memulai berbicara. Saat naik ke atas panggung, tariklah nafas dan tetap tenang.

4. Bicara dengan tenang

tenang

Selain ambil jeda, bicaralah dengan tenang dan jangan tergesa-gesa. Namun, jangan juga terlalu lama. Jika tergesa-gesa, penampilanmu akan aneh dan audiens kurang atau bahkan tidak menangkap apa yang kamu sampaikan. Namun, jika terlalu lambat, audiens juga akan bosan. Bicara dengan tenang dan jelas. Sampaikan point-pointmu secara teratur.

5. Jaga kontak mata

mata

Sambil menjelaskan dan berbicara di depan audiens, tetap lakukan dan jaga kontak matamu dengan audiens. Hal ini berguna agar kamu tetap fokus sekaligus memberi tantangan pada dirimu sendiri agar kamu bisa bersikap tenang. Sehingga, lama-kelamaan, kamu akan terbiasa.

6. Sisipkan humor

humor

Pssstttt … Jangan terlalu kaku! Kamu bisa sisipkan candaan loh! Candaan yang sopan ya tentunya, jangan membawakan topik candaan yang memberikan efek negatif, seperti membahas mengenai agama, ras, gender, dan lain sebagainya. Coba kamu lihat materi candaan yang sering dibawakan oleh seorang komedian. Makin lucu candaannya, semakin membuat audiensmu melek.


Itu dia tips agar kamu tidak gugup lagi saat berbicara di depan umum. Terus berlatih ya. Apalagi, jika kamu menggunakan bahasa asing, seperti bahasa Inggris. Supaya makin lancar, yuk perbanyak kosakata bahasa Inggrismu. Kamu mau tingkatkan kemampuan bahasa Inggrismu?

Bisa banget nih coba Kelas EF! Gratis! Kamu akan dibimbing oleh guru yang berpengalaman di bidangnya dengan materi yang super seru! Yakin kamu mau lewatkan kesempatan ini? Banyak juga promo menarik lainnya loh! Ayo segera daftarkan dirimu! 😉

*Syarat dan Ketentuan berlaku
*Promo terbatas

Terakhir update artikel : 16-02-2023