Menu
ef blog
Listening and Speaking

Tips Presentasi Menggunakan Bahasa Inggris

2020.05.01

Presentasi dalam bahasa Inggris merupakan hal yang tidak dapat dihindari, karena pasti Anda akan atau pernah menghadapinya paling tidak satu kali selama hidup Anda bukan? Baik itu di dalam dunia kerja, bisnis, sekolah, atau bahkan untuk mengikuti sebuah perlombaan. Presentasi menggunakan bahasa Inggris biasanya sering digunakan sebagai sebuah ujian praktik bahasa Inggris di sekolah menengah, bahkan di perkuliahan, beberapa mata kuliah di beberapa universitas mengharuskan untuk menggunakan bahasa Inggris secara penuh baik dalam kegiatan kelas maupun dalam melakukan presentasi.

Di dunia bisnis sendiri, presentasi dalam bahasa Inggris sudah menjadi seperti makanan sehari-hari. Karena seorang pebisnis pasti sering bertemu dengan klien yang hanya bisa berkomunikasi dengan menggunakan bahasa Inggris. Selain karena kebutuhan atau tuntutan pekerjaan dan sekolah, tentunya melakukan atau berlatih untuk presentasi dengan menggunakan bahasa Inggris memiliki keuntungan untuk Anda untuk meningkatkan kemampuan bahasa Inggris Anda.

Kemampuan bahasa Inggris yang baik sangat penting mengingat bahasa Inggris merupakan bahasa yang diakui secara internasional.

Untuk membantu Anda mempersiapkan presentasi dalam bahasa Inggris baik itu untuk keperluan bisnis atau pun mempersiapkan diri untuk tes atau ujian, di dalam tulisan ini akan tips dalam belajar bahasa inggris dan akan di bahas mengenai tips untuk mempersiapkan presentasi dalam bahasa Inggris.

HORE! Kamu dapat kelas demo GRATIS!

Isi data dirimu pada kolom di bawah ini, dan dapatkan kesempatan untuk mendapat voucher kelas demo GRATIS!* Buruan, penawaran terbatas!

Incorrect phone number
Daftar Sekarang!

Dengan menekan tombol Daftar Sekarang, Anda menyetujui Kebijakan Privasi EF serta bersedia menerima penawaran dari EF.

*Syarat dan Ketentuan Berlaku

Yang Harus Disiapkan Sebelum Presentasi Menggunakan Bahasa Inggris

Hal yang harus dilakukan sebelum melakukan presentasi dalam bahasa Inggris adalah pertama, mempersiapkan dirimu dengan menyiapkan bahan presentasi. Menyiapkan bahan presentasi terdiri dari beberapa hal, hal yang pertama adalah menyiapkan materi yang sesuai. Pastikan Anda hanya menggunakan materi yang memiliki korelasi langsung dengan topik yang akan Anda bicarakan.

Misalnya Anda melakukan presentasi mengenai sistem pencernaan tubuh manusia, maka materi yang harus Anda persiapkan adalah apa saja organ yang termasuk ke dalam sistem percernaan tubuh manusia dan apa fungsinya.

Setelah menguasai materi yang telah Anda persiapkan, Anda dapat membuat file presentasi di power point atau media-media lain tempat Anda biasa menyiapkan materi presentasi. Jangan lupa untuk membuat powerpoint yang menarik, dengan mengandalkan visual yang menarik seperti penggunaan font, design template dan penggunaan gambar-gambar untuk mendukung materi presentasi Anda. Anda juga bisa menyiapkan mindmap untuk memudahkan Anda memetakan materi-materi presentasi ke dalam powerpoint. Jangan lupa untuk mencari tahu kosakata-kosakata dalam bahasa Inggris yang berkaitan dengan materi yang Anda angkat untuk di presentasikan.

Selain menyiapkan bahan presentasi, Anda juga harus berlatih. Latihan ini sangat penting, melalui latihan ini Anda bisa menghitung durasi presentasi Anda, dan bagaimana Anda mengatur kata-kata yang harus dan tidak perlu Anda gunakan dalam presentasi tersebut. Latihan ini juga bertujuan untuk meningkatkan kepercayaan diri Anda sebelum presentasi, ajak keluarga atau teman Anda untuk melihat Anda berlatih agar Anda terbiasa berbicara di depan orang lain.

Terakhir, siapkan penampilan Anda untuk presentasi. Siapkan baju yang rapih dan tidur yang cukup sebelum melakukan presentasi agar wajah dan tubuh Anda terlihat segar dan bugar.

Jika poin sebelumnya membahas mengenai hal-hal yang harus Anda persiapkan sebelum presentasi, maka di poin ini, akan dibahas mengenai apa yang harus Anda lakukan saat presentasi berlangsung. Dalam sebuah presentasi terdapat struktur yang harus Anda perhatikan. Untuk membuat struktur presentasi agar presentasi Anda lebih rapih dan terarah, ada beberapa langkah yang harus Anda penuhi, langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

Langkah Pertama

Berilah kalimat sapaan atau greetings dan ucapan salam terima kasih karena telah hadir dalam acara tersebut:

- Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh / Thank you for coming to… / I am glad to see you all.

- Good morning / afternoon / evening everybody / friends / guys.

- Good morning / Afternoon ladies and gentlemen. It’s an honor to meet you here :)

Contoh kalimat:

Good morning class, good morning Mr. Lecturer. First, we want to thank you all for your presence in this class and today’s presentation.

Langkah Kedua

Perkenalkan diri Anda / kelompok Anda.

- Let me introduce myself. My name is… I am from…

- Let me introduce myself and my partner. I am ... and here is my partner is, … . We are from …

Contoh kalimat:

Before we begin, let us introduce ourselves. My name is Andra, the lady here is Araminta, and the man over there is Nick. We are from group 3.

Langkah Ketiga

Jelaskan isi, maksud dan tujuan Anda dalam presentasi

- I would like to talk about…

- In this presentation, we will discuss about…

- In this opportunity, i would like to present…

Contoh dalam kalimat:

So, we realize that not everyone knows and have been wondering about what is and how is Panda Diplomacy. Extraordinary isn’t it? A Panda to do diplomacy. How can this be? That’s why we here today to tell you what it is and all you might want to know about Panda Diplomacy. Let’s start with how it began.

Catatan saat Anda menjelaskan mengenai isi presentasi, jangan lupa untuk menggunakan beberapa hal ini:

  • Menggunakan linking words untuk transisi tiap kalimat dan untuk menunjukkan hasil, perbandingan dan alasan seperti: First, then, finally, because, since, but, however, although, in addition, therefore, consequently.

Contoh:

So first, we will begin with what is Panda Diplomacy. Then, we will tell you how we can know a term called ‘Panda Diplomacy.’ Since we know, there must be some curiosity unsolved within yourself. We decide to have a QnA session at the end of this presentation. However, the limited time we have resulted in limited person allowed to raise a hand to ask us a question.

  • Mencamtukan contoh untuk mendukung argument dalam presentasi Anda.

Contoh:

One of the examples of the successful Panda Diplomacy is with Malaysia. In 2014, Malaysia received pandas as a remark for the 40th anniversary of diplomatic ties between Malaysia and China. Malaysia is the biggest allies of China in Asia. Besides Malaysia, China also sends the pandas to those countries which have significant economic cooperation with them.

Langkah Keempat

Melakukan sesi tanya jawab.

- Any question?

- Anybody would like to ask?

- Just feel free to interrupt me if you have something ask.

Contoh kalimat:

Okay, from everything we’ve told you about Panda Diplomacy and still have your question unanswered, feel free to ask us here.

Langkah Kelima

Setelah Anda menjelaskan isi, maksud dan tujuan Anda dalam presentasi, dan mengadakan sesi tanya jawab, jangan lupa untuk membuat atau menyampaikan kesimpulan mengenai materi yang telah Anda sampaikan.

- In conclusion …

- In summary …

- To summarize …

- To sum up …

Contoh dalam kalimat:

To conclude everything, we now know that Panda Diplomacy has a role in China’s foreign policy. In this diplomacy, Panda act as the diplomatic gifts given by China for the other countries

Langkah Keenam

Setelah Anda selesai memberikan presentasi Anda hingga melakukan sesi tanya jawab dan memberikan kesimpulan. Jangan lupa untuk menutup presentasi Anda dan mengucapkan Terima kasih.

- Thank you for your attention.

- Thank you very much for your great attention, ladies and gentlemen.

Contoh dalam kalimat:

It’s been a great discussion with you all, we don’t feel like we are the one who present something but we all did. Thank you very much for your great attention and active participation throughout this presentation.

Itu dia beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk mempersiapkan sebuah presentasi dalam bahasa Inggris, sekaligus langkah-langkah apa yang harus dilakukan saat melakukan presentasi dalam bahasa Inggris. Jangan lupa untuk banyak berlatih agar Anda terbiasa dan bisa mendapatkan kepercayaan diri. Selamat belajar dan semoga membantu!