Menu
listen artinya
Listening and Speaking

Tips Praktis Belajar Listening

tom thunder
Author
Tom Thunder
2023.06.27

Listening merupakan hal yang sangat penting dalam Bahasa Inggris. Pernahkah kamu tidak mengerti apa yang diucapkan oleh speaker saat praktek listening ? Melatih kemampuan listening adalah hal yang cukup sulit. Jika kamu memiliki niat yang kuat dan tahu tips belajar yang tepat, tidak ada yang tidak mungkin. Kira-kira tips praktis apa saja yang bisa kamu gunakan untuk belajar listening?

Yuk, coba kelas demo GRATIS!*

Mau kursus di EF? Coba kelas demo gratis* di EF center terdekatmu!

Incorrect phone number
Daftar Sekarang!

Dengan menekan tombol Daftar Sekarang, Anda menyetujui Kebijakan Privasi EF serta bersedia menerima penawaran dari EF.

*Syarat dan Ketentuan Berlaku

Ada empat jenis skill Bahasa Inggris yang perlu kamu kuasai yaitu, speaking, writing, reading, & listening. Semua skill itu saling berkaitan dan memiliki tantangannya sendiri. Seringkali listening terasa sulit karena tidak terbiasa mendengar sesuatu dalam Bahasa Inggris, seperti daily conversation

Oleh karena itu dibutuhkan niat yang kuat dan semangat untuk terus belajar supaya kemampuan listening kamu meningkat. Kali ini Tom akan memberi tips untuk EFriends agar bisa belajar listening dengan mudah. Let's check this out!

Listening with Intention

listening

Berikanlah seluruh fokus dan perhatian untuk mendengarkan speaker dengan baik. Dengan niat dan fokus mendengarkan kita akan mudah mengikuti alur pembicaraan serta tidak tertinggal dari topik. 

Kamu juga bisa mengambil poin penting dari keseluruhan isi pembicaraan dengan cara fokus pada kata-kata yang diucapkan speaker dengan intonasi yang ditekan. Selain itu kamu juga harus konsisten belajar listening agar kemampuanmu terus meningkat. Dikit-dikit lama-lama jadi bukit deh!

Memanfaatkan Waktu

english listening

Selama 24 jam, pasti ada waktu luang yang bisa kamu gunakan untuk tetap produktif. Misalnya ketika kamu sedang menunggu transportasi umum, memasak dan membersihkan rumah bisa kamu manfaatkan sambil belajar listening. Kamu dapat mendengarkan podcast sambil melakukan aktivitas lain. 

Nah, itulah cara meningkatkan kemampuan listening kamu walau sedang sibuk. Pastikan juga aktivitas yang kamu lakukan itu tidak membutuhkan konsentrasi tinggi sehingga kamu tetap bisa fokus listening. Dengan begitu kamu jadi terbiasa mendengar dalam Bahasa Inggris deh!

Mode Slow Motion

video bahasa inggris

Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk belajar listening adalah dengan mendengar podcast atau menonton video berbahasa Inggris. Nah, supaya belajar listening kamu lebih efektif kamu bisa menggunakan mode slow motion pada podcast atau film yang ditonton. 

Dengan cara ini akan membuat kamu lebih paham mengenai topik yang dibicarakan. Sambil menonton video atau mendengarkan podcast kita jadi bisa berlatih menebak apa yang dengan dibicarakan. Jadi, paham deh apa yang dibicarakan sebenarnya!

Buatlah Catatan

catatan bahasa inggris

Ketika sedang latihan listening, kamu bisa membuat catatan melalui notes atau ponselmu. Dengan mencatat poin-poin penting dalam topik atau percakapan yang kamu dengar, kamu dengan mudah bisa menarik kesimpulan mengenai apa yang sedang dibicarakan.

Jangan lupa lakukan cross-check, apakah yang kamu dengarkan sama dengan yang sedang dibicarakan. Selain itu kamu bisa juga mencatat kosakata yang menurutmu sulit didengar ataupun dieja. Ingat! Jangan mencatat terlalu detail hingga perkata ya, cukup poin yang sedang dibicarakan saja.

Latihan, latihan dan latihan

how to learn listening skills in english

Berlatih sendiri atau dengan partner akan meningkatkan kemampuan listening kamu. Jangan hanya berlatih mendengar tapi cobalah untuk membaca dan mengucapkannya juga. Dengan begitu otak akan lebih sempurna merekam kata tersebut. Saat mendengar kata itu lagi otak secara langsung akan mengingat dan kamu jadi paham percakapan dengan cepat. Kamu juga jadi terbiasa dengan Bahasa Inggris tentunya. Praktis sekali bukan? 

Itu dia lima tips yang bisa kamu terapkan untuk belajar listening agar kemampuan Bahasa Inggrismu semakin meningkat. Jangan lupa untuk terus konsisten dalam berlatih, karena practice makes perfect! 

Ingin tahu listening tips lainnya? Kamu bisa bergabung menjadi EF Student agar belajar Bahasa Inggris secara interaktif bersama guru-guru profesional. Jadi mudah memahami materinya deh!  Pastinya kamu juga akan mendapat pengalaman yang tak terlupakan karena banyak activity seru yang bisa kamu lakukan disini. Yuk, gabung EF sekarang!