Menu
Menulis Resolusi Tahun Baru
Reading and Writing

Tips Menulis Resolusi Tahun Baru dalam Bahasa Inggris

writing tips
Ben Small Stars
Author
Ben
2021.01.07

Tahun baru berarti resolusi baru? Yup, kebanyakan orang meyakini prinsip tersebut. Bagi mereka, menulis resolusi merupakan agenda wajib ketika memulai tahun yang baru. Lalu, seperti apa cara menulis resolusi di tahun baru yang benar?

Memasuki awal tahun, sudahkah kamu menulis resolusi di 2021? Daripada sekadar membayangkannya di kepala, menuliskan resolusi di tahun baru merupakan ide yang bagus. Dengan menuliskannya, akan lebih mudah bagi kamu untuk mengingatnya sewaktu-waktu. Hidupmu jadi lebih terarah karena kamu tahu tujuan yang ingin dicapai.

Pada saat yang sama, kamu akan memanfaatkan waktu yang ada sepanjang tahun dengan baik untuk menjalankan resolusi. Yuk, intip cara menulis resolusi tahun baru!

Beli Kursus, Bisa Gratis Kursus?

Cuma di awal tahun 2021, kamu bisa gabung di EF dengan potongan harga khusus* dan kesempatan mendapatkan program gratis*! Isi data dirimu pada kolom di bawah ini sekarang!

Incorrect phone number
Daftar Sekarang!

Dengan menekan tombol Daftar Sekarang, Anda menyetujui Kebijakan Privasi EF serta bersedia menerima penawaran dari EF.

*Syarat dan Ketentuan Berlaku

Agar semakin oke, resolusi dapat dibuat dalam bahasa Inggris. Kamu dapat mengikuti tips di bawah untuk menuliskan resolusi tahun barumu dalam bahasa Inggris.

Menjadi Pribadi yang Lebih Baik

Tahun baru dapat menjadi momen untuk menjadi pribadi baru, yaitu pribadi yang lebih baik dari sebelumnya. Kamu dapat menuliskan resolusi yang membuatmu jadi pribadi yang lebih baik. Berikut ini beberapa alternatif yang dapat kamu gunakan:

  • Eat healthy food (mengonsumsi makanan sehat)

Makanan sehat dapat memberi manfaat yang baik bagi tubuh sehingga jadi lebih sehat. Selain rajin memakan buah dan sayuran segar, kamu juga harus menghindari terlalu banyak junk food.

  • Drink more water (minum lebih banyak air putih)

Untuk mengimbangi makanan sehat, kamu juga perlu meminum banyak air putih agar tubuhmu tetap bugar.

  • Be productive (menjadi produktif)

Menjadi produktif dapat dilakukan melalui berbagai macam cara. Sebagai pelajar, kamu bisa menjadi produktif dengan memperbanyak membaca buku pelajaran ataupun jenis buku yang lain. Belajar bahasa asing juga salah satu cara untuk menjadi produktif.

  • Take care of the environment (peduli terhadap lingkungan)

Banyak hal kecil yang bisa kamu lakukan untuk menunjukkan kepedulian terhadap lingkungan, seperti menghindari penggunaan plastik sekali pakai, tidak membuang sampah secara sembarangan dan menanam pohon.

  • Stop procrastinating (berhenti menunda)

Menunda melakukan sesuatu kerap mendatangkan dampak yang tidak baik, seperti jadi terburu-buru atau hasil tidak maksimal. Berhenti menunda-nunda pekerja berarti akan memberikan dampak sebaliknya.

  • Help others (membantu orang lain)

Membantu orang lain bisa kamu lakukan di mana saja: di rumah, di sekolah, di jalan dan sebagainya. Membantu ibu memasak, mengajari teman yang kurang paham dan memberi makanan pada orang kurang mampu yang kamu temui di jalan adalah bentuk bantuan yang bisa kamu berikan pada orang lain. Meskipun terkesan sepele, tetapi tindakan tersebut bisa mengantarmu jadi lebih baik.

Urutkan Sesuai Prioritas

Saat menuliskan resolusi, buatlah urutan dari yang paling utama. Dengan begitu kamu bisa mendahulukan mana hal yang lebih penting. Kalau kamu tidak memperhatikannya, maka sesuatu yang sangat kamu inginkan justru tidak tercapai  ketika keinganmu yang biasa saja terwujud.

Membuat Keterangan Waktu

Untuk memudahkanmu dalam mencapai resolusi, kamu perlu membuat keterangan waktu saat menuliskannya. Gunakan waktu yang spesifik sehingga jelas kapan waktu untuk melakukan suatu hal. Misalnya, membaca buku setiap pukul 7-8 malam. Tanpa keterangan waktu yang jelas, kamu cenderung bisa seenaknya sendiri. Jangan lupa untuk konsisten terhadap waktu yang telah ditentukan!

Realistis

Dalam menuliskan resolusi, kamu harus memastikan bahwa tujuan yang ingin kamu capai realistis. Realistis berarti kamu yakin bahwa apa yang kamu tulis dapat menjadi kenyataan. Jika tidak, justru resolusi tersebut menjadi sia-sia karena kamu menghabiskan waktu untuk mengusahakan sesuatu yang tidak mungkin terjadi.

Manual atau Digital?

Kamu boleh menuliskan resolusi secara manual maupun digital. Pilihlah media yang kamu sukai atau yang sering kamu gunakan supaya tidak mudah lupa. Kamu bisa menulis di buku, kertas bahkan aplikasi note yang ada di ponsel. Bahkan, kalau kamu mau bisa didesain semenarik mungkin sehingga meningkatkan rasa semangat.

Mudah bukan menulis resolusi tahun baru dalam bahasa Inggris? Atau kamu masih bingung hendak membuat resolusi apa di awal tahun ini? Belajar bahasa Inggris di EF bisa jadi pilihan, loh. Ada banyak pilihan program dengan dengan diskon yang menggiurkan.

Yuk, langsung saja daftarkan dirimu!

Ben Small Stars
Author
Ben