Menu
essay
Reading and Writing

Tips Menulis Essay Beasiswa Bahasa Inggris Agar Menarik

tom thunder
Author
Tom Thunder
2023.02.13

Kamu punya impian bisa mendapat beasiswa sekolah ke luar negeri? Kalau iya, sudah saatnya kamu mulai mencari daftar universitas yang kamu tuju. Tidak lupa, kamu juga harus belajar bagaimana menulis essay beasiswa dalam bahasa Inggris yang baik, agar essay yang kamu tulis bisa berpeluang dilirik oleh panitia penerimaan siswa baru. Ayo kita mulai belajar menulis essay beasiswa!

Yuk, coba kelas demo GRATIS!*

Mau kursus di EF? Coba kelas demo gratis* di EF center terdekatmu!

Incorrect phone number
Daftar Sekarang!

Dengan menekan tombol Daftar Sekarang, Anda menyetujui Kebijakan Privasi EF serta bersedia menerima penawaran dari EF.

*Syarat dan Ketentuan Berlaku

Hampir semua program beasiswa sekolah ke luar negeri meminta essay sebagai salah satu persyaratan selain nilai akademik. Hal ini karena essay jadi salah satu cara tim penerimaan mahasiswa di universitas yang kamu tuju untuk mengenal siapa dirimu. Kalau nilai rapor dan sertifikat prestasi berguna untuk melihat potensimu di bidang akademik, essay digunakan untuk melihat karakter, kepribadian dan nilai-nilai yang kamu miliki.

Pada dasarnya, dalam essay yang ditulis harus menunjukkan kepribadian penulis tapi tetap mengikuti aturan yang diminta perguruan tinggi yang dituju. Ini dia beberapa tips dan contoh kerangka yang bisa membantumu menulis essay beasiswa bahasa Inggris yang baik.

1. Baca ketentuannya dengan teliti

Kesalahan paling dasar namun paling sering dilakukan adalah tidak membaca ketentuan essay secara detail. Sering meremehkan format, jenis dan ukuran font, atau jumlah minimal dan maksimal kalimat essay, padahal hal ini juga penting.

Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah membaca ketentuannya dengan teliti. Setelah itu, langsung terapkan formatnya di Ms Word atau aplikasi lain. Jangan tunggu sampai essaymu selesai baru mengatur formatnya.

2. Riset perguruan tinggi yang dituju

Setiap perguruan tinggi punya preferensi yang berbeda. Maka dari itu kamu harus melakukan riset terlebih dahulu tentang universitas dan contoh-contoh essay dari mahasiswa sebelumnya yang berhasil lolos.

3. Buat kerangka essay dengan daftar pertanyaan

Susun kerangka essay beasiswa kamu dengan membuat daftar pertanyaan yang fokus pada dirimu. Kamu bisa menanyakan hal-hal ini:

  • Siapa kamu? - Deskripsikan dirimu, nilai-nilai yang kamu miliki, kelebihan dan kekuranganmu.

  • Kenapa kamu adalah kamu? - Deskripsikan perjalananmu, apa yang membuatmu memegang nilai-nilai tersebut.

  • Hal-hal apa saja yang sudah kamu lakukan? - Jelaskan pencapaian yang sudah kamu dapatkan dan kegagalan yang pernah kamu alami.

  • Apa yang ingin kamu capai selanjutnya? - Jelaskan tujuan jangka pendek dan jangka panjangmu.

  • Bagaimana rencanamu untuk mencapainya? - Jabarkan dengan singkat tahapan-tahapan untuk mencapai tujuanmu

  • Kenapa kamu memilih jurusan yang kamu pilih?

  • Kenapa kamu membutuhkan beasiswa?

4. Bagi essay menjadi 5 bagian

  • Bagian pertama untuk mengenalkan dirimu.

  • Bagian kedua untuk menceritakan tujuan belajar dan karirmu serta alasanmu memilih jurusan tersebut.

  • Bagian ketiga untuk menceritakan pencapaian dan nilai-nilai yang kamu pegang.

  • Bagian keempat untuk menjelaskan alasan kenapa kamu menginginkan beasiswa dan kenapa kamu pantas menerimanya

  • Bagian kelima untuk menjelaskan kesimpulan dari essay dan penutup.

5. Tulis dengan singkat, padat dan jelas

Setiap essay pasti punya ketentuan maksimal kata. Tulis essay beasiswa yang tidak bertele-tele. Kamu bisa membaca ulang terus-menerus sampai kamu menemukan kalimat yang nyaman, atau kamu bisa minta bantuan orang lain untuk melakukan proofread.

6. Latih kemampuan bahasa Inggris

Yang terakhir dan tidak kalah penting, pelajari struktur grammar yang benar dan perkaya kosakata yang kamu ketahui. Semakin banyak kosakata yang kamu tahu, semakin mudah kamu dalam menceritakan dirimu menggunakan kata yang tepat dan akhirnya bisa meyakinkan staff universitas.

Kalau kamu masih perlu mengembangkan kemampuan bahasa Inggrismu, kamu bisa ikut kursus di EF. Kamu bisa bergabung di kelas EF Frontrunner dan belajar hal-hal paling penting untuk mempersiapkan kamu masuk ke perguruan tinggi impian.

Ada promo khusus dari EF buat kamu yang ingin mengejar impian dan cita-cita! Ada diskon sampai dengan 2 juta Rupiah kalau kamu mendaftar di bulan Februari.

Tunggu apa lagi? Ayo daftar sekarang dan raih impianmu bersama EF!