Menu
Tips Menulis ala Jurnalis dalam Bahasa Inggris
Reading and Writing

Tips Menulis ala Jurnalis dalam Bahasa Inggris

2022.02.03

Apakah kamu gemar menulis? Menulis adalah kebiasaan yang bisa menjadi hobi ketika kita menekuninya dengan sungguh-sungguh. Berawal dari menulis jurnal harian di buku diari, kegiatan menulis bisa mengantarkan kita menjadi seorang penulis layaknya jurnalis profesional. Apakah ada tips khusus menulis ala jurnalis? 

Tentu saja ada! Umumnya, menulis adalah kegiatan yang mudah untuk dilakukan. Kita hanya perlu menuangkan gagasan menjadi sebuah narasi di atas kertas kosong. Akan tetapi, menulis juga merupakan bagian dari seni sehingga tulisan yang baik pasti berawal dari kemampuan penulisnya untuk merangkai setiap kata menjadi kalimat yang nyaman dibaca sampai selesai.  

Yuk, coba kelas demo GRATIS!*

Mau kursus di EF? Coba kelas demo gratis* di EF center terdekatmu!

Incorrect phone number
Daftar Sekarang!

Dengan menekan tombol Daftar Sekarang, Anda menyetujui Kebijakan Privasi EF serta bersedia menerima penawaran dari EF.

*Syarat dan Ketentuan Berlaku

Hal ini terbukti ketika kita membaca artikel panjang namun tetap konsisten membacanya sampai selesai, mau pun artikel pendek yang mudah diserap informasinya. Di samping itu, tulisan juga harus memuat bahasa yang mudah dipahami dan mengetahui siapa target pembacanya. 

Misalnya jika kamu ingin menargetkan pembaca berskala internasional, artikel bahasa Inggris adalah jawabanmu. Untuk hal ini, pastikan untuk menggunakan kaidah bahasa Inggris yang tepat. Bagi kamu yang ingin belajar menulis dalam bahasa Inggris, berikut adalah beberapa tuntunan yang kamu perlukan untuk menulis ala jurnalis.

Simak artikel ini sampai tuntas ya! 😉

Perhatikan grammar, pronunciation, serta Standard English yang kamu gunakan

grammar dalam penulisan

Menulis artikel atau berita dalam bahasa Inggris harus didasari oleh teknik penulisan yang tepat. Artinya, kamu perlu menguasai grammar, pronunciation, dan menentukan apakah kamu tengah menggunakan American English atau British English sebelum mulai menulis jurnalmu.

Coba bayangkan ketika tulisan kamu dibaca oleh native speaker atau profesional dan mendeteksi bahwa terdapat kesalahan grammar, kira-kira bagaimana respon dari pembaca tersebut? Tentunya, untuk menghindari hal ini terjadi kamu bisa melakukan cek ulang atau bertanya pada seseorang yang ahli berbahasa Inggris untuk melakukan proof-read.

Mengumpulkan informasi dan melakukan penelitian

penelitian dan informasi

Langkah awal sebelum merangkai kalimat dalam sebuah tulisan ialah dengan mengetahui informasi dan kebenaran dari informasi tersebut. Menurut Bill Kovach dan Tom Rosenstiel, dalam bukunya yang berjudul “The Elements of Journalism”, informasi yang ada di dalam tulisan seorang jurnalis harus berdasarkan pada fakta yang akurat. Artinya, informasi tersebut harus didasarkan pada kebenarannya.

Untuk memverifikasi fakta, kita harus melakukan penelitian terlebih dahulu. Seorang jurnalis selalu melakukan verifikasi informasinya berdasarkan sumber-sumber terpercaya. Hal ini dilakukan karena artikel yang kita tulis bisa menjadi rujukan bagi banyak pembaca.

Oleh karena itu, akurasi dari informasi yang disajikan dapat menentukan kredibilitas dari penulis maupun medianya.

Cari sudut pandang yang ingin ditulis

sudut pandang penulisan

Setelah mencari tahu informasi apa yang ingin disajikan, seorang jurnalis selalu menentukan sudut pandang mana yang harus Ia tulis. Tentunya tips ini sangat penting agar tulisan kita lebih fokus dan tidak membuat pembaca bingung tentang apa yang dinarasikan oleh penulis.

Jika menurutmu terdapat dua atau lebih sudut pandang yang menarik, kamu bisa membuatnya ke dalam dua artikel yang berbeda.

Penuhi unsur 5W+1H

penulisan dengan 5w 1h

Apakah kamu sudah menguasai 3 poin di atas? Eits, jangan senang dulu. Inti dari tips menulis ala jurnalis dalam bahasa Inggris ditentukan oleh unsur 5W + 1H, yaitu what-who-where-when-why-how.

Unsur penting ini dapat menjadikan artikel kamu lebih fokus dan terarah sehingga pembaca dapat dengan mudah memahami alur dari tulisan terebut. Selain itu, penggunaan 5W+1H juga bertujuan agar informasi yang disampaikan tidak bias dan disalah artikan oleh pembaca.

Buat judul serta pembuka yang kuat

lead dalam berita

Tips menulis ala jurnalis profesional ialah dengan mengarahkan pembaca agar tertarik membaca artikel berita sampai tuntas. Bagaimana caranya? Langkah ini akan ditentukan dari bagaimana kita menentukan judul dan menulis lead sesuai dengan strukturnya.

Dalam struktur berita, judul berisi kata kunci yang menggambarkan isi berita. Sedangkan lead berita terletak di awal paragraf yang merupakan inti dari berita yang kita sampaikan.

Seorang jurnalis yang profesional selalu membuat judul dan kalimat pembuka yang menarik dan relevan. Caranya ialah dengan mengetahui apa jenis informasi terkini yang sedang dibutuhkan oleh pembaca, dan apa saja pertanyaan-pertanyaan yang mungkin muncul ketika mereka mencari informasi tersebut.

Untuk mengetahuinya, kamu bisa merujuk pertanyaan dari 5W+1H untuk membuat lead yang to the point.

Cari kutipan dari narasumber yang kredibel

kutipan kredibel

Seringkali kita melihat beberapa kutipan dalam sebuah artikel berita. Sebenarnya apa tujuan dari kutipan tersebut?

Terdapat dua jenis kutipan dalam artikel berita, yaitu kutipan langsung dan tidak langsung. Artikel berita selalu memuat kedua kutipan tersebut, dan kerap menggunakan kutipan langsung berdasarkan wawancara dengan narasumber yang kredibel. Menginput kutipan dalam tulisan bertujuan untuk menyampaikan gagasan dan perasaan dari narasumber secara langsung.

Perhatikan kode etik penulisan

kode etik jurnalistik

Dalam dunia jurnalistik, terdapat kode etik penulisan yang harus diperhatikan. Ini merupakan bagian yang sangat penting untuk menjaga kepercayaan pembaca maupun publik. Tentunya, dengan mentaati kode etik jurnalistik, dapat menjadi perlindungan agar tidak menimbulkan masalah yang tidak diinginkan di kemudian hari.

Sekarang kamu sudah mengetahui cara menulis ala jurnalis. Penulisan dalam bahasa Inggris tidak jauh berbeda dengan teknik menulis artikel bahasa Indonesia.

Bagi kamu yang ingin meningkatkan kemampuan bahasa Inggris agar artikel  yang kamu buat layaknya jurnalis profesional, gabung di kelas demo GRATIS EF yuk! Di sini kamu akan diajarkan menguasai grammar dan pronunciation dengan mudah dan cepat.

Sebelum kehabisan tempat, daftar sekarang juga!