Menu
mom and kids
Education Advice

Tips Menjaga Kebahagiaan Anak, Pelajari Rahasianya

Ben Small Stars
Author
Ben
2021.09.16

Pada dasarnya, kebahagiaan adalah suatu keadaan atau perasaan yang senang dan tenteram secara lahir dan batin. Berdasarkan perspektif psikologi, kebahagiaan dapat dicirikan dengan emosi positif yang dimiliki seseorang akan kehidupan yang dijalaninya. Lalu, bagaimana cara menjaga kebahagiaan anak sejak dini?

Ada pepatah yang menyatakan bahwa kebahagiaan adalah kunci dari kehidupan. Oleh karena itu, tak heran bila banyak sekali orang yang berlomba-lomba untuk mengejar arti dari kebahagiaan tersebut. Terutama bagi orang tua yang ingin anaknya merasa bahagia, karena kebahagiaan anak akan menentukan karakter anak saat dewasa nanti.

Berikut lima rahasia yang wajib Anda tahu!

HORE! Kamu dapat kelas demo GRATIS!

Isi data dirimu pada kolom di bawah ini, dan dapatkan kesempatan untuk mendapat voucher kelas demo GRATIS!* Buruan, penawaran terbatas!

Incorrect phone number
Daftar Sekarang!

Dengan menekan tombol Daftar Sekarang, Anda menyetujui Kebijakan Privasi EF serta bersedia menerima penawaran dari EF.

*Syarat dan Ketentuan Berlaku

Tidak Membanding-bandingkan

anak menari

Mungkin, banyak orang yang di luar sana yang secara tidak sadar pernah membandingkan anak-anaknya. Bagi orang tua, membandingkan anak dengan seseorang yang memiliki kualitas lebih di atasnya akan memberikan motivasi untuk mereka berkembang. Namun, konsep ini tidak sepenuhnya dapat diterima oleh anak-anak.

Secara tidak sadar dengan membandingkan anak membuat mereka merasa tidak dihargai dan dapat menurunkan rasa percaya diri. Pada dasarnya, anak sangat butuh perhatian dari orang tuanya. Ketika anak sudah mengusahakan dan menunjukkan hasil yang terbaik, peran orang tua di sini adalah mendukungnya dan terus mendorongnya untuk lebih percaya diri.

Jika anak sudah percaya diri dengan kemampuan yang mereka miliki, maka dalam setiap langkahnya mereka akan lebih leluasa menjelajahi berbagai rintangan tanpa merasa dibanding-bandingkan dengan yang lain. Poin ini menjadi sangat penting diterapkan untuk menjaga kebahagiaan anak.

Jadi Pendengar yang Baik

mom and daughters

Jika kebahagiaan adalah kunci dari kehidupan, maka salah satu kunci dari kebahagiaan itu sendiri adalah hubungan yang baik di dalam keluarga. Cara membangun hubungan yang baik ialah dengan menjaga komunikasi yang efektif satu sama lain, termasuk komunikasi antara orang tua dan anak.

Ketika anak sudah sering menceritakan keseharian dan keluh kesahnya, akan lebih baik jika orang tua memberikan ekspresi yang sangat antusias saat mendengarkannya. Membangun hubungan yang baik dengan menjaga komunikasi satu sama lain ini sangat penting, karena dapat menjadikan anak lebih dekat dengan orang tua dan meningkatkan kebahagiaan anak.

Ajarkan Optimisme

anak memegang boneka

Seseorang yang memiliki tingkat optimisme yang tinggi jarang sekali mengalami depresi. Hal ini sesuai dengan pendapat Christine Carter, seorang penulis sosiologis asal Amerika Serikat, yang menyatakan bahwa sikap optimisme sangat erat kaitannya dengan kebahagiaan, termasuk kebahagiaan anak.

Anak yang optimis akan lebih sukses atau berhasil mencapai apa yang telah menjadi tujuannya dibandingkan dengan anak yang terlalu pesimis. Oleh karena itu, penting sekali membangun sikap optimisme pada anak sejak dini agar mereka selalu percaya diri dalam meningkatkan potensi yang dimilikinya.

Luangkan Waktu Bermain dengannya

anak bermain

Hal yang paling disukai oleh anak-anak di antaranya adalah bermain. Akan lebih baik jika orang tua mengajak anak bermain bersama untuk meningkatkan hubungan dalam keluarga.

Jika anak sudah mulai tumbuh dewasa, orang tua bisa mengajak anak untuk ikut serta dalam kegiatan rumah tangga. Seperti masak bersama membersihkan halaman bersama, dan hal lainnya dengan cara yang kreatif.

Kebahagiaan Dimulai dari Anda!

happy family

Tips terakhir yang perlu diperhatikan oleh orang tua dalam menjaga kebahagiaan anak yaitu dengan menerapkan prinsip Get Happy Yourself. Ketika orang tua sudah bahagia dalam kehidupannya, secara tidak langsung dapat memengaruhi pandangan anak akan hidup yang bahagia.

Berdasarkan lima tips rahasia yang telah disebutkan, hal apa saja yang sudah Anda lakukan? Selain tips tersebut, orang tua juga perlu memperhatikan pola tidur dan pola makan anak.  Hal ini bertujuan agar anak bisa bermain dengan perasaan yang lebih nyaman dan gembira.

Jika Anda ingin membuat anak lebih bahagia dan mampu mengembangkan potensi dirinya, Anda bisa memulainya dengan bergabung bersama EF. Belajar di EF bukan hanya sekedar memperhatikan guru berbicara. Akan ada banyak sekali petualangan dalam pemberlajaran yang seru dan dapat mengantarkan anak untuk menjelajahi kemampuan yang ada dalam dirinya.

Ketika anak sudah memiliki potensi tersebut untuk mencapai mimpinya, maka kebahagiaan pun akan datang dengan sendirinya.

Oleh karena itu, yuk gabung di kelas demo GRATIS bersama EF!

Ben Small Stars
Author
Ben