Menu
polyglot
Listening and Speaking

Tips Menjadi Polyglot, Yuk Kuasai Banyak Bahasa

2023.01.09

Sudah tahu apa itu polyglot? Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, poliglot adalah sebutan untuk seseorang yang pandai dalam berbagai bahasa. Seorang polyglot biasanya menguasai banyak bahasa, karena ia memang cinta dan memiliki keingintahuan yang lebih terhadap bahasa.

Yuk, coba kelas demo GRATIS!*

Mau kursus di EF? Coba kelas demo gratis* di EF center terdekatmu!

Incorrect phone number
Daftar Sekarang!

Dengan menekan tombol Daftar Sekarang, Anda menyetujui Kebijakan Privasi EF serta bersedia menerima penawaran dari EF.

*Syarat dan Ketentuan Berlaku

Salah satu tokoh Indonesia yang menjadi polyglot adalah Ir. Soekarno. Beliau menguasai sepuluh bahasa sekaligus loh, yaitu Bahasa Jawa, Bali, Sunda, Indonesia, Belanda, Jerman, Inggris, Prancis, Jepang, dan Arab. Kamu sudah tahu belum kalau Polyglot bukanlah sesuatu yang dibawa sejak lahir, melainkan semua orang bisa melakukannya.

Selain untuk mempertajam pikiran, seorang polyglot juga memiliki peluang yang besar untuk memperluas jaringan. Nah, pasti yang kamu tanyakan adalah, bagaimana cara menjadi polyglot bukan? Yup, Tom akan bahas melalui artikel ini.

Ayo, kamu simak baik-baik artikel ini sampai habis ya!

Yuk, coba kelas demo GRATIS!*

Mau kursus di EF? Coba kelas demo gratis* di EF center terdekatmu!

Incorrect phone number

Dengan menekan tombol Daftar Sekarang, Anda menyetujui Kebijakan Privasi EF serta bersedia menerima penawaran dari EF.

*Syarat dan Ketentuan Berlaku

1. Memiliki Ketertarikan Terhadap Bahasa

ketertarikan

Hal pertama yang harus kamu lakukan, jika ingin menjadi seorang polyglot adalah kamu memiliki minat terhadap bahasa itu sendiri. Yup, bagaimana caranya kamu belajar sesuatu, jika kamu tidak penasaran dan benar-benar ingin mempelajarinya.

Mulailah mencari tahu akar dan hal-hal seputar bahasa yang ingin kamu pelajari. Misalnya, kamu ingin belajar Bahasa Inggris, coba kamu cek terlebih dahulu percakapan dasarnya seperti apa, negara mana saja yang menggunakan Bahasa Inggris, dan berbagai hal lainnya yang menunjukkan kertertarikanmu terhadap Bahasa Inggris.

2. Perbanyak Kosakata

kosakata

Semakin sering kamu berkomunikasi dengan orang lain dan semakin sering kamu menggunakan bahasa asing tersebut, tentunya tingkat kemampuan bahasa asingmu akan semakin baik. Selain itu, kamu juga akan memiliki sense mengenai kata yang kamu gunakan, sehingga kosakatamu akan semakin bervariasi.

3. Pahami Tata Bahasa

tata-bahasa

Selain perbanyak kata, yang paling penting adalah pahami tata bahasanya. Mengapa? Karena tata bahasa setiap bahasa itu berbeda loh. Coba kamu lihat perbedaan tata Bahasa Indonesia dengan tata Bahasa Inggris. Pasti berbeda bukan?

4. Berinteraksi

interaksi

Setelah kamu memiliki minat terhadap bahasa asing, mulailah berbicara bahasa tersebut dengan lawan bicaramu. Kamu bisa mencari seseorang yang sedang belajar bahasa yang sama atau bahkan dengan native, seseorang yang memang sudah Berbahasa Inggris sejak lahir. Perhatikan tata bahasa dan kosakata yang ingin kamu ucapkan ya.

5. Jangan Takut Berbicara

tidak takut berbicara

Lebih baik salah dan terus belajar, daripada tidak pernah mencoba sama sekali. Yup, jangan pernah takut untuk berbicara dalam bahasa asing yang sedang kamu pelajari ya. Justru, jika kamu tidak menggunakannya, kamu akan lupa loh. Tidak ingin hal yang kamu lakukan sia-sia bukan?

6. Konsisten Belajar

konsistenbelajar

Setelah kamu lakukan lima poin di atas, teruslah konsisten untuk giat belajar. Pasti kamu pernah dengar “Memulai itu mudah, yang susah adalah mempertahankannya” bukan? Nah, sama halnya dengan belajar Bahasa Asing. kamu harus tetap konsisten dan memiliki keinginan serta ketertarikan yang kuat, agar tidak mudah lupa dan menyerah.


Setelah kamu membaca tips di atas, bagaimana? Tertarik untuk menjadi polyglot? Tak hanya Ir. Soekarno, banyak tokoh Indonesia mau pun tokoh mancanegara yang menjadi seorang polyglot. Bahkan ada yang menguasai lebih dari sepuluh bahasa. Belajar banyak bahasa tidak akan membuatmu rugi. Malah kamu bisa memperluas jaringan di berbagai negara.

Apalagi, belajar bahasa merupakan investasi jangka panjang yang akan sangat berguna untuk masa depanmu. Terutama bahasa yang digunakan hampir di seluruh negara, salah satunya adalah Bahasa Inggris. Terdapat lebih dari 1.4 milyar orang di dunia yang menggunakan Bahasa Inggris sebagai bahasa sehari-hari. Banyak sekali bukan?

Maka dari itu, kamu jangan mau ketinggalan, yuk belajar Bahasa Inggris dengan EF Kids & Teens! Kamu bisa coba Free Demo Class EF, Gratis! Tunggu apalagi? Ayo daftarkan dirimu segera!😉

*Syarat dan Ketentuan berlaku
*Promo terbatas

Terakhir update artikel : 09-01-2023