Menu
tips dapat beasiswa luar negeri
Education Advice

Tips Mendapatkan Beasiswa Luar Negeri yang Paling Ampuh

Ben Small Stars
Author
Ben
2020.08.14

Sekolah ke luar negeri merupakan impian banyak orang. Bagaimana tidak? Lingkungan, pengalaman baru, ditambah lagi dengan ilmu-ilmu yang mungkin akan memperkaya pengetahuanmu mengenai bidang yang kamu minati sedang menunggumu di sana.

Banyak sekali pelajar dari Indonesia yang telah memperoleh beasiswa impian mereka, dan mungkin saja berikutnya adalah giliranmu!

Percaya atau tidak, ada beberapa trik yang dapat kamu pelajari demi memperoleh beasiswa luar negeri impianmu. Tanpa banyak pengantar lagi, yuk kita simak tips yang dapat membantumu memperoleh beasiswa yang kamu inginkan!

HORE! KAMU DAPAT KELAS DEMO GRATIS!

Isi data dirimu pada kolom di bawah ini, dan dapatkan kesempatan untuk mencoba kelas demo, GRATIS!

Incorrect phone number
Daftar Sekarang!

Dengan menekan tombol Daftar Sekarang, Anda menyetujui Kebijakan Privasi EF serta bersedia menerima penawaran dari EF.

*Syarat dan Ketentuan Berlaku

Buat daftar universitas yang kamu incar dan apa yang kamu sebenarnya inginkan

Satu hal yang harus kamu tanyakan pada dirimu sendiri, mengapa kamu menginginkan beasiswa ini dari awal? Apakah karena prestisi, atau mungkin karena kamu benar-benar ingin belajar mengenai satu bidang studi yang tidak ada di Indonesia?

Tentukan satu ilmu atau topik yang benar-benar kamu ingin pelajari, dan buatlah daftar universitas yang menyediakan bidang studi tersebut. Dengan demikian, kamu bisa mencari tahu tentang kebutuhan yang kamu penuhi dan standar pendidikan serta kualitas yang dimiliki universitas-universitas tersebut

Pelajari ekspetasi para lembaga pemberi beasiswa

Setiap penyedia lembaga pemberi beasiswa akan mencari alasan mengapa mereka harus menginvestasikan beasiswa tersebut untukmu. Dengan demikian, kamu harus meyakinkan mereka bahwa kamu adalah kandidat yang tepat – dan tentunya minatmu sesuai dengan bidang studi yang kamu inginkan.

Jangan lupa untuk meyakinkan mereka mengenai pengaruh yang dapat kamu ciptakan setelah kamu berhasil lulus dari program beasiswa yang mereka berikan, berikan impresi yang melebihi ekspetasi mereka!

Cari tahu tentang para penerima beasiswa sebelum kamu

trik dapat beasiswa luar negeri

Setiap para penerima beasiswa luar negeri pasti mempunyai rahasia-nya sendiri-sendiri yang membuat mereka menjadi peserta terpilih. Tidak ada salahnya mengumpulkan tips dari para penerima beasiswa tersebut, dan belajar dari pengalaman mereka. Tapi ingat, tetaplah berusaha mempertahankan karaktermu, karena faktor kepribadian masih menjadi alasan utama mengapa para penyedia beasiswa tertarik padamu!

Harus membuat essay? Ceritakan sejujurnya tentang dirimu sendiri!

menerima beasiswa indonesia

Beberapa beasiswa seperti Chevening, mengharuskan para pendaftarnya untuk membuat essay dengan beberapa topik yang telah mereka tentukan. Pada tahap ini, bukan hanya kualitas tulisanmu yang akan mereka nilai pada seleksi awal – namun juga kepribadianmu dan originalitas yang kamu tampilkan.

Tunjukkan pula prestasi-prestasi yang pernah kamu capai – namun jangan sampai berlebihan sehingga terkesan menyombongkan dirimu sendiri. Tetaplah berusaha mendeskripsikan dirimu dengan cara yang elegan, niscaya lembaga penerima beasiswa pasti akan tertarik padamu!

Pelajari bahasa lokal negara tujuanmu

beasiswa di inggris

Setiap beasiswa mempunyai syarat dan ketentuannya masing-masing; dan salah satu yang paling sering dituntut adalah kemampuanmu dalam berbahasa – untuk hal ini, kebanyakan dari mereka akan menuntutmu untuk mempunyai sertifikasi bahasa Inggris seperti TOEFL atau IELTS, sesuai dengan negara tujuanmu.

Cobalah untuk mendapat sertifikasi tersebut sesuai dengan persyaratan yang diminta – niscaya kamu akan mendapat kesempatan yang jauh lebih besar untuk mendapatkan beasiswa impianmu

Persiapkan dirimu sebaik-baiknya, jangan menyerah dan berdoa!

cara dapat beasiswa

Persiapkan dirimu dari segi pengetahuan ataupun selusin persyaratannya. Mungkin kamu akan bertemu banyak saingan yang terlihat lebih pintar darimu, namun jangan menyerah sebelum bertarung. Tak jarang, kunci dari beasiswa sendiri adalah sebuah keberuntungan

Langkah selanjutnya setelah membaca rahasia yang EFBlog akan bocorkan padamu, adalah dengan mempersiapkan dirimu dalam menghadapi seleksi yang biasanya akan cukup ketat. Tekad yang kuat tentunya merupakan kunci akan keberhasilan dirimu dalam memperoleh beasiswa yang kamu inginkan.

Selain itu, kamu juga bisa mencari tempat belajar dan program persiapan beasiswa luar negeri yang bisa diandalkan saat berusaha untuk menguasai bahasa yang dibutuhkan.

Apakah kamu tahu bahwa EF juga mempunyai program persiapan ujian internasional? Program ini ditujukan untuk kamu yang ingin belajar di luar negeri, sekaligus mengembangkan kemampuanmu dalam bahasa Inggris dalam jangka panjang.

Khusus untuk kamu sang pencari beasiswa, ini adalah salah satu hal yang sangat krusial bagimu.

EF juga memberikan penawaran khusus untuk kamu para generasi penerus Indonesia yang bercita-cita membanggakan negeri ini, loh! Kamu cukup klik tombol di bawah ini dan mengisi nomor teleponmu. Promo ini khusus untuk kamu pembaca EF Blog!

Selamat berburu beasiswa!

Ben Small Stars
Author
Ben