Menu
persiapan ielts
Education Advice

Tips Manajemen Waktu Untuk Persiapan IELTS

tom thunder
Author
Tom Thunder
2022.06.29

Apakah kamu punya rencana untuk test IELTS? Sudah sejauh mana persiapan yang kamu lakukan? Pasti kamu sudah tahu apa saja yang perlu dipersiapkan untuk tes IELTS, kan? Biar makin siap, yuk simak tips manajemen waktu sebelum tes berikut inI!

Yuk, coba kelas demo GRATIS!*

Mau kursus di EF? Coba kelas demo gratis* di EF center terdekatmu!

Incorrect phone number
Daftar Sekarang!

Dengan menekan tombol Daftar Sekarang, Anda menyetujui Kebijakan Privasi EF serta bersedia menerima penawaran dari EF.

*Syarat dan Ketentuan Berlaku

Seperti yang kita tahu, The International English Language Testing System atau IELTS ini merupakan salah satu test yang dapat mengukur sejauh mana kemampuan membaca, menulis, menyimak, dan berbicara dalam bahasa Inggris.

Biasanya seseorang yang akan melakukan test IELTS memiliki strateginya sendiri, salah satunya adalah manajemen waktu dalam persiapan IELTS. Hal ini sangat penting dilakukan untuk mendapatkan skor IELTS yang maksimal dari hasil belajar sungguh-sungguh.

Mau tahu apa saja tips manajemen waktu untuk persiapan IELTS? Let’s scroll it down!

1. Tentukan Prioritas

latihan soal ielts

Menentukan prioritas belajar adalah hal yang penting untuk dilakukan agar proses belajar lebih efektif. Caranya yaitu dengan membuat jadwal berdasarkan skala prioritas. Terdapat 4 sesi dalam tes IELTS. Kamu bisa menentukan skala prioritas dari soal yang tersulit ke soal yang termudah. Misalnya yaitu dengan mempelajari sesi writing, kemudian lanjut ke soal speaking, listening, dan reading.  

2. Cari Teman Berlatih IELTS

tips ielts

Pada dasarnya, persiapan IELTS juga memerlukan teman yang bisa dijadikan sebagai partner berlatih. Tips ini merupakan metode yang menarik karena kamu bisa saling bertanya terkait materi atau contoh soal yang kurang dimengerti.

Selain itu, berlatih dengan teman juga dapat membantumu untuk melakukan manajemen waktu yang baik di antara agenda harian karena harus menyisihkan waktu belajar sesuai dengan jadwal masing-masing.

3. Fokus dan disiplin

trik ielts

Kunci utama sukses IELTS yaitu tetap fokus dan disiplin. Cara manajemen waktu paling efektif yaitu dengan tidak pernah menunda-nunda pekerjaan. Oleh karena itu, jika kamu sudah menentukan jadwal berdasarkan skala prioritas, pastikan kamu melakukannya sesuai dengan jadwal tersebut secara fokus.

4. Evaluasi Secara Rutin

contoh soal ielts

Selain belajar strategi untuk mempersiapkan IELTS, kamu perlu meluangkan minimal satu kali dalam seminggu untuk melakukan evaluasi secara rutin. Caranya yaitu dengan mengerjakan task atau new assignment per tiap sesi untuk mengetahui sejauh mana kamu memahami sesi yang dipelajari sebelum beralih ke sesi berikutnya.

Misalnya ketika minggu pertama kamu fokus pada tes writing, maka di akhir pekan kamu bisa meluangkan waktu untuk mengerjakan latihan soal IELTS sesi writing dan lihat berapa skor yang bisa kamu dapatkan dengan hanya berlatih dalam satu minggu. Jika skor yang didapat masih kurang maksimal maka kamu bisa mengevaluasinya dan belajar kembali di sesi tersebut sampai menemukan strategi yang cocok untuk menjawab soal tersebut.

Nah, itulah 4 tips manajemen waktu yang dapat kamu lakukan untuk persiapan IELTS. Jika menurutmu Latihan IELTS secara otodidak sangat sulit untuk dilakukan maka kamu bisa berlatih persiapan IELTS langsung dengan guru yang profesional. Misalnya adalah belajar International Exam Preparation di lembaga kursus bahasa Inggris seperti EF.

Agar tidak ketinggalan informasi seputar IELTS, kamu bisa ikut bergabung dalam kelas demo GRATIS dengan hanya menuliskan nomor telepon aktif pada formulir di halaman ini. Setelah itu, kamu akan dihubungi oleh salah satu tim EF dan bersiap untuk mahir bahasa Inggris!

Sebelum kehabisan tempat, DAFTAR sekarang juga! 😉