Menu
belajar speaking
Listening and Speaking

Tips Jago Speaking Bahasa Inggris Dengan Teknik Speech Shadowing

tom thunder
Author
Tom Thunder
2023.02.23

Apakah kamu termasuk dalam tim orang yang lancar saat writing tetapi tidak percaya diri saat speaking karena takut salah berbicara bahasa Inggris? Kalau iya, kamu sedang membaca artikel yang tepat! Kali ini Tom akan membahas salah satu teknik yang mudah untuk belajar speaking bahasa Inggris yaitu teknik speech shadowing. Baca sampai habis ya!

Yuk, coba kelas demo GRATIS!*

Mau kursus di EF? Coba kelas demo gratis* di EF center terdekatmu!

Incorrect phone number
Daftar Sekarang!

Dengan menekan tombol Daftar Sekarang, Anda menyetujui Kebijakan Privasi EF serta bersedia menerima penawaran dari EF.

*Syarat dan Ketentuan Berlaku

Dalam perjalanan menjadi jago berbahasa Inggris, setiap orang pasti pernah belajar speaking dengan cara mendengarkan native speaker lalu mengulang kembali yang diucapkan. Apakah kamu pernah melakukannya? Kalau iya, berarti kamu sudah menggunakan teknik speech shadowing.

Pengertian Speech Shadowing

Speech shadowing adalah sebuah teknik yang digunakan untuk meningkatkan kelancaran dan pelafalan berbicara bahasa Inggris. Dengan mengulangi apa yang diucapkan oleh native speaker, kamu bisa menirukan intonasi, ritme dan cara pelafalan mereka. Teknik speech shadowing juga biasa digunakan dalam terapi wicara untuk meningkatkan pelafalan dan kefasihan berbicara secara keseluruhan.

Manfaat Speech Shadowing

Tidak hanya membantumu lebih fasih berbicara bahasa Inggris, speech shadowing juga punya manfaat lain, diantaranya:

1. Meningkatkan kepercayaan diri

Speech shadowing adalah teknik yang bisa dilakukan secara mandiri. Dalam prosesnya, speech shadowing melibatkan koreksi diri. Orang yang sedang belajar akan mengoreksi kekurangan dirinya sendiri sampai mahir. Ketika sudah mahir, maka orang tersebut akan jadi lebih percaya diri.

2. Meningatkan kekayaan kosa kata

Semakin sering kamu terpapar dengan percakapan bahasa Inggris yang baru, otomatis kata-kata yang kamu serap dan ingat akan semakin banyak.

3. Mempercepat kefasihan

Kamu tahu kenapa orang-orang yang pindah ke sebuah negara bisa lebih cepat mempelajari bahasa negara tersebut? Itu karena mereka menirukan orang-orang di sekitarnya. Meskipun kamu tidak tinggal di lingkungan yang berbahasa Inggris, kamu bisa lebih cepat fasih berbicara bahasa Inggris jika rutin berlatih dengan teknik speech shadowing.

4. Meningkatkan pemahaman struktur kalimat

Tidak hanya jadi lebih fasih berbicara bahasa Inggris, sering mendengarkan audio bahasa Inggris juga akan membuatmu semakin memahami pola kalimat dan konteksnya. Hal ini sama seperti saat anak kecil belajar berbicara.

Cara Melakukan Speech Shadowing

Speech shadowing adalah teknik belajar speaking yang paling mudah dan murah karena kamu bisa mendengarkan berbagai audio di platform gratis kapanpun dan dimanapun. Kamu bisa mendengarkan podcast, menonton video, atau mendengarkan audiobook. Saat akan mulai belajar speaking dengan teknik speech shadowing, kamu harus perhatikan hal-hal berikut ini ya!

  1. Rekam suaramu saat belajar.

  2. Ulangi perkataan native speaker dengan suara lantang seperti berbicara normal.

  3. Siapkan transkrip audio yang kamu pilih agar mempermudah proses belajar.

  4. Ikuti juga intonasi, ritme dan pelafalan audio yang kamu dengarkan.

  5. Ulangi satu audio terus-menerus sampai kamu lancar.

  6. Jangan berganti audio apabila kamu belum lancar.

Konsep dasar dari teknik speech shadowing sebenarnya sederhana, kamu hanya perlu mengulangi ucapan native speaker segera setelah kamu mendengarkannya. Saat dilatih secara rutin, teknik ini bisa membantumu berbicara bahasa Inggris dengan aksen yang lebih natural.

Selain belajar speech shadowing secara mandiri di kamar, kamu juga bisa loh belajar bersama di EF. Kamu bisa belajar berbicara bahasa Inggris langsung dengan guru-guru yang ahli dan juga native speaker. Lingkungan dan sistem belajar di EF mendukungmu untuk lebih mahir berbicara bahasa Inggris lewat aktivitas-aktivitas yang seru.

Penasaran dengan keseruannya? Kamu bisa coba ikut kelas gratisnya lewat program Free Demo Class EF ya! Cukup daftarkan nomor handphone, kamu sudah bisa bergabung di kelas. Mudah kan? Ayo cepat daftar, Tom tunggu di kelas ya!