Menu
bisnis online
Education Advice

Tips dan Trik Buka Usaha Online Sejak Remaja

Ben Small Stars
Author
Ben
2021.06.11

Pada era teknologi yang serba canggih, berjualan menjadi lebih mudah dengan adanya internet. Dengan berjualan secara online ada banyak kesempatan terbuka lebar dan akses yang lebih luas. Mungkin kamu mengira-ngira, ada atau tidak sih tips bisnis online dan trik buka usaha bisnis online untuk remaja?

Memulai usaha online bagi remaja bisa menjadi hal yang menjanjikan karena bisa menghasilkan tambahan uang sendiri tanpa meminta orang tua. Selain itu, kamu juga belajar hal-hal yang baru dan bertanggung jawab dengan apa yang kamu buat.

Nah, untuk kalian yang ingin mencoba memulai usaha secara online, yuk simak tips cara jualan online & trik bisnis online untuk pelajar berikut ini:

HORE! Kamu dapat kelas demo GRATIS!

Isi data dirimu pada kolom di bawah ini, dan dapatkan kesempatan untuk mendapat voucher kelas demo GRATIS!* Buruan, penawaran terbatas!

Incorrect phone number
Daftar Sekarang!

Dengan menekan tombol Daftar Sekarang, Anda menyetujui Kebijakan Privasi EF serta bersedia menerima penawaran dari EF.

*Syarat dan Ketentuan Berlaku

1. Kenali Hal yang Kamu Suka

bisnis makanan online

Sebelum memulai untuk berjualan, kamu harus mulai mengidentifikasi dahulu produk apa yang akan kamu jual nantinya. Ketika kebingungan akan produk apa yang akan dijual, di sini pentingnya untuk mengenali minat dan hal-hal yang kalian sukai.

Sebagai contoh kalian suka memasak atau membuat kue, dari hasil masakan tersebut kalian bisa menjualnya secara online. Tidak hanya memasak, minat lain seperti menulis, menggambar, atau menjahit juga bisa kalian jadikan produk untuk berjualan online.

Ketika menjual sesuatu yang sesuai dengan minat dan hal-hal yang kamu suka, pastinya akan menambah semangat dalam berjualan.

2. Riset Pasar dan Kompetitor

metode analisis

Setelah mengetahui produk apa yang akan kamu jual, ada baiknya melakukan riset terhadap pasar dan kompetitor. Salah satu cara mudah untuk melakukan riset adalah dengan menggunakan analisis SWOT (Strength Weakness Opportunity Threat).

Strength: Lakukan identifikasi terhadap kekuatan, keunggulan, atau keunikan dari produk yang akan kamu jual.

Weakness: Kenali kelemahan atau kekurangan apa yang ada dalam produkmu.

Opportunity: Berkaitan dengan faktor eksternal yang bisa mendukung penjualan produk seperti kesempatan pasar, permintaan masyarakat, dan lainnya.

Threat: Identifikasi ancaman yang bisa menghambat penjualan produk seperti kompetitor.

Dari melakukan riset berdasarkan analisis SWOT tersebut, kamu akan lebih peka terhadap produk yang kamu jual, pasar, dan juga kompetitor bisnis kamu.

3. Tentukan Target Pasar

target pasar

Berdasarkan riset pasar dan analisis kompetitor yang telah dilakukan kemudian kamu bisa melihat kira-kira produk kamu cocok untuk dipasarkan untuk siapa. Perlu diketahui bahwa setiap produk memiliki pasarnya masing-masing, untuk itu sangat penting untuk kamu yang ingin membuka usaha online untuk mengetahui siapa target pasar dari produk yang akan kamu jual.

Dengan mengetahui target pasar, kamu akan lebih mudah mengembangkan produk yang sesuai dengan kebutuhan pasar.

4. Pahami Berbagai Jenis Platform Online

media online

Era teknologi menghadirkan berbagai wadah untuk memudahkan berjualan online seperti e-Commerce atau media sosial. Sebelum memasarkan produk yang telah dibuat, kamu harus mengerti berbagai jenis platform online untuk kamu berjualan. Baik itu e-Commerce atau media sosial memiliki plus dan minusnya masing-masing.

Ketika kamu sudah mempelajari masing-masing platform berjualan online kamu bisa merambah untuk belajar mengiklankan produkmu untuk membantu meningkatkan volume penjualan. Baik itu e-Commerce atau media sosial penting untuk kamu harus mempertimbangkan matang-matang supaya penjualan dapat meningkat secara maksimal.

5. Komitmen dalam Berjualan

cara jualan online

Ketika merintis usaha online, komitmen dengan jualan sangat diperlukan. Hal ini dilakukan supaya kamu tidak mudah menyerah dan tidak putus asa ketika belum memiliki banyak pelanggan. Kamu harus terus mengevaluasi dan melakukan inovasi terhadap produk sehingga pada nantinya usaha yang kamu rintis bisa membuahkan hasil yang baik.

Tidak lupa kamu juga harus berkomitmen untuk bisa menyeimbangkan waktu berjualan dan sekolah, ya! Jangan sampai membuka usaha online mengganggu waktu kamu untuk belajar. Bagaimana pun juga pendidikan dan sekolah tetap menjadi yang utama. Karena itu kamu harus pintar membagi waktu antara sekolah dan berjualan online.

Setelah membaca tips dan trik di atas, apakah kalian tertarik untuk membuka usaha secara online? Kira-kira produk apa yang akan kalian jual?

Berjualan online bisa menjadi bisnis yang menjanjikan jika ditekuni dengan baik. Terutama apabila kamu memulai membangun bisnis sedari muda. Selain bisa mengisi waktu luang dengan hal yang bermanfaat, kamu juga bisa menambah uang jajan dan menyalurkan minat ke arah yang lebih positif.

Nah, yang paling penting kamu tidak boleh melupakan pendidikan ketika memulai untuk membuka usaha online. Sembari belajar membuka usaha online, tidak kalah penting untuk meningkatkan wawasan Bahasa Inggris. Di EF, kamu bisa mendapat pengetahuan baru dalam berbahasa Inggris dengan cara yang menyenangkan dan metode yang seru.

Bulan ini EF sedang ada promo spesial yang bisa kamu dapatkan, lho!

Tunggu apalagi? Yuk segera daftarkan dirimu dan ikuti keseruan di EF!

Ben Small Stars
Author
Ben