Menu
cara membaca teks bahasa Inggris
Reading and Writing

Tips Cara Membaca Teks Bahasa Inggris

tom thunder
Author
Tom Thunder
2022.09.06

Membaca dan memahami teks dalam bahasa Inggris ternyata bukan perkara yang mudah, loh. Pada sebuah teks bahasa Inggris pasti kamu sering menemukan kata-kata yang asing, bukan? Selain tidak mengerti artinya tidak mengerti pula bagaimana cara membacanya. 

Yuk, coba kelas demo GRATIS!*

Mau kursus di EF? Coba kelas demo gratis* di EF center terdekatmu!

Incorrect phone number
Daftar Sekarang!

Dengan menekan tombol Daftar Sekarang, Anda menyetujui Kebijakan Privasi EF serta bersedia menerima penawaran dari EF.

*Syarat dan Ketentuan Berlaku

Nah, perlu kamu tahu, membaca teks bahasa Inggris juga merupakan salah satu hal terpenting dalam pembelajaran bahasa Inggris. Melalui membaca teks bahasa Inggris kamu bisa mendapatkan banyak sekali vocabulary atau kosakata baru, selain itu kamu juga bisa belajar struktur tata bahasa dalam setiap kalimat yang ada pada teks bahasa Inggris. Menarik, bukan? 

Kalau kamu belum mahir membaca teks bahasa Inggris, jangan khawatir! Pada dasarnya kemampuan membaca teks bahasa Inggrismu bisa dilatih jika kamu berlatih dan bersungguh-sungguh.

Penasaran bagaimana cara melatih kemampuan membaca teks bahasa Inggris? Yuk, simak artikel tips cara membaca teks bahasa Inggris ini sampai tuntas!  Let's check them out!

1. Carilah waktu yang pas untuk membaca

waktu yang pas untuk membaca

Ternyata waktu yang pas untuk membaca pada setiap orang berbeda-beda, loh. Beberapa orang mungkin nyaman untuk membaca ketika malam, tapi beberapa lainnya tidak bisa membaca buku saat malam karena pasti akan mengantuk. Nah, untuk mengatasi hal tersebut kamu harus mengenali terlebih dahulu diri kamu, carilah waktu yang pas untuk membaca buku. 

Mencari waktu yang sesuai dengan dirimu itu penting loh, karena jika kamu membaca di waktu yang tidak tepat, kemungkinan besar kamu tidak akan memahami isi dari setiap kalimat dengan baik.

Jadi, cobalah mencari waktu yang pas untuk membaca, ya. 

2. Pilihlah buku bacaan atau teks bahasa Inggris sesuai minat

buku bacaan

Nah, cara kedua yaitu pilihlah buku bacaan atau teks bahasa Inggris sesuai minat kamu. Kamu pasti tidak suka jika dipaksa untuk melakukan sesuatu, bukan? Begitu pula dengan membaca. Tanpa kamu sadari otak kamu akan menolak untuk menerima informasi jika kamu memaksakan diri untuk membaca teks yang tidak sesuai dengan minat kamu.  

Maka dari itu, untuk kamu pemula disarankan untuk memilih buku bacaan atau teks bahasa Inggris yang sesuai dengan minat. Dengan membaca buku atau teks bahasa Inggris yang sesuai dengan minat kamu, kamu akan lebih bersemangat untuk menyelesaikan bacaan tersebut. 

3. Membaca secara rutin

membaca secara rutin

Tips selanjutnya yaitu membaca secara rutin. Yup, membaca secara rutin juga melatih kemampuan membaca teks bahasa Inggris, loh! Hal tersebut dikarenakan semakin sering kamu membaca teks bahasa Inggris, semakin mudah juga kamu dapat mencerna informasi yang ada pada setiap bacaan.  

Jadi, luangkanlah waktu setidaknya 10 hingga 20 menit untuk membaca teks bahasa Inggris setiap harinya, ya! 

4. Bacalah secara perlahan

membaca secara perlahan

Bacalah secara perlahan, jangan terburu-buru. Untuk melatih kemampuan membaca teks bahasa Inggris memang diperlukan waktu yang tidak sebentar, jadi kamu jangan khawatir.

Membaca secara perlahan pun bukan berarti kamu harus mengartikan satu-satu kata yang ada. Jika kamu menemukan beberapa kata yang kurang dimengerti, catat saja terlebih dahulu kata tersebut dan lanjutkan membaca.  

Nah, membaca secara perlahan yang dimaksud adalah dengan memahami setiap kalimat dengan baik. Tidak perlu tahu arti dari setiap kata, setidaknya kamu harus mengetahui konteks dari setiap kalimat. Jika kamu membaca secara perlahan, kamu pasti akan memahami konteks kalimat tersebut dengan baik. 

5. Mulai mencari topik bacaan lain

topik bacaan

Tips terakhir ini dapat kamu lakukan ketika kamu sudah melakukan empat tips di atas. Kamu pasti akan merasa bosan jika membaca bacaan yang memiliki topik yang sama secara berulang.

Cara mengatasinya adalah dengan mencari topik bacaan lain. Semakin banyak topik bacaan yang kamu baca, semakin banyak pula kosakata bahasa Inggris yang kamu dapatkan. Selain itu, pengetahuan kamu terhadap sesuatu juga akan bertambah dan kamu secara tidak sadar akan belajar mengenai tata bahasa yang biasanya digunakan pada setiap tulisan.

Tapi, tetap harus diingat untuk kamu pemula disarankan untuk memilih topik bacaan yang sesuai dengan minat kamu terlebih dahulu, ya. 


Itu tadi tips cara membaca teks bahasa Inggris. Mudah, bukan?

Pada intinya setiap kemampuan bahasa Inggris seseorang itu dapat dilatih sehingga menjadi lebih baik. Jadi, kamu jangan khawatir jika merasa belum bisa melakukannya. Terus berlatih secara rutin agar kamu menjadi seorang yang mahir.

Nah, kalau kamu bingung bagaimana cara memulainya. Yuk, bergabung di Free Demo Class EF. Di EF kamu akan diajarkan banyak sekali materi bahasa Inggris yang seru, kamu juga akan diajarkan oleh guru-guru yang profesional, jadi jangan khawatir ya!

Tunggu apalagi? Daftar sekarang yuk, sebelum kehabisan! 😉