Menu
tips belajar grammar

Tips Belajar Grammar Bahasa Inggris Lengkap

grammartips belajar
Ben Small Stars
Author
Ben
2020.07.28

Siapa yang sudah pusing duluan kalau mendengar kata grammar? Butuh tips untuk belajar grammar bahasa Inggris yang lengkap? Mari simak penjelasan pada artikel di bawah ini!

Kebanyakan orang menganggap bahwa grammar menjadi tantangan tersendiri saat sedang mempelajari bahasa baru, termasuk pula bahasa Inggris. Grammar memang merupakan hal yang sulit karena setiap bahasa pasti memiliki strukturnya tersendiri. Grammar ini menjadi sangat penting saat kamu harus menulis sesuatu untuk kebutuhan akademik, bisnis, atau bahkan media sosial.

Salah satu grammar yang paling penting untuk dipelajari adalah tenses. Kamu juga dapat mempelajari tentang tips mempelajari 16 tenses pada artikel berikut.

Agar kamu merasa grammar adalah hal yang mudah dan tidak membosankan, coba ikuti tips belajar grammar bahasa Inggris secara lengkap berikut ini:

Belajar Memperluas Kosakata

Dalam belajar grammar, hal pertama yang perlu kamu lakukan adalah dengan memperluas kosakata. Gunakan kamus atau hal lain yang dapat membantu kamu untuk belajar kata baru sebanyak-banyaknya.

Ketika kamu memiliki banyak kosakata, maka akan mudah untuk menguasai grammar secara cepat. Yuk mulai perbanyak kosakata bahasa Inggrismu!

Bicara Langsung dengan Teman

Dengan mempraktekan secara langsung apa yang telah dipelajari, akan membuat ilmu menjadi semakin menempel di kepalamu. Ajaklah teman atau saudara untuk melatih mu berbicara bahasa Inggris.

Kamu akan belajar grammar disaat mendengerkan bagaimana orang lain berbicara dan menggunakan kata. Apalagi jika lawan bicaramu adalah native speaker. Pasti banyak ilmu yang akan kamu dapatkan.

Perbanyak Membaca

Perbanyak membaca juga menjadi salah satu cara mudah untuk belajar grammar. Kamu bisa mulai dari bacaan yang ringan hingga berat seperti berita, artikel, dan novel. Saat membaca kamu akan lebih fokus untuk melihat struktur kalimat yang digunakan.

Buat kamu yang tidak suka membaca, mungkin menonton dengan menggunakan subtitle bisa jadi alternatif yang patut untuk dicoba.

Jangan Malu untuk Minta Dikoreksi

Kebanyakan orang tidak terlalu suka dikoreksi ketika mereka salah menggunakan grammar. Padahal, dengan dikoreksi akan membuat kita tahu mana yang benar dan mana yang salah. Sehingga tidak akan mengulangi kesalahan yang sama.

Jika kamu ingin cepat menguasai grammar, maka mintalah koreksi jika ada penggunaan kata yang salah. Catat semua yang sudah dikoreksi oleh orang lain dan terus belajar dengan giat!

Belajar Part of Speech

Setelah mengetahui banyak kosakata, kamu juga perlu tahu cara menggunakannya di dalam sebuah kalimat. Untuk membuat kalimat, yang dibutuhkan adalah part of speech. Apa saja sih part of speech? Part of speech terdiri atas noun, pronoun, adjective, article, verb, adverb, conjunction, preposition, dan interjection.

Saat kamu bisa mengidentifikasi setiap kata berdasarkan part of speech, maka kamu akan lebih paham bagaimana penyusunan kata di dalam kalimat. Memang terlihat rumit, tapi ketika kamu sudah memahaminya, grammar menjadi hal yang mudah bagimu.

Gunakan Aplikasi

Pada era yang serba canggih ini, belajar bahasa Inggris bukanlah perkara yang susah. Banyak cara yang bisa dilakukan, jika kamu memiliki niat dan usaha yang besar. Banyak sekali aplikasi yang bisa membantumu untuk belajar grammar dengan mudah.

Mulai dari yang berbayar hingga gratis dapat ditemukan dengan gampang. Mudah bukan? Asal ada niat dan keinginan yang besar tentunya semua menjadi bisa.

Tanyakan Pada Guru

Jika kamu merasa sudah belajar sendiri dan masih banyak yang tidak dimengerti, coba tanyakan pada guru yang ada di sekolah ataupun guru les bahasa Inggris. Jangan malu ataupun ragu, karena mereka pasti akan dengan senang hati untuk membantu.

Minta juga saran dari mereka, kira-kira materi apa saja yang perlu untuk kamu pelajari lebih jauh lagi dan yang wajib untuk ditingkatkan.

Bagaimana? 7 tips ini dapat kamu terapkan untuk belajar grammar bahasa Inggris menjadi lebih mudah. Tertarik untuk tahu tips lainnya? Yuk cek Grammar and Vocabulary section yang ada di EF Blog.

Selain itu kamu juga dapat belajar grammar dengan praktis dan menyenangkan loh. Cukup dengan isi nomormu pada kolom di bawah ini, dan temukan program yang cocok dengan kamu!

Selamat berlatih!

Incorrect phone number
Dapat Diskon Sekarang!

Dengan menekan tombol Daftar Sekarang, Anda menyetujui Kebijakan Privasi EF serta bersedia menerima penawaran dari EF.

Ben Small Stars
Author
Ben