Menu
tips-anak-jago-bahasa-inggris
Listening and Speaking

Tips Anak Jago Listening dan Speaking Melalui Lagu

listening tipsspeaking tips
Ben Small Stars
Author
Ben
2020.10.16

Saat ini sebagian besar orang tua ingin mengajarkan kemampuan listening dan speaking bahasa Inggris kepada anak sejak dini. Namun, banyak juga yang merasa kesulitan saat ingin mulai memperkenalkannya. Apakah Anda mengalami hal yang sama?

Untuk mengatasi hal ini, Anda bisa memulainya dengan mengenalkan mereka kepada lagu-lagu anak berbahasa Inggris. Sejumlah studi telah menyebutkan bahwa lagu adalah salah satu media pengenalan bahasa asing yang efektif.

Agar kegiatan belajar melalui lagu ini bisa lebih maksimal dan anak semakin jago listening dan speaking, terdapat sejumlah tips yang bisa Anda perhatikan. Yuk disimak!

Kursus di EF cuma 1 juta-an?

Cuma di awal tahun 2021, kamu bisa gabung di EF mulai dari 1.2 juta Rupiah + potongan harga khusus*! Isi data dirimu pada kolom di bawah ini sekarang!

Incorrect phone number
Daftar Sekarang!

Dengan menekan tombol Daftar Sekarang, Anda menyetujui Kebijakan Privasi EF serta bersedia menerima penawaran dari EF.

*Syarat dan Ketentuan Berlaku

1. Pilih Lagu yang Sederhana dan Menyenangkan

lirik lagu bahasa inggris

Pertama, Anda dapat memulainya dengan memperdengarkan lagu anak yang mudah, sederhana, dan memiliki irama yang menyenangkan. Tujuannya adalah agar di awal, anak merasa tertarik dengan hal yang ia dengar dan juga melatih kepekaannya terhadap bunyi serta pelafalan kata bahasa Inggris. Jika sudah tertarik dan terbiasa, dengan sendirinya ia akan berusaha memahaminya.

Lagu-lagu anak berbahasa Inggris ini biasa dikenal dengan sebutan nursery rhymes. Ciri khas nursery rhymes ini adalah memiliki lirik yang pendek dan rhyming atau berima. Karenanya, liriknya pun akan lebih mudah diingat oleh anak. Contoh nursery rhymes:

  • Twinkle Twinkle Little Star

Twinkle, twinkle, litter star

How I wonder what you are

Up above the world so high

Like a diamond in the sky

Twinkle, twinkle little star

How I wonder what you are

  • Hey Diddle Diddle

Hey diddle diddle, the cat and the fiddle,

The cow jumped over the moon.

The little dog laughed to see such fun

And the dish ran away with the spoon

2. Cek Pemahaman Anak Terhadap Lagu yang Ia Dengar

lagu kesukaan anak-anak

Jika anak sudah terbiasa mendengarkan lagu tersebut, Anda dapat mengecek pemahamannya. Di awal, sangat wajar apabila anak belum memahami artinya dengan benar. Di sinilah Anda berperan untuk menjelaskannya. Misalnya, dari lagu-lagu Twinkle-Twinkle Little Star, Anda bisa memintanya untuk bercerita kira-kira lagu itu tentang apa. Anda juga bisa bertanya apakah dia sudah paham arti kata ‘little’ atau ‘star’ yang ada di sana. Biarkan ia menebak terlebih dahulu, baru kemudian Anda menjelaskan bahwa lagu itu tentang bintang kecil di langit. Tahap ini berguna untuk melatih listening comprehension anak serta menambah vocabulary bahasa Inggrisnya.

3. Ajak Anak untuk Bernyanyi

lagu favorit anak bahasa inggris

Kini adalah saatnya Anda mengajaknya menyanyikan lagu itu bersama. Saat ia bernyanyi, Anda bisa mengetahui bagaimana caranya melafalkan sebuah kata dalam bahasa Inggris. Jika ada yang belum sesuai, Anda bisa memberitahukannya saat sudah selesai, bukan dengan memotongnya saat bernyanyi. Aktivitas bernyanyi bersama ini berguna untuk mengasah speaking skill anak, supaya ia semakin luwes dan lancar melafalkan bahasa Inggris.

4. Buat Permainan Tebak Lirik Lagu

permainan tebak lirik lagu

Sebenarnya, Anda juga dapat memanfaatkan lagu untuk melatih kemampuan menulisnya, misalnya mengeja suatu kata dari hal yang ia dengar. Agar lebih menarik, di tahap awal Anda mungkin ingin membuat permainan tebak lirik lagu. Jadi, Anda menuliskan sebagian besar liriknya dan menyisakan satu atau dua kata saja untuk mereka tebak. Seiring meningkatnya kemampuan bahasa Inggris mereka, semakin banyak lirik yang harus mereka lengkapi.

Bagaimana, menarik bukan? Dari satu lagu yang tampak sederhana dan singkat, Anda bisa memanfaatkannya sebagai media untuk mengasah berbagai kemampuan anak dalam bahasa Inggris.

Kemudian, jika anak sudah tertarik dengan bahasa Inggris dan ingin mempelajarinya lebih lanjut lagi, segera daftarkan ke EF.

Di EF, anak bisa belajar bahasa Inggris dengan metode yang menyenangkan. Terlebih lagi, selama bulan Oktober ini, sedang ada promo yang bisa Anda nikmati.

Yuk, bergabung sekarang bersama EF!

Ben Small Stars
Author
Ben