Menu
content
News and Lifestyle

Tertarik Menjadi Content Writer? Ini Hal yang Harus Kamu Ketahui

tom thunder
Author
Tom Thunder
2023.02.09

Apakah kamu suka menulis? Baik untuk diri sendiri mau pun tulisan yang dipublikasikan.
Jika iya, apakah kamu pernah mendengar content writer? Nah, kali ini Tom akan membahasnya. Ada banyak loh yang ingin menjadi content writer.

Yuk, coba kelas demo GRATIS!*

Mau kursus di EF? Coba kelas demo gratis* di EF center terdekatmu!

Incorrect phone number
Daftar Sekarang!

Dengan menekan tombol Daftar Sekarang, Anda menyetujui Kebijakan Privasi EF serta bersedia menerima penawaran dari EF.

*Syarat dan Ketentuan Berlaku

Untuk kamu yang memiliki hobi menulis dan sudah tahu apa itu content writer, pas banget nih kamu simak artikel ini. Yup! Content writer adalah pekerjaan profesional, di mana orang tersebut harus membuat artikel atau memproduksi konten yang menarik dan informatif. Biasanya, kamu bisa menemukan profesi ini pada perusahaan yang memang memiliki digital marketing team.

Nah, apa saja yang harus kamu ketahui mengenai content writer? Yuk, simak lebih lanjut artikel ini sampai habis!

1. Riset terlebih dahulu

riset

Sebelum kamu membuat konten, kamu harus riset terlebih dahulu. Kira-kira kamu ingin membuat konten seperti apa dan apa saja yang akan kamu bahas. Selain itu, kamu juga harus memperoleh sumber informasi terpercaya, misalnya langsung dari ahli. Kamu juga harus pintar menyeleksi sumber kontenmu. Hal ini berguna agar pembacamu juga tetap setia membaca kontenmu, karena informasi yang ditampilkan sudah valid dan terpercaya.

2. Buat konten orisinal dan unik

orisinal

Saat kamu mempublikasikan tulisanmu, terutama di internet. Kamu harus berhati-hati terhadap plagiarisme. Jangan sampai kamu meniru karya orang lain atau karyamu ditiru oleh orang lain. Buatlah konten yang orisinal (asli buatanmu) dan unik, agar kontenmu memiliki ciri khas dan berbeda dari konten lain yang serupa.

3. Memiliki pengetahuan SEO

seo

Apakah kamu pernah mendengar istilah SEO? Yup, SEO adalah Search Engine Optimization. Tak hanya menulis dan riset konten, kamu juga harus memiliki pengetahuan SEO. Mengapa? Karena konten yang kamu unggah secara online harus terbaca oleh google. Bagaimana caranya? Misalnya dengan kamu memberi keterangan gambar yang kamu gunakan. Di dalam SEO, kamu akan mempelajari banyak teknik untuk kontenmu.

4. Perhatikan judul dan awal paragraf

judul

Salah satu hal yang harus kamu perhatikan adalah keyword. Misalnya kamu ingin membuat tulisan mengenai resep makanan bento. Nah, kamu harus mencari keyword apa yang paling banyak dicari. Misalnya kamu menggunakan keyword ‘makanan bento’. Gunakan keyword tersebut pada judul dan paragraf pembuka tulisanmu. Hal ini bertujuan agar google cepat membaca teksmu dan muncul di halaman google.

5. Sesuaikan dengan kebutuhan audiens

audiens

Jika kontenmu sudah banyak dan kamu sudah memiliki banyak pembaca, kenali perilaku pembacamu, seperti konten apa yang digemari, apa yang dicari, dan konten apa yang menghasilkan banyak leads atau data, jika kamu menjual produk pada websitemu. Dengan kamu membuat konten yang sesuai dengan kebutuhan pembaca, ada banyak keuntungan yang bisa kamu peroleh, jika kamu bisa memberi efek positif kepada pembaca.


Bagaimana? Kamu sudah tahu 5 hal di atas? Tidak hanya menulis, ada beberapa skill lain yang harus kuasai. Kamu bisa mulai mempelajarinya dan terus kembangkan bakat menulismu ya. Nah, kira-kira kontenmu akan menggunakan bahasa apa nih? Saran dari Tom, kamu bisa gunakan bahasa Inggris agar jangkauan kontenmu lebih luas hingga ke seluruh dunia.

Mau tingkatkan kemampuan bahasa Inggrismu agar lebih keren? Yuk ikut Kelas EF! Gratis! Kamu bisa rasakan pengalaman menyenangkan dengan belajar bersama EF Kids & Teens dengan guru yang berpengalaman di bidangnya loh. Jangan ketinggalan! Daftarkan dirimu segera! 😉

*Syarat dan Ketentuan berlaku
*Promo terbatas

Terakhir update artikel : 09-02-2023