Menu
beruang kutub
News and Lifestyle

Ternyata Mamalia Laut! Cari Tahu Fakta Unik Beruang Kutub Lainnya Yuk

Ben Small Stars
Author
Ben
2023.02.27

Halo teman-teman! Kamu tahu beruang kutub? Ya, beruang kutub (polar bear) adalah salah satu jenis beruang yang tinggal di samudera Arktik sampai Kutub Utara dan punya bulu berwarna putih yang cantik. Tahukah kamu kalau setiap tahun ada perayaan khusus untuk beruang kutub? Ayo kita cek fakta unik tentang beruang kutub lain bersama Ben The Bear!

Yuk, coba kelas demo GRATIS!*

Mau kursus di EF? Coba kelas demo gratis* di EF center terdekatmu!

Incorrect phone number
Daftar Sekarang!

Dengan menekan tombol Daftar Sekarang, Anda menyetujui Kebijakan Privasi EF serta bersedia menerima penawaran dari EF.

*Syarat dan Ketentuan Berlaku

Beruang kutub atau dalam bahasa Inggris disebut polar bear adalah salah satu hewan karnivora terbesar di dunia. Hewan yang bisa ditemui di bagian utara bumi ini merupakan hewan yang saat ini terancam kepunahan loh teman-teman. Maka dari itu untuk meningkatkan kesadaran masyarakat, WWF dan Organisasi Beruang Kutub Internasional membuat peringatan Hari Beruang Kutub Internasional atau International Polar Bear Day setiap tanggal 27 Februari. Agar kamu juga semakin kenal dengan beruang kutub, simak fakta-fakta unik mereka yuk!

Beruang kutub tergolong mamalia laut

mamalia laut

Beruang kutub adalah satu-satunya spesies beruang yang dianggap sebagai mamalia laut karena mereka menghabiskan sebagian besar hidupnya di laut baik untuk makan dan tinggal.

Warna bulunya bukan putih

polar bear

Sebenarnya, bulu beruang kutub tidak berwarna putih, tapi hampir transparan. Warna putih yang biasa kamu lihat di bulunya dihasilkan dari pantulan cahaya.

Kulit beruang kutub berwarna hitam

Di balik bulunya yang tebal, beruang kutub punya kulit yang berwarna hitam legam loh, teman-teman! Warna hitam ini berfungsi untuk menyerap cahaya matahari agar mereka tetap hangat.

Ilmuwan bisa mengambil DNA hanya dari jejak kakinya

Teknik baru yang dikembangkan WWF dan firma spesialis DNA SPYGEN memungkinkan para ilmuwan untuk mendapatkan DNA beruang kutub dari jejak kaki mereka di salju. Tidak hanya DNA beruang, tapi juga DNA hewan yang dimakannya. Wow! Keren, kan?

Beruang kutub adalah predator berkaki empat terbesar

Seekor beruang kutub jantan bisa memiliki berat hingga 800 kg atau setara dengan 10 orang laki-laki dewasa! Beruang kutub juga dapat tumbuh hingga 3 meter, membuatnya jadi spesies beruang terbesar dan karnivora darat terbesar di dunia.

Punya penciuman super tajam

Beruang kutub punya indera penciuman yang bisa mencium sampai 16 kilometer jauhnya! Kemampuan ini mereka gunakan untuk menemukan mangsa, salah satunya anjing laut yang hidup di bawah es.

Bisa berenang berhari-hari tanpa henti

Beruang kutub adalah salah satu hewan berkaki empat yang paling aktif, Mereka bisa melakukan perjalanan lebih dari 3.000 kilometer per bulan dan berenang selama berhari-hari tanpa henti.

Itu tadi beberapa fakta unik beruang kutub, sahabat Ben The Bear. Sudah mulai kenal dengan binatang lucu ini? Untuk kamu yang masih penasaran, beruang kutub hidup di kawasan samudra Arktik dan bisa ditemukan di Alaska, Kanada, Rusia, Greenland, dan beberapa pulau utara yang dimiliki Norwegia, seperti Svalbard.

Bagaimana? Seru kan mengenal tentang beruang kutub dan habitatnya? Kamu tahu apa lagi yang seru selain mengenal beruang kutub? Tentu saja belajar bahasa Inggris gratis!

Di EF sedang ada program Free Demo Class dimana kamu bisa belajar bahasa Inggris bersama teman dan guru-guru EF yang asyik, loh! Ayo rasakan pengalaman serunya belajar sambil bermain di EF sekarang!

Ben Small Stars
Author
Ben