Menu
terjemahan terminologi islam
Grammar and Vocabulary

Terjemahan Terminologi Islam dalam Bahasa Inggris

2020.05.07

Sebagai bahasa internasional, bahasa Inggris ternyata memiliki padanan kata atau padanan istilah dalam hampir setiap negara dan budayanya. Hal ini disebabkan oleh meningkatnya penutur bahasa Inggris yang berasal dari negara yang berbeda-beda.

Bukan hanya karena penutur bahasa Inggris yang beragam, ilmuwan-ilmuwan bahasa (linguis) pun juga turut mendukung eksistensi bahasa Inggris dengan penelitian-penelitiannya yang terbilang sangat spesifik dalam bidang bahasa dan budaya yang dapat mempermudah belajar bahasa Inggris.

Terlepas dari bahasa Inggris sebagai bahasa internasional, bahasa Inggris memang sangat erat hubungannya dengan banyak budaya di setiap negara. Oleh sebab itu, bahasa Inggris dapat disebut sebagai bahasa penembus batas yang menjunjung tinggi akan nilai kebebasannya yang bertanggung jawab. Keberagaman bahasa Inggris serta penuturnya yang berasal dari berbagai budaya ini ternyata juga memberikan sumbangsih yang besar untuk perbendaharaan kata dan padanannya yang dapat diterima oleh masyarakat luas di berbagai negara.

Sebagai bukti bahwa bahasa Inggris adalah bahasa internasional yang mampu menembus batas budaya suatu negara adalah padanan bahasa Inggris untuk bahasa Arab mengenai terminologi Islam. Berikut adalah potongan transliterasi ayat Al-Qur’an dengan bahasa Inggris:

  • Bismillahirrahmanirrahim

In the name of Allah, the Entirely Merciful, the Especially Merciful

Dengan menyebut nama Allah yang maha pengasih lagi maha penyayang

FASTING MONTH AND IED MUBARAKH

Ketika seseorang memberikan ucapan selamat Idul Fitri, banyak yang mengatakan happy Ied Mubarakh. Ucapan tersebut digunakan untuk mengatakan selamat lebaran bagi umat muslim yang merayakan Idul Fitri atau Eid al-Fitr atau juga Id al-Fitr yang juga dikenal sebagai Eid ul-Fitr. Dalam bahasa Inggris, lebaran ini dikenal sebagai Blessed Festival. Saat orang memberikan ucapan tersebut, biasanya mendapatkan balasan may Allah bless it for you too atau Allah yubarak feek.

Berikut ini terdapat beberapa terjemahan terminologi Islam yang perlu kamu ketahui:

  1. Assalamualaikum: May Peace Be Upon You.

  2. Alhamdulillah: All praise is due to Allah.

  3. Allahu Akbar: Allah is great.

  4. Sahur: A Predawn meal.

  5. Maghrib (Buka Puasa): As soon as the sunset prayer time comes in.

  6. Wudhu: Ablution.

  7. Zakat: Obligatory charity.

  8. Syahadat: Creed of Islam.

  9. Bismillah: In the name of Allah.

Itu dia beberapa terjemahan terminologi Islam dalam bahasa Inggris yang dapat kamu pelajari.

Ingin belajar materi bahasa Inggris lainnya? Segera isi nomormu pada kolom di bawah dan dapatkan penawaran menarik!