Menu
belajar-bahasa
Education Advice

Teori Pemerolehan Bahasa, Bagaimana Cara Anak Belajar Bahasa?

tom thunder
Author
Tom Thunder
2023.02.15

Apakah ada yang penasaran kira-kira dari mana anak memperoleh bahasa pertamanya? Bagaimana prosesnya? Dan mengapa cara memperoleh bahasa tersebut bisa berbeda di setiap anak? Nah, artikel kali ini akan membahas sejumlah teori yang relevan mengenai proses pemerolehan bahasa pertama pada anak.

Yuk, coba kelas demo GRATIS!*

Mau kursus di EF? Coba kelas demo gratis* di EF center terdekatmu!

Incorrect phone number
Daftar Sekarang!

Dengan menekan tombol Daftar Sekarang, Anda menyetujui Kebijakan Privasi EF serta bersedia menerima penawaran dari EF.

*Syarat dan Ketentuan Berlaku

Jika Anda mempelajari setiap aktivitas dan perkembangan anak, Anda mungkin tahu bagaimana proses anak Anda mendapat bahasa pertama, seperti stimulus dari luar, genetis, hasil interaksi, dan berbagai kemungkinan lainnya. Proses ini bisa terjawab melalui teori dalam ilmu linguistik.

Terbagi menjadi 3 teori, apa saja ya teori-teorinya? Yuk, simak artikel berikut!

1. Teori Behaviorisme

hadiah

Salah satu tokoh yang mencetuskan teori ini adalah John B. Watson, di mana teori ini berfokus pada apa yang dirasakan oleh anak dan hubungan antara stimulus dan respons pada sekeliling anak. Sebagai contoh, saat anak ingin menyentuh hewan, lalu ada suara benda yang mengagetkan, otomatis ia akan kaget dan bahkan bisa menyebabkan ia tidak mau menyentuh serta takut terhadap hewan tersebut.

Tokoh lain yang juga berperan dalam teori ini adalah Skinner, di mana ia berpendapat bahwa perilaku seorang anak akan dikendalikan oleh sebuah akibat. Bila ia mendapat apa yang diinginkan, ia akan terus memintanya, namun bila apa yang ia mau tidak diberi, ia tidak akan memintanya lagi. Jika teori ini diaplikasikan, maka orang tua atau guru di sekolah harus memahami apa yang disukai dan tidak disukai oleh anak.

Satu lagi teori dengan aliran behaviorisme adalah teori yang dicetuskan oleh Thorndike yang menghasilkan teori trial error, yakni seseorang yang terus berlatih sesuatu, lama-kelamaan akan berhasil menguasainya. Contohnya adalah seorang anak yang terus berlatih bahasa asing, lama-kelamaan ia akan mahir berbahasa tersebut.

2. Teori Nativisme

born

Dalam teori ini, para ahli percaya bahwa bahasa diperoleh secara biologis, di mana kemampuan lingual manusia akan semakin terasah, seiring dengan berjalannya waktu. Menurut Eric Lenneberg, bahasa merupakan perilaku khusus manusia, di mana mekanisme bahasa ditentukan secara biologis.

Tokoh utama dalam teori ini adalah Chomsky. Ia berpendapat bahwa satu-satunya makhluk yang memiliki kemampuan bahasa secara verbal adalah manusia. Selain itu, ia percaya bahwa setiap anak yang lahir ke dunia, sudah dibekali “Alat Penguasaan Bahasa” atau Language Acquisition Device (LAD), di mana hal ini didasari oleh kemampuan membedakan bunyi bahasa dan bunyi lain, kemampuan mengorganisasikan peristiwa, kemampuan untuk mengevaluasi sistem perkembangan bahasa, dan kemampuan lainnya.

3. Teori Kognitivisme

cognitive

Berbeda dari dua teori sebelumnya, teori kognitivisme berfokus pada kemampuan nalar seseorang. Jenis pendekatan teori ini menjelaskan bagaimana cara kita berpikir, mental internal pada diri kita saat belajar bahasa, dan belajar bahasa merupakan proses berpikir secara kompleks.

Teori ini mematahkan asumsi bahwa kemampuan bahasa adalah kemampuan sejak lahir, melainkan bisa dipelajari dan terus berkembang antara tingkatan kognitif dengan lingkungan bahasanya. Pernyataan ini dikemukakan oleh Jeane Piaget, seorang filsuf, ilmuwan, sekaligus seorang psikolog dari Swiss. Ia menyampaikan bahwa proses belajar dihasilkan oleh cara anak dalam mengatur materi bahasa dan tidak dipengaruhi oleh usia.


Selain tiga teori di atas, masih banyak teori lainnya yang relevan dengan cara pemerolehan bahasa. Terlepas dari cara anak mendapatkan berbagai bahasa, tentunya teori-teori ini menunjukkan bahwa semua orang sangat bisa meningkatkan kemampuan bahasa apa pun. Sama halnya dengan bahasa asing, terutama bahasa Inggris, salah satu bahasa resmi yang digunakan di seluruh dunia.

Ingin meningkatkan kemampuan bahasa Inggris anak? Yuk, ikut Kelas EF Gratis! Anak akan dibimbing oleh guru yang berpengalaman di bidangnya dengan materi interaktif dan menyenangkan.

Hanya tanggal menigisi no hp yang tertera pada halaman ini dan nikmati berbagai promo menarik lainnya! 😉

*Syarat dan Ketentuan berlaku
*Promo terbatas

Terakhir update artikel : 15-02-2023