Menu
energi matahari
News and Lifestyle

Teknologi Ini Mengandalkan Energi Matahari, Apa Saja?

tom thunder
Author
Tom Thunder
2022.05.05

Tahukah kamu bahwa matahari bisa dijadikan sebagai sumber energi?  Matahari merupakan salah satu energi yang melimpah di muka bumi ini. Sebagai sumber energi alternatif, cahaya matahari memberikan banyak manfaat bagi manusia.

Apakah kamu tahu apa saja pemanfaatan energi surya itu?

Yuk, coba kelas demo GRATIS!*

Mau kursus di EF? Coba kelas demo gratis* di EF center terdekatmu!

Incorrect phone number
Daftar Sekarang!

Dengan menekan tombol Daftar Sekarang, Anda menyetujui Kebijakan Privasi EF serta bersedia menerima penawaran dari EF.

*Syarat dan Ketentuan Berlaku

Manfaat energi matahari bagi manusia di antaranya adalah dapat dijadikan sebagai energi yang ramah lingkungan, penghasil sumber nutrisi untuk makhluk hidup, menjaga temperature udara agar tetap terkondisi, dan lain sebagainya.

Berikut ini merupakan teknologi-teknologi yang mengandalkan matahari sebagai sumber energinya.

1. Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS)

panel surya

Sistem yang satu ini mungkin sudah tidak asing lagi kita dengar. PLTS adalah yang paling umum digunakan untuk memanfaatkan energi surya.

Pemanfaatan energi listrik menggunakan tenaga matahari yaitu dengan menggunakan rangkaian panel surya yang diletakkan di atap rumah atau bangunan. Kemudian energi yang bersumber dari panel surya akan diproses menjadi energi listrik yang dapat menyalakan alat-alat di rumah.

2. Lampu Lalu Lintas

traffic sign

Pernahkah kamu melihat lampu lalu lintas yang menggunakan panel surya di atasnya? Di beberapa wilayah Indonesia, pemanfaatan panel surya ini sudah umum digunakan agar dapat menghidupkan sistem mandiri lampu lalu lintas di jalan.

Dengan begitu, ketika terjadi pemadaman listrik mendadak maka lampu lalu lintas akan tetap berjalan karena masih menyimpan energi surya atau matahari.

3. Penerangan Jalan Umum (PJU)

lampu jalan

Sama halnya dengan lampu lalu lintas, penerangan jalan umum juga menggunakan energi matahari melalui panel surya. Penggunaan tenaga surya ini sangat efektif dan efisien karena tidak perlu membangun jaringan listrik PLN sekitar PJU, serta dapat menjangkau daerah yang infrastrukturnya terbatas.

4. Drone

drone

Apakah kamu pernah mendengar drone tenaga surya? Ternyata ada loh drone yang dilengkapi oleh panel surya.

Drone ini merupakan Feiyun atau pesawat tanpa awak yang dikembangkan oleh China Aerospace Science and Industry Corp sejak tahun 2018. Fungsi Feiyun yaitu sebagai alat yang dapat mendukung jaringan komunikasi darurat di daerah terpencil dan pengindraan darat jarak jauh.

5. Mobil

mobil listrik

Tidak seperti teknologi lainnya, mobil tenaga surya mengandalkan listrik yang berasal dari panel surya. Salah satu mobil listrik tenaga surya adalah “One”, ciptaan Lightyear yang merupakan perusahaan startup asal Belanda. Mobil One dilengkapi oleh panel surya di bagian atap dan kapnya. Mobil ini dapat menempuh jarak 50-70 Km dengan daya serap panel surya yaitu 700 kWh.

Berdasarkan hal tersebut, apakah kamu tertarik untuk menggunakan energi matahari sebagai sumber listrik di rumah? Listrik yang dihasilkan dari energi matahari ini ramah lingkungan, loh!

Selain 5 teknologi di atas, masih banyak teknologi lainnya yang bisa kita manfaatkan menggunakan panel surya. Terutama teknologi yang ada di dalam rumah atau bangunan yang dilengkapi oleh panel surya pada bagian atapnya. Teknologi tersebut bisa berupa penerang rumah, alat masak listrik, hingga listrik untuk mengisi daya ponsel atau laptop sehingga aktivitas belajarmu akan tetap berjalan.

Supaya kegiatan belajarmu makin seru, kamu bisa ikut dalam kelas demo GRATIS untuk menguji sejauh mana kemampuan bahasa Inggris bersama dengan guru profesional di kelas.

Sebelum promonya habis, daftar sekarang juga yuk! 😉