Menu
teknik membaca cepat
Reading and Writing

Teknik Membaca Cepat untuk Memudahkan Ujian Bahasa Inggris

tom thunder
Author
Tom Thunder
2023.06.28

Pada saat ujian Bahasa Inggris seringkali terdapat soal yang berisikan bacaan panjang dan mengharuskan kita untuk membacanya untuk menjawab soal ujian. Sayangnya jika membaca seluruhnya kita akan kehabisan waktu untuk mengerjakan soal yang lain. Tahukah kamu? Bahwa ada cara mudah membaca bacaan panjang saat ujian. Tom bakal kasih tahu rahasianya untuk kamu!

Yuk, coba kelas demo GRATIS!*

Mau kursus di EF? Coba kelas demo gratis* di EF center terdekatmu!

Incorrect phone number
Daftar Sekarang!

Dengan menekan tombol Daftar Sekarang, Anda menyetujui Kebijakan Privasi EF serta bersedia menerima penawaran dari EF.

*Syarat dan Ketentuan Berlaku

Teknik membaca cepat merupakan hal yang sangat diperlukan untuk mengatasi soal ujian Bahasa Inggris dengan bacaan panjang. Skimming dan scanning merupakan teknik yang terkenal digunakan dalam membaca atau reading.

Biasanya saat mengerjakan ujian, kedua teknik ini digunakan agar meminimalisir waktu yang digunakan. Dengan menggunakan kedua teknik ini kamu akan mendapatkan ide pokok dari bacaan panjang pada soal ujian Bahasa Inggris secara cepat.

Skimming

apa itu skimming

Teknik skimming merupakan teknik yang digunakan jika ingin menemukan ide utama dari keseluruhan bacaan panjang soal Bahasa Inggris. Caranya adalah dengan membaca dari satu paragraf ke paragraf lain untuk melihat pokok pikiran utama daripada membaca per kata. 

Menggunakan teknik skimming ini bisa membuat kita membaca 3-4 kali lebih cepat dari membaca biasa lho! Jadi, lebih hemat waktu deh. Berikut langkah-langkah membaca skimming:

  • Perhatikan judul dan sub judul 

Judul dan sub judul ini merupakan hal pertama yang harus kalian lihat pada sebuah bacaan. Pahamilah judul dan sub judul karena dari sana terdapat maksud dari teks yang akan di baca.

  • Membaca paragraf pembuka

Paragraf pembuka inilah yang menjadi kunci dari topik yang akan dibahas. Kamu harus memahami keseluruhan maksud dari paragraf pertama ini. Ide utama dari sebuah paragraf biasanya terletak pada kalimat pertama atau kedua sebuah paragraf.

  • Membaca paragraf akhir

Pada kerangka penulisan, akhir paragraf biasanya berisi sebuah kesimpulan dari ide-ide yang dibahas sebelumnya. Membaca langsung pada akhir paragraf biasanya akan membuat kamu lebih cepat dalam memahami informasi yang dijelaskan pada bacaan soal ujian Bahasa Inggris. 

Membaca skimming harus dilakukan dengan tenang. Walau termasuk teknik membaca cepat, namun jangan terburu-buru. Luangkan waktu untuk memahami detail kecil pada bacaan panjang. Jika pada soal terdapat ilustrasi atau infografis kamu harus melihat informasi yang ada pada ilustrasi tersebut, dengan begitu mudah bagi kamu untuk memahami isi bacaan lebih lanjut.

Scanning

teknik membaca scanning

Teknik scanning merupakan cara membaca cepat dan akurat untuk mendapat informasi spesifik dari sebuah bacaan panjang. Biasanya scanning digunakan jika kita sudah mengetahui apa yang ingin dicari pada sebuah bacaan, sehingga berfokus pada isi bacaan panjang yang spesifik.

Pada teknik scanning dibutuhkan kecepatan mata untuk membaca dari satu paragraf ke paragraf lain. Di bawah ini adalah langkah-langkah membaca cepat. 

  • Tentukan kata kunci

Saat melakukan scanning kamu pasti sudah tau informasi apa yang ingin dicari. Kamu bisa langsung mencari satu atau dua kata yang menjadi kata kunci dari informasi yang terdapat pada bacaan tersebut. Perhatikan baik-baik setiap paragraf hingga menemukan kalimat yang mengandung kata kunci.

  • Lihat sekilas dan cepat

Saat melakukan pencarian kamu tidak perlu membaca satu persatu. Hal tersebut bisa menghabiskan waktu ujian. Kamu bisa melihat secara cepat dari atas  hingga akhir paragraf sampai menemukan kata kunci yang di inginkan. Pastikan kamu fokus pada bacaan tersebut ya.

  • Membaca informasi disekitar kata kunci

Apabila sudah menemukan kata kunci, maka bacalah kalimat keseluruhannya secara cermat. Kalian bisa menandai kalimat tersebut jika dirasa penting.

Sama seperti membaca skimming kamu harus memperhatikan ilustrasi yang terdapat pada soal. Perhatikan juga apabila terdapat huruf yang dicetak tebal, miring, atau yang bergaris bawah pada soal ujian.

Kedua teknik tersebut juga bisa kamu gunakan secara bersamaan lho! Dengan demikian makin mudah deh kamu mendapat ide gagasan dari sebuah bacaan panjang pada soal ujian Bahasa Inggris.

Jangan lupa untuk latihan membaca cepat pada saat membaca buku pelajaran, blog, ataupun artikel. Supaya makin lancar dalam mengerjakan soal-soal karena kalian sudah berlatih. Yuk, mulai terapkan skimming dan scanning!

Kalau kalian ingin belajar dengan berbagai macam cara yang menyenangkan, kalian bisa daftar menjadi Student EF lho! Banyak sekali pembahasan menarik dan interaktif yang bisa kamu dapatkan melalui guru-guru EF. Makin banyak deh pengalaman belajar yang seru dan unik di EF. 

Yuk, segera daftar dan nikmati keseruan belajar di EF!