Menu
punctuation marks
Reading and Writing

Tanda Baca dan Simbol Dalam Bahasa Inggris. Siap Menulis?

tom thunder
Author
Tom Thunder
2023.07.18

Tanda baca atau punctuation marks adalah sekumpulan simbol yang digunakan untuk menerangkan maksud dari sebuah kalimat tertulis. Yang termasuk tanda baca tidak hanya titik, koma, tanda tanya, tanda seru, atau tanda kutip saja ya EFriends. Yuk kita kulik tentang tanda baca lainnya!

Yuk, coba kelas demo GRATIS!*

Mau kursus di EF? Coba kelas demo gratis* di EF center terdekatmu!

Incorrect phone number
Daftar Sekarang!

Dengan menekan tombol Daftar Sekarang, Anda menyetujui Kebijakan Privasi EF serta bersedia menerima penawaran dari EF.

*Syarat dan Ketentuan Berlaku

Setiap tanda baca punya kegunaan masing-masng dalam struktur kalimat. Kalau kamu ingin membuat tulisanmu lebih mudah dibaca dan terlihat profesional, kamu harus tahu masing-masing tanda baca dan cara menggunakannya. Tapi sayangnya, masih banyak orang yang bingung bagaimana menggunakannya yang benar.

Setelah di artikel sebelumnya sudah dibahas 12 punctuation / tanda baca dalam bahasa Inggris ⭷ yang sering digunakan dalam Bahasa Inggris, di artikel kali ini Tom akan membahas 7 tanda baca tambahan yang juga tidak kalah penting.

Braces {}

Braces atau kurung kurawal jarang sekali digunakan dalam sebuah kalimat. Tanda ini paling sering digunakan dalam penulisan rumus matematika atau hal-hal teknikal lain. Jangan sampai penggunaannya tertukar dengan tanda kurung biasa ya.

Contoh: {5, 6, 7, 8}

Slash /

Slash atau garis miring adalah tanda baca yang sering kita temui dan gunakan. Tanda baca ini digunakan untuk beberapa kondisi seperti:

1. Pengganti kata “atau”

Contoh: red/blue = red or blue?

2. Pengganti kata “per”

Contoh: The car runs at a speed of 100km/h = The car runs at a speed of 100km per hour.

3. Separator tanggal

Contoh: 11/07/2023 = 11 July 2023

At sign @

Kamu pasti sudah sering melihat simbol ini di internet kan? Ya, namanya simbol “at” atau ada juga yang menyebutnya sebagai simbol a keong. Simbol ini biasanya digunakan dalam alamat email atau username sosial media.

Contoh: @ef_kidsteens

Ellipsis …

Titik tiga yang muncul dalam teks disebut tanda ellipsis. Tanda ini bisa kamu gunakan kalau kamu ingin…

1. Menunjukkan bahwa dalam suatu kalimat atau kutipan ada bagian yang dihilangkan

Contoh: A recent study stated, “The correlation between vocabulary, intelligence, and real-world ability has been found to exist from a very early age right through to adulthood…”

2. Menulis ucapan yang tidak selesai dalam dialog

Contoh: Elise began to count “One sheep, two sheep, three sheep…” until she fall asleep.

3. Menandai jeda panjang dalam tuturan yang dituliskan

Contoh: Tom: We are going to start the race. Ready… Set… Go!

Asterisk *

Asterisk atau tanda bintang digunakan sebagai penanda referensi untuk mengarahkan pembaca ke catatan kaki/footnote kalau kamu menulis jurnal atau karya ilmiah.

Ampersand &

Simbol ampersand digunakan untuk menggantikan kata “dan”. Namun penggunaan dalam karya ilmiah dan dokumen formal tidak dianjurkan ya EFriends. Agar aman, kamu bisa gunakan simbol ini dalam tulisan kasual dan non formal.

Contoh: Hans & Gretel = Hans and Gretel

Single quotation mark ‘ ‘

Single quotation mark digunakan saat ada kutipan di dalam kutipan.

Contoh: Fleet said, “Roddy asked me, ‘did you buy a new backpack?’”

Nah, sekarang kamu sudah tahu kan beberapa simbol dan tanda baca yang sering kamu jumpai sehari-hari? Jangan sampai salah menggunakannya dalam tulisanmu ya!

Oh iya, jangan lewatkan juga tips menulis dari Tom berikut ini:

Cara menulis essay

📝 Tips menulis ala jurnalis

Kalau kamu mau lebih lancar menulis dalam Bahasa Inggris, ikut kelas di EF aja yuk! Kamu bisa belajar Bahasa Inggris dari A-Z bersama guru-guru yang seru dan teman seperjuangan. Masih ragu? Mau coba demo class dulu? Bisa! Segera daftar kelas demo gratis di EF Center terdekat ya!