Menu
plan
Grammar and Vocabulary

Talking about Plan dalam Bahasa Inggris

tom thunder
Author
Tom Thunder
2022.04.21

Halo pembaca EF Blog! Apakah kamu punya rencana yang ingin dilaksanakan hari ini? Sudah berapa banyak rencana yang sudah kamu tulis? Yuk, kita belajar mengekspresikan rencana atau talking about plan dalam bahasa Inggris!

Yuk, coba kelas demo GRATIS!*

Mau kursus di EF? Coba kelas demo gratis* di EF center terdekatmu!

Incorrect phone number
Daftar Sekarang!

Dengan menekan tombol Daftar Sekarang, Anda menyetujui Kebijakan Privasi EF serta bersedia menerima penawaran dari EF.

*Syarat dan Ketentuan Berlaku

Sebelumnya, apakah kamu sudah tahu apa itu planning dalam bahasa Inggris? Yups! planning adalah perencanaan dan talking about plan berarti membicarakan tentang sebuah rencana yang akan dilakukan untuk mencapai tujuan di masa depan.

Talking about plan dalam bahasa Inggris dapat diekspresikan menggunakan tenses yang berbeda, tergantung situasinya. Untuk lebih mudah membedakannya, kamu bisa simak cara membicarakan sebuah rencana dengan pola kalimat tenses berikut ini:

Mengekspresikan rencana di masa depan yang belum pasti

perencanaan dalam bahasa inggris

Membicarakan sebuah rencana memang sangat mudah, akan tetapi terkadang kita juga tidak tahu apakah rencana tersebut sudah pasti terjadi atau tidak. Hal ini akan bergantung dari bagaimana kita menjalankan rencana tersebut hingga berhasil dilakukan sampai tuntas.

Bentuk tenses yang dapat digunakan untuk perencanaan yang belum pasti terjadi yaitu simple future tense. Cirinya adalah terdapat frasa will atau to be + going to.

Contoh kalimat:

  • I will go to BTS concert next year in South Korea. (Saya akan pergi ke konser BTS tahun depan di Korea Selatan.)

  • I am going to spend my holiday in Japan, I will be staying near Fuji Mountain. (Saya akan menghabiskan liburan saya di Jepang, saya akan tinggal dekat Gunung Fuji.)

  • I promise! I’ll get the best result! (Aku janji! Aku akan mendapat hasil yang terbaik!)

Mengekspresikan rencana yang sudah pasti

book planner

Terdapat beberapa rencana yang telah kita siapkan dari jauh-jauh hari maupun di waktu tersebut. Perencanaan ini diutarakan ketika yang diajak berbicara sudah mengetahuinya. Misalnya ketika besok adalah hari ulang tahun temanmu, dan kamu pun berinisiatif untuk merencanakan pesta kejutan bersama teman-teman yang lain.

Bentuk tenses yang dapat digunakan untuk mengekspresikan perencanaan ini yaitu dengan present continuous tense. Berikut contoh kalimatnya:

  • My friends and I are going to Zoe's house to throw a surprise birthday party. (Teman-teman saya dan saya akan pergi ke rumah Zoe untuk mengadakan pesta ulang tahun kejutan.)

  • Unfortunately, tomorrow I can't come with you guys. It is because I am going to have meeting on Friday. (Sayangnya, besok aku tidak bisa ikut dengan kalian. Karena saya akan rapat pada hari Jumat.)

  • I'm so excited! I am going to surf tomorrow at the Kuta beach! (Senang sekali! Saya akan berselancar besok di pantai Kuta!)

Mengumumkan perencanaan

business plan

Nah ketika kamu memiliki sebuah rencana dan ingin memberitahukan atau mengumumkan kepada seseorang tentang perencanaan tersebut maka bisa menggunakan bentuk present perfect tense seperti contoh kalimat berikut:

  • We have planned to go camping in Ciwidey. (Kami telah berencana untuk berkemah di Ciwidey.)

  • He has decided to study Japanese Literature. (Dia telah memutuskan untuk belajar Sastra Jepang.)

  • My family has decided to go to Canada. We already booked plane tickets last week. (Keluarga saya telah memutuskan untuk staycation di Kanada. Kami sudah memesan tiket pesawat minggu lalu.)

Berdasarkan contoh-contoh di atas, kini kamu sudah mengetahui cara mengekspresikan sebuah rencana dalam bahasa Inggris. Jika ingin belajar cara cepat dan mudah memahami tenses, di kelas demo GRATIS EF kamu akan diajarkan langsung oleh para pengajar yang profesional.

Sebelum promonya berakhir, yuk daftarkan diri kamu sekarang juga! 😉