Menu
susah tidur
News and Lifestyle

Susah Tidur, Insomnia? Lakukan Cara ini Jika Ingin Tidurmu Nyenyak

tom thunder
Author
Tom Thunder
2023.07.25

Bagi banyak orang tidur nyenyak seringkali jadi tantangan, ada yang mengalami sulit tidur atau bahkan sampai dengan tahap mengalami gangguan Insomnia. Tidur yang berkualitas dapat memberikan berbagai macam manfaat bagi kesehatan tubuh, seperti kesehatan fisik dan mental. Nah, kali ini Tom akan membocorkan rahasia untuk EFriends yang dapat membuat tidur menjadi nyenyak dan berkualitas.

Yuk, coba kelas demo GRATIS!*

Mau kursus di EF? Coba kelas demo gratis* di EF center terdekatmu!

Incorrect phone number
Daftar Sekarang!

Dengan menekan tombol Daftar Sekarang, Anda menyetujui Kebijakan Privasi EF serta bersedia menerima penawaran dari EF.

*Syarat dan Ketentuan Berlaku

Selain untuk beristirahat, tidur nyenyak akan membantu tubuh untuk mengganti sel-sel yang rusak. Ketika kamu bagun di pagi hari tubuh akan terasa segar dan siap menjalani hari dengan semangat. Dilansir dari Healthline kurangnya kualitas tidur akan berdampak pada penurunan hormon, keaktifan seseorang, fungsi otak dan meningkatnya berat badan.  Sebaliknya, tidur yang baik akan membantu mengontrol berat badan, badan menjadi aktif dan menjadi lebih sehat. Berbagai macam cara dapat dilakukan untuk mendapat kualitas tidur yang baik dan pastinya nyenyak.  Penasaran mau tahu cara tidur nyenyak?! Check this out!

1. Tetapkan Rutinitas Tidur yang Konsisten

jam tidur yang baik

Membiasakan diri dengan rutinitas tidur yang konsisten adalah kunci utama untuk mencapai tidur yang nyenyak. Cobalah untuk tidur dan bangun pada waktu yang sama setiap hari, bahkan di akhir pekan. Tubuh kita memiliki jam biologis internal yang disebut "ritme sirkadian", yang mengatur siklus tidur dan bangun. Dengan mengikuti rutinitas tidur yang konsisten, kamu membantu tubuh untuk menyesuaikan ritme sirkadian dengan lebih baik.

Jika kamu masih kesulitan, cobalah untuk melakukan kebiasaan bangun dan tidur pada waktu yang sama setiap harinya. Beberapa minggu kemudian kamu akan mulai terbiasa untuk tidur dan bangun di jam tersebut. Jadi, nggak perlu alarm lagi deh.

2. Ciptakan Lingkungan Tidur yang Nyaman

tempat tidur

Faktor lingkungan juga memainkan peran penting dalam kualitas tidur. Pastikan kamar tidur kamu nyaman, tenang, gelap dan atur suhu kamar yang sejuk, gunakan kasur dan bantal yang nyaman, serta perhatikan pencahayaan yang lembut. Kamu juga dapat menggunakan penutup mata atau earplug, agar gangguan dari suara atau cahaya dapat diminimalisir.

Lakukan juga kegiatan yang menenangkan sebelum tidur seperti, mandi air hangat, membaca buku, atau mendengarkan musik yang menenangkan. Hindari penggunaan gadget atau menonton televisi sebelum tidur, karena cahaya biru yang dipancarkan dapat mengganggu produksi hormon melatonin yang mengatur tidur.hal tersebut akan membantu meningkatkan kualitas tidur.

3. Hindari Konsumsi Kafein dan Makanan Berat Sebelum Tidur

bahaya kafein

Kafein adalah zat stimulan yang dapat mengganggu tidur. Batasi atau hindari minuman yang mengandung kafein seperti kopi, teh, atau minuman berenergi beberapa jam sebelum tidur. Mengkonsumsi kafein 6 jam sebelum tidur akan memperburuk kualitas tidur. Hal tersebut karena kafein mampu bertahan di dalam tubuh selama 6-8 jam. Jika kamu menginginkan kafein seperti kopi, kamu bisa mengganti minuman kafein dengan minuman dekafein. 

Selain itu, makan makanan berat atau berlemak sebelum tidur juga dapat mengganggu pencernaan dan membuat kamu sulit tidur nyenyak. Pilihlah makanan ringan yang mudah dicerna, jika kamu merasa lapar sebelum tidur.

4. Lakukan Aktivitas Fisik secara Teratur

olahraga sebelum tidur

Aktivitas fisik yang teratur dapat membantu meningkatkan kualitas tidur. Namun, hindari melakukan olahraga berat menjelang waktu tidur, karena dapat meningkatkan kegembiraan dan membuat sulit tidur. Lakukan aktivitas fisik secara teratur, idealnya beberapa jam sebelum tidur, seperti berjalan kaki ringan atau melakukan yoga yang dapat membantu relaksasi tubuh dan pikiran.

Meskipun olahraga adalah salah satu kunci untuk mendapatkan tidur yang berkualitas di malam hari, melakukannya terlalu larut pada siang hari dapat menyebabkan masalah tidur. Hal ini karena efek stimulasi dari olahraga dapat meningkatkan hormon seperti epinefrin dan adrenalin.

5. Kelola Stres dengan Baik

stress management

Stres adalah salah satu faktor utama yang mengganggu tidur. Carilah cara-cara untuk mengelola stres dengan baik, seperti beribadah, meditasi, pernapasan dalam, atau menulis jurnal sebelum tidur. Melibatkan diri dalam aktivitas yang menyenangkan dan menghibur juga dapat membantu mengurangi stres dan menciptakan suasana hati yang lebih positif atau juga banyak disebut dengan stress management.

5. Hindari Begadang dan Terlalu Lama Tidur di Siang Hari

hindari begadang

Begadang sangatlah buruk untuk kesehatan. Usahakan untuk tidak begadang secara teratur, karena kurang tidur di malam hari dapat mempengaruhi kualitas tidur terlebih lagi jika pada akhirnya kamu mengalami gangguan Insomnia. Jika kamu perlu tidur siang, batasi durasinya seperti 20-30 menit. Tidur siang selama 20-30 menit akan meningkatkan fungsi otak. Jika kamu terlalu lama tidur siang akan mempengaruhi kesehatan dan juga kualitas tidur yang menurun. Kamu tidak perlu khawatir jika melakukan tidur siang yang cukup akan mengganggu waktu tidurmu di malam hari.

Dengan menerapkan tips-tips sederhana ini, kamu dapat memperbaiki kualitas tidur dan merasakan manfaat tidur yang nyenyak. Ingatlah bahwa tidur yang berkualitas adalah investasi dalam kesehatan EFriends, jadi berikanlah tubuh kamu pola tidur, waktu yang cukup bagi tubuh, dan pikiran kamu untuk beristirahat dengan baik. 

Di EF, selain belajar Bahasa Inggris kamu juga akan mempelajari banyak hal yang akan memberikanmu pengalaman dan pengetahuan yang mengesankan. Banyak juga aktivitas outdoor dan indoor yang bisa kamu lakukan dengan teman-teman kamu lho. Tentunya kamu akan ditemani dengan guru-guru yang profesional. Pasti seru dan dapat banyak pengalaman tak terlupakan! Yuk, tunggu apalagi? Segera daftar ya! Kesempatan terbatas!