Menu
menceritakan kembali
Reading and Writing

Suka Membaca Buku? Ini 8 Unsur dalam Cerita

tom thunder
Author
Tom Thunder
2024.02.22

Apakah EFriends suka bercerita atau menikmati membaca kisah-kisah menarik? Tahukah kamu bahwa di balik setiap cerita yang menghibur atau menginspirasi, terdapat unsur-unsur tertentu yang membuatnya begitu memikat? Nah, kali ini, Tom akan membahas 8 unsur penting dalam sebuah cerita. EFriends siap untuk mempelajari lebih dalam?

Yuk, coba kelas demo GRATIS!*

Mau kursus di EF? Coba kelas demo gratis* di EF center terdekatmu!

Incorrect phone number
Daftar Sekarang!

Dengan menekan tombol Daftar Sekarang, Anda menyetujui Kebijakan Privasi EF serta bersedia menerima penawaran dari EF.

*Syarat dan Ketentuan Berlaku

Setiap cerita bisa dipecah menjadi bagian-bagian penting yang membangunnya. Seperti jalan cerita, siapa yang menceritakan, sudut pandangnya, dan tempat kejadian cerita itu berlangsung. Unsur-unsur cerita ini membantu EFriends memahami "siapa", "apa", "di mana", "kapan", "mengapa", dan "bagaimana" dalam sebuah cerita. Jika cerita tidak menjawab salah satu dari pertanyaan ini, maka cerita tersebut akan terasa kurang lengkap.

membaca buku cerita

Plot (Alur)

Plot adalah kisah utama dalam sebuah cerita. Ini seperti rangkaian kejadian yang membawa cerita dari awal hingga akhir. Alur merupakan bumbu utama cerita! Mereka akan membawamu berputar-putar dalam petualangan yang penuh liku dan tak terduga. Dari awal yang memikat, hingga puncak klimaks yang mengguncang, dan akhir yang memuaskan, setiap isi dalam alur menambah rasa penasaran dan kegembiraan.

Narrator (Pencerita)

Narrator merupakan suara yang menceritakan cerita. Mereka bisa menjadi karakter dalam cerita (pencerita dalam POV orang pertama) atau mungkin orang ketiga yang mengobservasi peristiwa (pencerita dalam POV orang ketiga). Pencerita memengaruhi cara cerita disampaikan dan dipahami.

POV (Point of View/Pandangan Sudut)

Ini adalah sudut pandang dari mana cerita diceritakan. POV bisa menjadi orang pertama (I/me), orang kedua (you), atau orang ketiga (he/she/they). Lewat POV, EFriends bisa merasakan detik-detik berharga dalam cerita dengan sudut pandang yang berbeda-beda.

Apakah EFriends berada di sepatu karakter utama yang mengalami semua petualangan dalam cerita, atau mungkin sebagai pengamat yang bijaksana dari kejauhan, POV membawa kamu terbangun dalam dunia imajinasi!

Character (Karakter)

Karakter bisa disebut sebagai bintang utama dalam cerita! Dengan kepribadian yang beragam dan cerita latar yang kaya, mereka membuat EFriends terhubung, tertawa, menangis, dan berdebar-debar bersama-sama.

Dengan sifat unik, impian, dan konflik mereka, kita bisa merasakan kepedulian dan kebersamaan yang mengikat kita dengan mereka. Bersama mereka, EFriends belajar tentang cinta, keberanian, dan arti sebuah pengorbanan.

Conflict (Konflik)

Adanya konflik dalam cerita akan menambah bumbu dan drama yang membuat hati EFriends berdegup kencang. Dari pertarungan fisik hingga pertempuran batin sang pemeran utama, konflik membuat kamu penasaran dan ingin tahu apa yang terjadi selanjutnya.

Setting (Pengaturan)

Lewat setting, EFriends diundang untuk menjelajahi dunia baru yang begitu menakjubkan. Dari kota modern yang bercahaya hingga padang gurun yang tandus, setiap setting memberikan warna dan nuansa yang unik kepada cerita.

Bayangkan dirimu berjalan-jalan di tengah hutan yang lebat atau melayang di antara bintang-bintang di luar angkasa. Dengan adanya setting ini, mereka akan menciptakan tempat-tempat ajaib di mana cerita berlangsung, menambahkan warna-warni dan kesan yang tak terlupakan pada cerita yang kamu baca.

Theme (Tema)

Apa yang ingin EFriends pelajari dari cerita ini? Theme adalah inti dari cerita yang memancarkan kebenaran dan kebijaksanaan. Melalui cerita, EFriends belajar tentang nilai-nilai kehidupan, keberanian, persahabatan, dan arti sebuah pengorbanan. Tema memberikan makna dan kedalaman yang menginspirasi kamu untuk memahami kehidupan dengan lebih baik.

Language (Bahasa)

Language atau penggunaan bahasa adalah senjata utama seorang penulis dalam membawa kamu dalam perjalanan yang tak terlupakan. Dengan kata-kata yang indah, ritme yang memikat, dan gambaran-gambaran yang jelas, bahasa membangun dunia imajinasi yang hidup di dalam pikiran EFriends .

Sekarang, ketika kamu membaca buku atau menonton film kesayanganmu, coba perhatikan unsur-unsur di atas. Bagaimana alur ceritanya? Siapa penceritanya? Dari sudut pandang mana cerita itu diceritakan? Siapa karakter utamanya dan masalah apa yang mereka hadapi?

Dengan memahami unsur-unsur ini, kamu akan lebih bisa menikmati dan mengapresiasi setiap cerita yang kamu temui. Jadi, jangan ragu untuk menjelajahi dunia storytelling lebih dalam lagi!

Mau lebih lancar membaca dan bercerita dalam bahasa Inggris? Yuk belajar bahasa Inggris di EF. Ada banyak aktivitas menarik yang membuat belajar semakin menyeangkan. Ayo segera ikuti keseruannya dengan bergabung di kelas gratis EF bulan ini.