Menu
apa itu hattrick
Grammar and Vocabulary

Suka Bola? Ini 6 Istilah Formasi Sepak Bola dalam Bahasa Inggris

tom thunder
Author
Tom Thunder
2023.06.19

Kamu kenal Bambang Pamungkas? atau Lionel Messi? Wah, pasti kamu penggemar sepak bola! Saat menonton pertandingan pastinya sering mendengar istilah untuk menyebut nama pemain sepak bola seperti striker, winger, sampai hattrick... Istilah dalam sepak bola digunakan untuk menjelaskan peraturan hingga peran seorang pemain di dalam lapangan. Nah, kali ini Tom akan membahas mengenai istilah pemain sepak bola dalam bahasa Inggris. Yuk, simak penjelasannya lebih detail!

Yuk, coba kelas demo GRATIS!*

Mau kursus di EF? Coba kelas demo gratis* di EF center terdekatmu!

Incorrect phone number
Daftar Sekarang!

Dengan menekan tombol Daftar Sekarang, Anda menyetujui Kebijakan Privasi EF serta bersedia menerima penawaran dari EF.

*Syarat dan Ketentuan Berlaku

Soccer atau sepak bola adalah olahraga yang sangat populer di seluruh dunia. Pertandingan sepak bola biasanya dimainkan setiap tahun, setiap dua tahun atau setiap empat tahun sekali. Biasanya pertandingan sepak bola mempertemukan dua tim antar negara atau klub dari suatu negara. Seperti pertandingan Indonesia vs Argentina yang sedang ramai diperbincangkan.

Pada saat menonton sepak bola sering kali kita mendengar istilah-istilah yang tidak asing di telinga. Tapi, apakah kamu tahu maksud dari istilah tersebut?

Goalkeeper/Keeper

goal keeper

Pasti sangat sering mendengar istilah yang satu ini. Goalkeeper dalam bahasa inggris ini memiliki arti penjaga gawang atau kiper.  Salah satu kiper ikonik adalah Petr Čech yang selalu memakai head protection di setiap liganya.

Tugas dari goalkeeper ini adalah mencegah lawan mencetak bola ke gawangnya. Dalam adu penalti posisi ini memegang peranan yang sangat penting loh, karena goalkeeper yang paling bisa menentukan apakah sebuah tim menang atau kalah. 

Wah, ternyata kiper mempunyai tugas yang sangat penting ya!

Striker

striker

Striker adalah sebutan untuk penyerang. Seorang pemain yang ditunjuk sebagai striker ini biasanya ditempatkan di garis depan dengan tujuan agar bisa mencetak gol ke gawang lawan.

Posisi striker ini dibedakan menjadi 3 lho, penyerang tengah (center forward), penyerang bayangan (second striker), dan penyerang sayap (wing forward). Seorang striker pasti memiliki karakteristiknya sendiri-sendiri.

Beberapa striker handal dunia seperti, Lionel Messi, Christian Ronaldo, Pelé, Kylian Mbappé, dan masih banyak lagi.

Siapa yang ingin jadi hebat seperti mereka?

Midfielder

mildfielder

Beralih pada istilah sepak bola dalam Bahasa Inggris selanjutnya, ada midfielder atau center. Istilah ini digunakan untuk pemain tengah atau gelandang. Midfielder berdiri di antara penyerang dan bek. Tugas utamanya adalah mempertahankan bola dan memberikan bola kepada penyerang.

Sama seperti striker posisi midfielder ini juga memiliki beberapa posisi yaitu, gelandang bertahan, gelandang tengah, gelandang serang, dan gelandang sayap.

Pada masanya, David Beckham merupakan salah satu midfielder hebat yang bermain untuk klub besar seperti Manchester United, Real Madrid, LA Galaxy, dan AC Milan. David Beckam juga seorang pemain sepak bola nasional untuk negara Inggris lho. Luar biasa bukan?!

Baca juga : Kota di Inggris 🌎

Winger

winger

Selanjutnya ada winger. Winger adalah istilah yang digunakan untuk pemain sayap atau gelandang sayap. Pada saat bertanding, winger ditempatkan pada bagian sisi lapangan. Winger terdiri dari dua, left winger (sayap kiri) dan right winger (sayap kanan).

Seorang winger harus memiliki kecepatan berlari di atas rata-rata agar bisa menembus pertahanan lawan. Arjen Robben dan Franck Ribery merupakan salah satu winger handal saat membela Bayern Munich.

Defender

defender

Istilah dalam Bahasa Inggris satu ini adalah defender atau bek, yang digunakan untuk menyebut posisi pemain bertahan. Terletak pada bagian belakang lapangan, defender bertugas untuk menjaga pertahanan tim bersama penjaga gawang.

Ada empat jenis defender, yaitu bek tengah, bek sayap (full back/wing back), dan libero (sweeper). David Alaba merupakan defender yang mampu memerankan berbagai jenis defender. Alaba pernah memenangkan 10 gelar Bundesliga dan dua trofi Liga Champions. Wow, sungguh keren!

Hattrick

hattrick

Istilah sepak bola Bahasa Inggris berikutnya ada attrick. Sebutan bagi seorang pemain yang berhasil mencetak tiga gol dalam suatu pertandingan sepak bola. Apabila pemain mencetak lebih dari tiga, ada istilah baru lagi yang digunakan seperti quattrick, quintrex, double hattrick.

Taukah kamu siapa pemain sepak bola yang pernah melakukan hattrick?

Nah, itu dia istilah-istilah yang biasa digunakan dalam menyebut pemain sepak bola. Masih banyak istilah sepak bola dalam Bahasa Inggris yang bisa kamu pelajari. 

Kalau kamu ingin mengetahui dan belajar lebih banyak lagi mengenai istilah atau kosa kata dalam bahasa inggris lainnya, Tom ajak kamu untuk bergabung menjadi student EF! Selain mempelajari Bahasa Inggris kamu juga akan mendapat pengetahuan baru yang pastinya menarik untuk dipelajari. 

Tidak hanya belajar di kelas, EF juga punya banyak aktivitas outdoor yang akan menambah keterampilan dan keahlianmu dalam Bahasa Inggris. Ada berbagai kelas unggulan yang bisa kamu coba di EF bareng teman-teman kamu.

Pasti seru kan kalau bisa belajar bersama? Makanya ayo daftarkan diri kamu sekarang! Atau ikut kelas gratisnya di program Free Demo Class EF!