Menu
hari buku
News and Lifestyle

Suka Baca Buku? Ini Hari-Hari Besar yang Harus Kamu Tahu!

tom thunder
Author
Tom Thunder
2022.05.09

Hobi baca buku? Sudah tahu hari-hari besar apa saja yang berkaitan dengan buku? Jika belum, simak artikel di bawah ini sampai tuntas yuk! 😉

Yuk, coba kelas demo GRATIS!*

Mau kursus di EF? Coba kelas demo gratis* di EF center terdekatmu!

Incorrect phone number
Daftar Sekarang!

Dengan menekan tombol Daftar Sekarang, Anda menyetujui Kebijakan Privasi EF serta bersedia menerima penawaran dari EF.

*Syarat dan Ketentuan Berlaku

Bagi kamu si pecinta buku, sangat disayangkan jika kamu terlewat untuk memperingati hari-hari besar baca buku yang diadakan setiap tahunnya. Seperti yang kita tahu, hari-hari besar ini bertujuan sebagai peringatan atau momentum dalam mengenang sejarah lahirnya hari besar tersebut.

Sama halnya dengan hari-hari besar tentang buku, terdapat sejarah yang menjadi alasan kenapa kita perlu merayakannya. Bagaimana, sudah penasaran apa saja hari buku yang bisa kita rayakan Bersama? Let’s check this out!

Tolkien Reading Day – 25 Maret

buku tolkien

Apakah kamu pernah menonton film ‘Lord of The Ring’ dan ‘The Hobbit’? Ataukah mungkin kamu pernah membaca novelnya?

Bagi kaum millennials pasti sudah akrab dengan film atau novel tersebut. Di balik kisah ceritanya yang sangat keren terdapat penulis hebat, yaitu John Ronald Reuel Tolkien yang dikenal sebagai Bapak Literasi Fantasi Modern.

Karena karya-karya yang dibuat oleh J.R.R Tolkien sangat membekas di hati para penggemarnya, sejak tahun 2003 Tokien Society membuat momentum Tolkien Reading Day pada tanggal 25 Maret sebagai hari untuk memperingati lahirnya karya-karya sastra J.R.R Tolkien.

International Children’s Book Day– 2 April

hari buku anak sedunia

International Children’s Book Day merupakan salah satu hari buku yang sudah diperingati sejak tahun 1967. Ternyata pemilihan tanggal 2 April sebagai Hari Buku Anak Sedunia karena bertepatan dengan hari ulang tahun penulis dan penyair asal Denmark, Hans Christian Andersen. Ia juga merupakan seorang penulis dongeng terkenal karena karyanya yang bisa dibaca oleh anak-anak hingga orang dewasa.

Hari Buku Anak Sedunia ini bertujuan untuk meningkatkan tingkat literasi, termasuk menarik perhatian untuk baca buku anak-anak.  

World Book and Copyright Day – 23 April

hari buku sedunia

Mungkin kamu sudah tidak asing lagi dengan Hari Buku Sedunia karena setiap tanggal 23 April kita akan menemukan banyak sekali peringatan Hari Buku dan Hak Cipta Sedunia di sosial media.

Alasan diperingatinya World Book and Copyright Day ini yaitu untuk merayakan buku, penulis, serta meningkatkan kesenangan membaca bagi anak-anak muda. Tanggal 23 April ditetapkan sebagai Hari Buku dan Hak Cipta Sedunia karena bertepatan dengan tanggal kematian penulis terkenal dunia, seperti William Shakespeare, Inca Garcilaso da le Vega, dan Miguel de Cervantes.

National Book Day – 17 Mei

hari buku nasional

National Book Day atau Hari Buku Nasional yang selalu diperingati pada tanggal 17 Mei ini dilatar belakangi oleh kondisi bangsa Indonesia yang pada saat itu tingkat kebiasaan membacanya rendah. Hal ini karena masyarakat masih memiliki tradisi lisan atau percakapan Panjang dibandingkan menjawab informasi dengan membaca.

Harapan besar dalam momentum Hari Buku Nasional ini yaitu memperingatinya seperti Hari Valentine dengan membagikan buku kepada orang lain.

Oleh karena itu untuk merayakan hari spesial ini, yuk ajak teman-temanmu untuk baca buku sehingga tingkat minat baca masyarakat di Indonesia meningkat! 😉

International Literacy Day – 8 September

hari literasi internasional

International Literacy Day disebut juga sebagai Hari Aksara Internasional atau Hari Melek Huruf Internasional. Tujuan diadakannya hari buku ini adalah untuk memperingati pentingnya melek huruf atau literasi bagi setiap individu, komunitas, dan masyarakat.

Hari Aksara Sedunia juga bertujuan untuk memajukan agenda literasi yang berkelanjutan.

National Reading Movement Day – 12 November

hari gerakan nasional membaca

Sejak tanggal 12 November 2003, Megawati Soekarno Putri mencanangkan Hari Gerakan Nasional Membaca untuk mengejar ketertinggalan penyelenggaraan non-formal dan mengurangi tingkat buta aksara.

Tentunya Hari Gerakan Nasional Membaca ini diperingati untuk meningkatkan minat baca masyarakat karena dengan membaca kita dapat melihat luasnya dunia dari buku. Dalam artian, dengan baca buku maka wawasan kita tentang dunia menjadi lebih luas.

Kegiatan yang dapat kita lakukan dalam memperingati hari buku ini bisa dengan membaca buku favorit seperti novel, buku pendidikan, atau mungkin buku literatur berbahasa Inggris untuk meningkatkan kemampuan bahasa Inggris secara otodidak.

Namun jika kamu memerlukan guru profesional yang dapat mengajarkan kamu bahasa Inggris dengan cepat, maka kamu bisa mencoba kelas demo GRATIS dengan mengisi nomor telepon aktif pada formulir di halaman ini.

Sudah siap belajar bersama teman-teman di kelas? Yuk, DAFTAR sekarang juga! 😉