Menu
article
Grammar and Vocabulary

Sudah Tahu Penggunaan No Article dalam Bahasa Inggris?

tom thunder
Author
Tom Thunder
2023.01.30

Kamu pasti sudah familiar dengan article dalam bahasa Inggris. Tapi, tahukan kamu? Tidak semua kata benda bisa menggunakan article loh. Sebelumnya, kamu sudah tahu belum perbedaan antara penggunaan indefinite article a/an dengan definite article the? Yup, salah satunya adalah jika ‘the’ digunakan untuk kata benda yang sudah diketahui sebelumnya. Sedangkan ‘a/an’ digunakan untuk kata benda tunggal yang dapat dihitung.

Yuk, coba kelas demo GRATIS!*

Mau kursus di EF? Coba kelas demo gratis* di EF center terdekatmu!

Incorrect phone number
Daftar Sekarang!

Dengan menekan tombol Daftar Sekarang, Anda menyetujui Kebijakan Privasi EF serta bersedia menerima penawaran dari EF.

*Syarat dan Ketentuan Berlaku

Nah, bagaimana dengan perbedaan article dan no article? Jika artikel sebelumnya membahas mengenai article. Kali ini, kamu akan fokus dengan kata benda yang tidak menggunakan article. Pada benda apa saja kita tidak menggunakan article?

Yuk, simak artikel berikut!

1.Kata Benda Jamak atau Tak Terhitung

Kata benda jamak mengacu untuk kata benda dengan jumlah lebih dari satu, sedangkan kata benda tak terhitung kamu sudah tahu ya? Yup, kata benda yang tidak bisa dihitung, tetapi hanya untuk hal umum.

Contoh:

  1. I give her information about our plan (aku memberi tahunya informasi mengenai rencana kita). Information adalah kata benda tak terhitung (uncountable noun).

  2. It needs time that teachers could prepare everything for the new academic year (Butuh waktu agar para guru dapat mempersiapkan segalanya sebelum tahun ajaran baru). Teachers adalah Kata benda jamak ‘guru’ secara umum.

2. Kata Benda yang Tepat

Beberapa kata benda untuk penggunaan no articles ini sebaiknya kamu hafal. Ada apa saja?

Berikut daftarnya:

  1. Benua (Europe, Australia, Asia, Africa, dan sebagainya)

  2. Negara (Indonesia, Japan, Italy, dan sebagainya)

  3. Negara bagian (Michigan, Cambridgeshire, dan sebagainya)

  4. Kota (Paris, London, dan sebagainya)

  5. Gunung (Everest, Semeru, dan sebagainya)

  6. Danau (Lake Superior, Lake Pleasant, dan sebagainya)

  7. Perusahaan (Microsoft, Apple, Google, dan sebagainya)

  8. Nama tempat atau gedung yang melibatkan nama kota (Plaza Indonesia, Jakarta International Expo, dan sebagainya)

3. Waktu Makan Siang

Penjelasan untuk yang satu ini tentu saja tidak rumit. Pasti kamu bisa menebaknya. Saat waktu makan siang, kamu bisa menyatakan kata benda yang ingin kamu ucapkan tanpa article.

Contoh:

I have lunch at 13.00 with my friends. (Aku makan siang pukul 13.00 dengan teman-temanku)

4. Pada Ekspresi Umum setelah Preposisi

Kata benda apa saja yang tidak menggunakan article? To/at school/university, to/in class, in hospital/bed, dan sebagainya. Selain itu, kamu tidak boleh menggunakan article untuk beberapa ekspresi, seperti at home, at/to work, at night, by bus/bicycle/car/train/plane, on foot, dan sebagainya.

Di luar ekspresi tadi, kamu bisa tetap menggunakan article a/the, hanya jika kata benda tersebut memiliki obyek spesifik.

Contoh:

  1. When I was a youth, I used to walk to university. (Saat aku muda, aku terbiasa berjalan ke kampus/universitas)

  2. When I was a youth, I used to walk to the university beside central hospital in my town. (Saat aku muda, aku terbiasa berjalan ke kampus/universitas yang berada di samping rumah sakit di kotaku)


Itu dia kata benda yang tidak menggunakan article. Cukup mudah kamu pelajari bukan? Atau jangan-jangan kamu sudah hafal ya? Wah, hebat. Bicara mengenai article, kamu penasaran dengan grammar lainnya bukan?

Nah, Kamu bisa banget nih ikutan Free Demo Class EF! Gratis! Kapan lagi kamu bisa coba kelas gratis? Kamu akan didampingi oleh guru berpengalaman dan teman-teman yang seru. Yuk, coba kelasnya. Jangan sampai ketinggalan!😉

*Syarat dan Ketentuan berlaku
*Promo terbatas

Terakhir update artikel : 30-01-2023