Menu
produksi film
Grammar and Vocabulary

Sudah Tahu Kosakata Bahasa Inggris Tentang Film?

tom thunder
Author
Tom Thunder
2023.03.30

Credit scene? Script writer? Outtake? Di dunia perfilman memang banyak istilah Bahasa Inggris yang dipakai. Tom sudah rangkum beberapa kosakata Bahasa Inggris yang sering digunakan di industri perfilman, cek yuk! Ada surprise buat kamu juga di akhir artikel, loh.

Yuk, coba kelas demo GRATIS!*

Mau kursus di EF? Coba kelas demo gratis* di EF center terdekatmu!

Incorrect phone number
Daftar Sekarang!

Dengan menekan tombol Daftar Sekarang, Anda menyetujui Kebijakan Privasi EF serta bersedia menerima penawaran dari EF.

*Syarat dan Ketentuan Berlaku

Untuk kamu penikmat film garis keras atau sedang penasaran tentang dunia produksi film pasti sudah familiar dengan istilah-istilah yang sering digunakan seperti credit scene, shot, script, atau reading, kan? Atau jangan-jangan kamu masih bingung? Jangan bingung! Ini beberapa kosakata Bahasa Inggris tentang film yang bisa kamu hafalkan dan gunakan saat ngobrol seputar film bersama temanmu.

Post credit scene

Post-credit scene adalah sebuah klip/video singkat yang muncul di akhir film setelah credit scene. Post-credit scene biasanya berupa cuplikan komedi atau spoiler. Kalau kamu suka menonton film-film dari Marvel, pasti sudah hafal, ya.

Behind the scene

Behind the scene disingkat BTS adalah video yang sengaja direkam di luar alur cerita. Tujuannya sebagai dokumentasi proses pembuatan film.

Bloopers

Kalau BTS sengaja direkam untuk dokumentasi, bloopers adalah potongan adegan dimana sang aktor melakukan kesalahan, atau tidak sesuai dengan naskah.

Outtake

Outtake adalah sebuah adegan yang sudah direkam tapi tidak jadi digunakan saat proses editing akhir.

Reading

Reading dalam produksi film artinya adalah gladi resik dimana seluruh aktor, kru dan sutradara berkumpul untuk membaca naskah. Reading biasanya dilakukan beberapa kali sebelum proses shooting dilangsungkan.

Visual effect (VFX)

Seperti namanya, visual effect adalah penambahan unsur animasi pada sebuah film. Apakah kamu bisa menyebutkan judul film yang punya visual effect terbaik?

Sound effect (SFX)

Kalau ada visual effect, pasti ada juga sound effect. Sound effect adalah efek suara yang ditambahkan dalam adegan film untuk lebih menggambarkan suasana dalam adegan tersebut.

Clapper board

Saat menonton BTS pembuatan film pasti kamu sering melihat papan yang muncul di awal dan akhir pengambilan adegan. Papan itu dinamakan clapper board atau slate board. Gunanya sebagai penanda adegan yang sedang direkam agar editor mudah mengedit filmnya.

Script

Script atau naskah adalah rangkaian alur cerita dan dialog yang ditulis oleh script writer.

Cameo

Cameo adalah figuran, biasanya seorang aktor terkenal yang muncul di satu atau beberapa adegan dan perannya tidak terlalu penting.

Extra

Sama-sama figuran tapi beda dengan cameo. Kalau extra biasanya diperankan oleh aktor minor di adegan yang membutuhkan suasana orang atau keramaian.

Itu tadi beberapa contoh kosakata Bahasa Inggris tentang film. Sekarang sudah tidak bingung, kan? Kalau sudah paham, sekarang waktunya melancarkan Bahasa Inggrismu. Ada dua surprise yang bisa membantumu jago Bahasa Inggris, nih!

Surprise pertama yaitu Rekomendasi Film Terbaik Sambil Melancarkan Bahasa Inggris. Ada banyak pilihan film yang bisa kamu nikmati sekaligus belajar speech shadowing sendiri di rumah.

Surprise kedua yaitu promo kelas gratis di EF. Iya, kamu bisa belajar Bahasa Inggris gratis di EF agar semakin jago. Kamu akan dibimbing oleh guru-guru profesional dengan media pembelajaran yang interaktif dan beragam. Mau belajar Bahasa Inggris sambil nonton di bioskop? Boleh!

Menarik kan? Makanya, segera daftar sekarang!