Menu
reading comprehension
Reading and Writing

Strategi Jitu Meningkatkan Reading Comprehension

tom thunder
Author
Tom Thunder
2023.04.27

Sangat penting untuk punya kemampuan reading comprehension atau memahami bacaan, terutama teks Bahasa Inggris. Hal ini karena kehidupan kita tidak bisa lepas dari membaca. Mulai dari membaca buku pelajaran, tutorial, brosur iklan, novel, dan halaman sosial media. Bahkan dalam ujian kemampuan Bahasa Inggris, reading comprehension jadi salah satu kriteria penilaian. Lalu, bagaimana strategi untuk meningkatkan reading comprehension?

Yuk, coba kelas demo GRATIS!*

Mau kursus di EF? Coba kelas demo gratis* di EF center terdekatmu!

Incorrect phone number
Daftar Sekarang!

Dengan menekan tombol Daftar Sekarang, Anda menyetujui Kebijakan Privasi EF serta bersedia menerima penawaran dari EF.

*Syarat dan Ketentuan Berlaku

Reading comprehension adalah kemampuan untuk mengolah teks tertulis, memahami maknanya baik implisit atau eksplisit, dan mengintegrasikan dengan apa yang sudah diketahui oleh si pembaca. Maka dari itu, saat kamu mengerjakan ujian kemampuan Bahasa Inggris seperti TOEFL, TOEIC atau IELTS, akan ada teks Bahasa Inggris yang harus kamu baca dan pahami maksudnya. Siapa yang masih kesulitan kalau sudah masuk ke bagian ini?

Memahami teks, terutama teks bahasa inggris bisa dibilang bukan hal mudah ya teman-teman. Ada beberapa faktor yang bisa membuat seseorang kesulitan memahami sebuah teks, diantaranya:

  • Lebih menyukai gaya belajar yang berbeda

  • Tidak tertarik dengan membaca atau menulis

  • Tidak punya pengetahuan kontekstual yang diperlukan untuk memahami teks

  • Sulit fokus pada kata-kata yang dibaca sehingga melewatkan poin pentingnya

  • Mengidap disleksia sehingga mempersulit pemahaman materi tertulis

Sebenarnya, memahami teks Bahasa Inggris bisa jadi lebih mudah kalau kamu tahu strateginya. Berikut ini beberapa strategi yang bisa mulai kamu gunakan agar bisa meningkatkan kemampuan reading comprehension. Yuk simak!

1. Memperkaya vocabulary

Iya, dengan memperkaya kosakata Bahasa Inggris, kamu jadi tahu apa artinya sebuah kata dan akhirnya bisa memaknainya. Untuk memperkaya koasakata Bahasa Inggris bisa kamu lakukan dengan main game atau kuis kosakata, memanfaatkan flashcard, membuat daftar catatan tentang kata-kata yang tidak kamu pahami, lalu cari artinya di kamus, dan masih banyak lagi.

2. Mengandalkan konteks

Kalau kamu tidak memahami kosakatanya, masih ada cara lain kok. Kamu bisa memahaminya lewat petunjuk dari konteks kalimat. Kamu bisa temukan dengan membaca kalimat di sekitarnya lalu fokus pada ide pokok dari kalimat itu.

3. Membagi bacaan dalam bagian kecil

Kalau kamu kesulitan membaca teks panjang sekaligus, coba bagi menjadi bagian kecil dulu. Misalnya saat membaca sebuah artikel, coba baca dua paragraf lalu pahami dan temukan ide pokoknya, baru lanjutkan membaca bagian berikutnya. Dengan begitu, kamu tidak akan kewalahan untuk membaca.

4. Buat ringkasan

Strategi ini sangat membantu kalau kamu sedang belajar. Buatlah ringkasaan dari apa yang kamu baca dengan mencari ide pokok dari tiap paragraf, lalu tulis kembali menggunakan bahasamu sendiri agar lebih mudah dipahami. Dengan membuat ringkasan, kamu jadi tahu apakah kamu sudah benar-benar memahami apa yang kamu baca.

5. Buat pertanyaan dari teks yang dibaca

Buatlah pertanyaan dari apa yang sedang dibaca. Dengan membuat pertanyaan, pemahamanmu bisa jadi semakin dalam, loh. Kamu bisa ajukan pertanyaan terbuka yang dimulai dengan what, why atau how.

6. Bacalah sesuai kemampuanmu

Untuk mengasah reading comprehension, kamu harus terbiasa untuk membaca. Bangun kebiasaan membacamu sendiri dan jangan membandingkan dirimu dengan temanmu karena kemampuan dan kecepatan setiap orang berbeda. Yang penting kamu harus konsisten. Kecepatan membaca bisa dilatih seiring waktu.

Kalau kamu ingin cepat memahami teks Bahasa Inggris secara mandiri, kamu bisa coba keenam strategi di atas ya! Tapi kalau kamu ingin punya teman belajar Bahasa Inggris dan diajari langsung oleh guru profesional, kamu bisa ikut kelas Bahasa Inggris di EF. Kamu akan belajar Bahasa Inggris sambil bermain permainan yang seru dan anti bosan! Ingin mencoba pengalaman belajar Bahasa Inggris ala EF? Yuk ikut kelas gratis sekarang! Cukup daftar dengan nomor handphone lalu datang ke EF Center di kotamu untuk ikut kelasnya.