Menu
time blocking
Education Advice

Stop Procrastination, Berhenti Menunda Pekerjaan Pakai Cara Ini

tom thunder
Author
Tom Thunder
2024.02.27

Siapa yang suka menunda pekerjaan? Entah menunda karena malas atau karena ada hal lain. Menunda alias procrastinate adalah kebiasaan yang kurang bagus, EFriends. Saat kamu menunda pekerjaan, ada kemungkinan pekerjaanmu akan menumpuk dan akhirnya kamu kewalahan. Ikuti tips ini untuk menghilangkan rasa malas dan berhenti menunda pekerjaan.

Yuk, coba kelas demo GRATIS!*

Mau kursus di EF? Coba kelas demo gratis* di EF center terdekatmu!

Incorrect phone number
Daftar Sekarang!

Dengan menekan tombol Daftar Sekarang, Anda menyetujui Kebijakan Privasi EF serta bersedia menerima penawaran dari EF.

*Syarat dan Ketentuan Berlaku

Sebelum Tom mengulik cara menghilangkan rasa malas dan keingunan untuk menunda pekerjaan, ada satu pertanyaan yang perlu dijawab. Kenapa ada orang yang suka menunda pekerjaan?

Beberapa alasan kenapa ada orang yang suka menunda pekerjaan biasanya disebabkan oleh:

1. Takut gagal

2. Kewalahan dengan tugas atau pekerjaan yang banyak dan besar

3. Terlalu perfeksionis

4. Sedang tidak ada motivasi

5. Banyak distraksi

Hayo, siapa EFriends yang suka menunda pekerjaan karena alasan-alasan di atas? Setelah membaca tips-tips di bawah ini, semoga kamu jadi lebih rajin dan tidak menunda-nunda pekerjaan lagi ya.

procrastinating

1. Bagi pekerjaanmu jadi bagian kecil yang lebih mudah dikerjakan

Tips pertama ini memang terlihat mudah, tapi sebenarnya cukup tricky. Memecah tugas besar jadi lebih kecil akan membuatmu tidak merasa kewalahan. Misalnya saat kamu mendapat tugas membuat makalah, kamu bisa membaginya jadi: mencari referensi, membuat kerangka, mengerjakan tiap sub-bab.

2. Terapkan sistem time blocking

Time blocking adalah sebuah strategi manajemen waktu dimana kamu membuat jawal berdasarkan waktu. Jadi, di waktu yang sudah kamu tentukan, kamu tidak bisa melakukan hal lain. Misalnya jam 19:00 sampai 20:30 adalah waktu untuk mengerjakan tugas makalah.

3. Gunakan teknik pomodoro

Agar kamu lebih produktif, kamu bisa gunakan teknik Pomodoro dalam jadwal time blocking-mu supaya waktu fokus dan waktu istirahat bisa dibagi dengan jelas.

4. Buat skala prioritas dan deadline

Tidak semua pekerjaan dan tugas punya tingkat kepentingan yang sama, EFriends. Saat kamu mendapat tugas atau pekerjaan baru, identifikasi prioritasnya dan buat alokasi jadwal kapan pekerjaan tersebut harus diselesaikan. Misalnya tugas matematika lebih penting daripada tugas membuat makalah karena tugas matematika harus dikumpulkan besok.

5. Temukan alasan kenapa pekerjaan tersebut harus dilakukan

Identifikasi tujuan dari pekerjaan yang harus kamu lakukan. Kenapa harus dilakukan? Apa pentingnya? Dengan begitu, kamu bisa termotivasi untuk mendahulukannya daripada bersantai.

6. Singkirkan semua distraksi

Terdengar klise, tapi memang benar. Semakin banyak distraksi, semakin banyak godaan untuk menunda pekerjaan. Masukkan hewan peliharaanmu ke kandang, kunci kamarmu, dan nyalakan mode fokus di smartphone-mu.

7. Jangan lupa self-reward

Berikan hadiah kecil pada diri sendiri saat berhasil menyelesaikan satu tugas. Cara ini membuat pekerjaan jadi lebih menyenangkan dan mempertahankan motivasi.

8. Gunakan prinsip Eat the Frog, utamakan yang paling susah

Ini adalah satu prinsip sederhana untuk mulai mengerjakan sesuatu dari yang paling susah. Saat hal yang susah sudah berhasil diselesaikan, mengerjakan hal yang lebih gampang jadi terlihat jauh lebih mudah.

Nah, itu tadi beberapa tips supaya kamu tidak lagi menunda pekerjaan dan bisa lebih rajin saat ada tugas atau pekerjaan lain. Ingat, hidup nggak cuma tentang kerja keras, tapi juga tentang cara kita menikmati prosesnya. Semoga tips di atas bisa membantu kamu semua untuk jadi lebih produktif dan bahagia ya EFriends!

Kalau kamu mau belajar bahasa Inggris sampai bisa jadi jago seperti native speaker, kamu bisa ikut belajar di EF. Kamu akan didampingi guru-guru internasional, membuat praktik speaking jadi lebih menyenangkan.

Penasaran? Kamu bisa intip keseruannya lewat program kelas percobaan gratis yang tersedia di seluruh sekolah EF di Indonesia. Untuk mendaftar, kamu hanya perlu mengisi nomor HP di form yang ada di atas. Mudah kan? Yuk daftar sekarang!