Menu
istilah bahasa Inggris
Grammar and Vocabulary

Singkatan Asing yang Sering digunakan dalam Bahasa Inggris

tom thunder
Author
Tom Thunder
2023.11.08

Kalian pasti pernah menemukan salah satu kata asing seperti RSVP, etc. atau et al. dalam sebuah bacaan bahasa Inggris. Kata-kata tersebut merupakan singkatan yang diserap dari bahasa asing seperti bahasa Latin. Apakah kamu pernah merasa bingung tentang apa artinya? Jangan khawatir! Tom akan membahasnya disini untukmu, supaya kamu tidak bingung saat membacanya.

Yuk, coba kelas demo GRATIS!*

Mau kursus di EF? Coba kelas demo gratis* di EF center terdekatmu!

Incorrect phone number
Daftar Sekarang!

Dengan menekan tombol Daftar Sekarang, Anda menyetujui Kebijakan Privasi EF serta bersedia menerima penawaran dari EF.

*Syarat dan Ketentuan Berlaku

Bahasa Inggris juga memiliki istilah serapan dari bahasa lain untuk mengekspresikan ide atau hal tertentu. Frasa-frasa dan singkatan tersebut memiliki arti khusus yang wajib kamu ketahui. Sebenarnya apa sih kepanjangannya? Apa maknanya? Daripada penasaran, simak jawabannya di bawah ini.

i.e. (id est)

id est

Kamu mungkin sering melihat "i.e." dalam bacaanmu. Singkatan ini memiliki kepanjangan id est yang berarti "this is" dalam Bahasa Inggris atau "yaitu/yakni/adalah" dalam bahasa Indonesia "i.e." ini berasal dari bahasa Latin dan digunakan untuk menjelaskan lebih lanjut tentang apa yang telah disebutkan sebelumnya. "i.e." termasuk ke dalam Latin Abbreviations atau singkatan bahasa latin. Contohnya adalah:

"He works the night shift, i.e., from 6 pm to 10 pm"
"Dia bekerja di malam hari, yaitu dari jam 6 malam sampai jam 10 malam."

et al. (et alia)

et alia

Selanjutnya adalah "et al." yang berasal dari bahasa Latin dan singkatan dari "et alia," yang artinya "dan kawan-kawan" Singkatan ini digunakan dalam penulisan ilmiah atau akademis untuk mengacu pada penulis lain yang tidak disebutkan secara spesifik. Contohnya adalah:

"Smith, J., Johnson, M., et al. (2018). The Effects of Climate Change on Biodiversity."
"Smith J, Johnson M, dkk (2018) Dampak Perubahan Iklim terhadap Keanekaragaman Hayati."

etc. (et cetera)

etc

Seringkali kita menggunakan "etc." untuk singkatan dari "et cetera", yang berarti "dan lain sebagainya.." Sama seperti "i.e." yang termasuk ke dalam Latin Abbreviations., etc digunakan untuk menyiratkan bahwa ada banyak hal lain yang tidak disebutkan secara eksplisit. Supaya tidak bingung, di bawah ini adalahnya contohnya:

"I need to buy groceries like milk, eggs, bread, etc."
"Aku perlu membeli barang-barang seperti susu, telur, roti, dan sebagainya."

VS (versus)
versus

"VS" adalah singkatan dari "versus," yang berarti "melawan" atau "berlawanan dengan." Singkatan ini sering digunakan dalam konteks pertandingan atau perbandingan, seperti "Team A vs. Team B." Berikut contohnya:

"The match is Liverpool vs. Manchester United."
"Pertandingannya adalah Liverpool melawan Manchester United."

RSVP (Répondez s'il vous plaît)

rsvp

RSVP adalah singkatan dari frasa Prancis "Répondez s'il vous plaît," yang artinya "tolong balas." Ini sering digunakan dalam undangan untuk meminta tamu untuk mengkonfirmasi kehadiran atau ketidakhadiran mereka. Contohnya adalah:

"Please RSVP by Friday if you can attend the party."
"Tolong konfirmasi kehadiranmu sebelum Jumat jika kamu bisa datang ke pesta."

Vice Versa
vice versa

"Vice versa" adalah istilah yang digunakan untuk mengindikasikan bahwa situasi atau pernyataan yang telah dibuat sebelumnya juga berlaku sebaliknya. Contoh di bawah ini:

"Elise helps Tom with English, and Tom helps Elise with math; it's vice versa."
"Elise membantu Tom dengan bahasa Inggris, dan Tom membantu Elise dengan matematika; begitu juga sebaliknya."

Vox Populi

vox populi

Terakhir ada "vox populi" yang termasuk ke dalam frasa Latin dan berarti "suara rakyat." Ini digunakan untuk merujuk pada pandangan atau pendapat yang paling umum atau populer di kalangan masyarakat. Contohnya:

"The decision was made based on vox populi."
"Keputusan itu diambil berdasarkan suara rakyat."

Jadi, itulah beberapa contoh frasa asing yang sering digunakan dalam bahasa Inggris sehari-hari. Sekarang, kamu tidak perlu lagi bingung saat menemui frasa-frasa ini dalam bacaanmu.

Kamu ingin meningkatkan kemampuan reading dan speaking dalam Bahasa Inggris? Jika iya, kamu bisa menjadi EF Student untuk meningkatkan level bahasa Inggris supaya semakin meningkat.

Oiya, kamu juga bisa mencoba kelas demo GRATIS dan belajar bersama guru yang luar biasa hebat dan teman-teman kelas yang asik. Jadi, tunggu apa lagi?

Tom tunggu di kelas ya!