Menu
self-love
News and Lifestyle

Self Love, Belajar Mencintai Diri Sendiri

tom thunder
Author
Tom Thunder
2023.02.24

Apakah kamu pernah mendegar self-love? Mungkin istilah ini masih asing terdengar di telingamu. Namun, seiring berjalannya waktu, ternyata istilah self-love sudah mulai diketahui oleh public loh. Apa itu self-love?

Yuk, coba kelas demo GRATIS!*

Mau kursus di EF? Coba kelas demo gratis* di EF center terdekatmu!

Incorrect phone number
Daftar Sekarang!

Dengan menekan tombol Daftar Sekarang, Anda menyetujui Kebijakan Privasi EF serta bersedia menerima penawaran dari EF.

*Syarat dan Ketentuan Berlaku

Kalau kedua kata tersebut dipisah, self artinya diri sendiri dan love artinya mencintai. Lalu kalau keduanya digabung apakah menjadi mencintai diri sendiri? Yup, sesuai dengan arti kata tersebut, self-love adalah mengenali diri sendiri, baik kelebihan, maupun kekurangan dan kalau sudah kenal, kita akan lebih mencintai diri sendiri dan kita akan lebih menikmati kehidupan itu sendiri.

Coba kamu bayangkan, jika seseorang membenci dirinya sendiri. Ia tidak akan menikmati hari-harinya dan emosi yang ada pada dirinya adalah emosi negatif, seperti kesal, marah, iri, dan lain sebagainya. Perasaan tersebut tentu akan membuat kamu semakin lelah.

Lalu, bagaimana cara agar kita memiliki self-love? Yuk simak artikel ini!

1. Menjaga diri sendiri

self-awareness

Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah kenali dirimu sendiri. Kamu tahu kelebihan dan kekurangan, tahu apa yang kamu suka dan tidak suka. Setelah kamu benar-benar mengenali diri sendiri. Kamu tahu apa yang harus kamu lakukan untuk menjaga diri. Contohnya, kamu mudah sakit. Dengan kamu tetap berolahraga, konsumsi makanan dan minuman bergizi, minum vitamin, dan sebagainya, kamu bisa menjaga dirimu sendiri agar tetap sehat.

2. Menjauhi lingkungan toxic

lingkungan-toxic

Kamu tahu apa itu lingkungan toxic? Singkatnya, lingkungan toxic adalah lingkungan yang negatif dan memungkinkan kamu untuk tidak berkembang. Contohnya adalah ketika kamu memiliki teman yang justru membuat kamu hilang semangat, atau teman yang selalu membanding-bandingkan orang lain. Berbeda dengan teman yang baik, mereka pasti akan tetap mendukungmu, tetap bertumbuh bersama, dan bisa kita sebut produktif. Kalau kamu bahagia, mereka juga akan bahagia.

3. Bersyukur dan berpikir positif

positive-thinking

Apa pun yang terjadi di hidupmu, sudah sepatutnya kamu syukuri. Ketika kamu sedang merasakan emosi tertentu, seperti sedih, marah, dan senang. Jangan terlalu berlebihan ya. Tetap terima semua keadaan tersebut. Dengan bersyukur dan berpikir positif, energi yang kamu hasilkan juga akan positif, untukmu dan orang di sekelilingmu.

4. Mencari definisi kebahagiaan diri sendiri

kebahagiaan

Apakah dengan kamu memiliki banyak mainan kamu akan bahagia? Kalau iya, belum tentu orang lain merasakan hal yang sama loh. Setiap orang pasti memiliki rasa senang tersendiri dan tentu berbeda. Misalnya kamu suka koleksi mainan, sedangkan temanmu hanya dengan makan es krim atau coklat sudah sangat senang.

5. Mengekpresikan dan percaya diri

ekspresif

Selain di sekolah, apa kamu memiliki kegiatan lain? Misalnya les bahasa Inggris, ikut kelas berenang, kelas musik, dan lain sebagainya. Jika iya, hal itu normal kok. Bahkan bagus loh. Kamu bisa melakukan apa yang kamu suka, selagi hal tersebut memiliki dampak positif untuk dirimu. Selalu percaya akan kemampuan diri sendiri ya. Salah itu wajar, tapi kamu jadi bisa. Dari pada tidak mencoba sama sekali, kamu tidak akan tahu rasanya.

6. Tidak membandingkan diri dengan orang lain

stop

Jangan membandingkan diri, karena setiap orang itu berbeda dengan karakternya masing-masing. Tetap saling menghormati dan saling menghargai satu sama lain. Kamu hebat dengan versi dirimu sendiri. Orang lain juga hebat dengan versi diri mereka sendiri.

7. Konsisten

consistent

Setelah kamu mulai menjalankan keenam point di atas, teruslah konsisten melakukan hal tersebut. Memulai itu mudah, yang sulit itu mempertahankannya. Kalau kamu bisa tetap konsisten, wah hebat! Kamu keren!


Kapan kamu menerapkan self-love? Yuk, mulai dari sekarang isi hari-harimu dengan kegiatan positif dan bermanfaat. Misalnya adalah dengan ikut kelas bahasa Inggris. Pas banget nih, EF Kids & Teens punya Kelas Gratis loh!

Dengan mencoba kelas gratis EF, kamu bisa langsung didampingi oleh guru berpengalaman dan native! Tentu dengan berbagai materi yang menyenangkan dan asyik. Isi no hpmu di kolom yang tertera pada halaman ini dan nikmati berbagai promo menarik lainnya! Tom tunggu di kelas ya 😉

*Syarat dan Ketentuan berlaku
*Promo terbatas

Terakhir update artikel : 24-02-2023