Menu
Sebutan Dokter dalam Bahasa Inggris
Grammar and Vocabulary

Sebutan Dokter dalam Bahasa Inggris

Ben Small Stars
Author
Ben
2021.10.08

Ketika sedang berkunjung ke rumah sakit, pasti kita akan melihat papan nama yang tertera di setiap ruangan dokter atau di depan pintunya. Apa sih gunanya papan nama tersebut? Sebenarnya, apa bahasa Inggrisnya dokter gigi, dokter umum, dokter bedah, dan lain-lain?

Seperti yang telah kita tahu, dokter yang ada di rumah sakit bukan hanya dokter umum saja. Ada banyak dokter spesialis seperti dokter mata, dokter kandungan, dan masih banyak yang lainnya. Kegunaan dari papan nama tersebut adalah agar pasien mengetahui di mana tempat mereka untuk berkonsultasi dengan dokter spesialisnya sesuai dengan keluhan yang dirasakan.

Jika sebutan dokter spesialis dalam bahasa Indonesia sudah umum kita ketahui, apakah kamu tahu sebutan dokter dalam bahasa Inggris? Kalau belum, yuk simak artikel ini sampai tuntas! πŸ˜‰

HORE! Kamu dapat kelas demo GRATIS!

Isi data dirimu pada kolom di bawah ini, dan dapatkan kesempatan untuk mendapat voucher kelas demo GRATIS!* Buruan, penawaran terbatas!

Incorrect phone number
Daftar Sekarang!

Dengan menekan tombol Daftar Sekarang, Anda menyetujui Kebijakan Privasi EF serta bersedia menerima penawaran dari EF.

*Syarat dan Ketentuan Berlaku

1. General Practitioner

Pasti di antara kamu sudah mengetahui general practioner. Yaps, betul sekali! Ini adalah sebutan untuk dokter umum dalam bahasa Inggris.

Biasanya pasien yang berkonsultasi ke dokter umum memiliki gejala-gejala penyakit umum seperti demam, batuk, sakit perut, dan yang lainnya.

2. Pediatric

Pediatric adalah sebutan untuk dokter spesialis anak dalam bahasa Inggris. Dokter ini khusus memeriksa penyakit pada anak dari baru lahir sampai usia 18 tahun.

3. Dentist

Ada pepatah yang bilang bahwa lebih baik sakit gigi dari pada sakit hati. Hmmm, apakah benar?

Nah, jika kamu sudah memiliki keluhan atau masalah pada gigi, kamu bisa berkunjung ke dentist atau dokter gigi ya, bukan dokter hati. πŸ˜‚

4. Nutritionist

Nutritionist merupakan tenaga spesialis yang akan memberikan saran dan informasi terkait gizi kepada pasien.

Selain itu, ahli gizi di rumah sakit bertugas untuk menjaga asupan gizi pada pasien yang sedang rawat inap dengan menyiapkan panduan menu sesuai dengan kondisi yang dialaminya.

5. Ophthalmologist

Sebutan ophthalmologist dalam bahasa Indonesia adalah dokter spesialis mata. Dokter ini akan membantu pasien yang mengalami keluhan terkait organ mata.

Akan lebih baik jika kita memiliki mata yang sehat. Oleh karena itu, jaga kesehatan mata kita yuk!

6. Neurologist

Dokter spesialis saraf atau neurologist merupakan dokter khusus yang akan menangani keluhan pasien terkait dengan sistem saraf.

Keluhan yang biasa dimiliki pasien yang berkaitan dengan saraf biasanya termasuk masalah pada otot, saraf tepi, saraf tulang belakang, dan juga otak.

7. ENT Specialist

ENT merupakan singkatan dari Ear, Nose, dan Throat. Sesuai namanya, dokter ini spesialis dalam menangani pasien yang memiliki masalah pada telinga, hidung, dan tenggorokan. Dalam bahasa Indonesia kita juga mengenalnya sebagai dokter spesialis THT.

8. Internist

Internist atau dokter spesialis penyakit dalam ini berperan untuk menangani penyakit dalam pada pasien. Selain itu, internist juga akan memberikan rekomendasi perawatan yang tepat dan membagikan cara untuk menjaga kesehatan agar dapat mencegah penyakit tertentu.

9. Radiologist

Sesuai dengan namanya, dokter radiologi fokus dalam pemeriksaan radiologi untuk mendiagnosis atau mendeteksi penyakit serta mengobatinya berdasarkan prosedur pencitraan seperti rontgen, CT scan, MRI, hingga USG.

10. Anesthetic

Ketika pasien akan melakukan operasi atau prosedur medis lainnya yang memerlukan anestesi, dokter spesialis anestesi ini lah bertanggung jawab untuk memberikannya kepada pasien.

Nah sekarang kamu sudah mengetahui 10 sebutan dokter dalam bahasa Inggris.

Apakah kamu ingin mempelajari lebih banyak istilah medis atau kosa kata lainnya dalam bahasa Inggris? Yuk ikut kelas demo GRATIS di EF. Kamu juga akan mendapatkan promo menarik di setiap bulannya, loh!

Jadi, tunggu apa lagi? Daftar sekarang, yuk! πŸ˜‰

Ben Small Stars
Author
Ben