Menu
fungsi kelas kata bahasa inggris
Reading and Writing

Seberapa Penting Kelas Kata? Buat Tulisanmu Semakin Eye Catching

tom thunder
Author
Tom Thunder
2022.12.12

Pernahkah Kamu merasa ragu ketika menulis atau berbicara dalam Bahasa Inggris? Penggunaan Bahasa Inggris mungkin akan tetap tidak sempurna, meskipun sudah belajar melalui berbagai kanal, seperti Youtube, menonton film, belajar di sekolah. Namun, Kamu tidak perlu khawatir, Kamu bisa lebih giat mempelajari tata bahasa atau grammar, di mana salah satu bagian dari grammar adalah kelas kata.

Yuk, coba kelas demo GRATIS!*

Mau kursus di EF? Coba kelas demo gratis* di EF center terdekatmu!

Incorrect phone number
Daftar Sekarang!

Dengan menekan tombol Daftar Sekarang, Anda menyetujui Kebijakan Privasi EF serta bersedia menerima penawaran dari EF.

*Syarat dan Ketentuan Berlaku

Nah, mungkin Kamu sudah tak asing dengan delapan kelas kata atau dalam Bahasa Inggris disebut dengan part of speech. Tapi, Kamu sudah tahu belum nih seberapa penting kelas kata dalam Bahasa Inggris? Pasalnya kelas kata ini sangat penting, karena setiap kelas kata memiliki fungsi berbeda. Kalau salah, bisa malu lho. Lalu, mengapa kelas kata itu penting? Apa saja fungsinya? Yuk, simak artikel berikut!

reading

1. Melambangkan Pemikiran atau Ide

Tahukah Kamu? Ketika Kamu sedang memikirkan sesuatu, ide itu hanya ada di dalam kepalamu saja. Sehingga, untuk menyampaikan pemikiranmu,ย  Kamu harus berbicara agar maksud atau pesanmu tersampaikan kepada lawan bicara. Nah, pada saat Kamu berbicara, pastinya akan mengandung sebuah kalimat dan kalimat tersebut terdiri dari berbagai kelas kata yang wajib Kamu ketahui klasifikasinya.

2. Membentuk Struktur Kalimat

Kalau tadi Kamu sudah sampaikan pemikiranmu, terkadang jika tidak dijelaskan lebih lanjut, lawan bicaramu akan bingung. Maka dari itu, struktur kalimatmu harus jelas. Kamu harus tahu penempatan subyek, objek, kata kerja, dan kelas kata lainnya dalam kalimat yang ingin kamu utarakan. Tentunya sesuai dengangrammarnya ya.

3. Membentuk Gaya Pengungkapan

Selain mengungkapkan makna, kelas kata juga berfungsi untuk mengungkapkan berbagai jenis ekspresi, termasuk jenis komunitas. Misalnya, ketika Kamu berbicara dalam rapat pemerintahan dengan berbicara dengan teman. Pasti cara menyampaikan idemu sangat berbeda. Dalam rapat pemerintah, Kamu harus berbicara secara resmi. Sedangkan, dengan teman, bahasamu akan lebih tidak resmi.

4. Mengungkapkan Berbagai Sikap

Tak hanya ekspresi nyata, Kamu juga bisa menyatakan berbagai sikap sebagai respon akan sesuatu melalui sebuah kalimat atau ujaran. Apakah setuju, tidak setuju, dan sikap lainnya.


Itu dia beberapa fungsi kata yang wajib Kamu ketahui sebelum menulis dan berbicara dalam Bahasa Inggris. Tulisanmu akan semakin eye catching, karena kalimat yang kamu rangkai dan cara bicaramu akan lebih terstruktur. Apalagi Bahasa Inggris, strukturnya lebih kompleks lho.

Bagaimana? Masih menyepelekan kelas kata? Pelan-pelan bisa kok kamu pelajari lebih detail. Caranya dengan bergabung di Free Demo Class EF! Tunggu apalagi? Ayo, ambil kuotamu! Jangan sampai kehabisan ya.