Menu
kamus bahasa inggris
Grammar and Vocabulary

Rekomendasi Kamus Bahasa Inggris Terlengkap

2020.09.03

Saat menemukan kata bahasa Inggris yang tidak kamu ketahui, apa yang akan kamu lakukan? Pasti jawabannya adalah membuka kamus. Apakah kamu memiliki kamus bahasa Inggris? Artikel kali ini akan memberikan rekomendasi beberapa kamus bahasa Inggris terlengkap yang harus kamu punya!

Kamus merupakan hal penting ketika kamu sedang belajar sebuah bahasa. Karena setiap bahasa memiliki jumlah kosakata yang sangat berlimpah. Bahkan orang yang sudah mahirpun, masih membutuhkan kamus. Selain kamus dalam bentuk buku, di jaman yang serba canggih ini, kamu bisa mendapatkan kamus secara online dan gratis.

Kira-kira apa saja kamus bahasa Inggris terlengkap yang harus kamu gunakan? Berikut ini rekomendasinya!

HORE! KAMU DAPAT KELAS DEMO GRATIS!

Isi data dirimu pada kolom di bawah ini, dan dapatkan kesempatan untuk mencoba kelas demo, GRATIS!

Incorrect phone number
Daftar Sekarang!

Dengan menekan tombol Daftar Sekarang, Anda menyetujui Kebijakan Privasi EF serta bersedia menerima penawaran dari EF.

*Syarat dan Ketentuan Berlaku

Kamus Inggris-Indonesia (John M. Echols dan Hassan Shadily)

Kamus Inggris Indonesia karya John M. Echols dan Hassan Shadily mungkin merupakan salah satu buku kamus yang paling dikenal di Indonesia. Kamus ini terlahir berkat kolaborasi Profesor John bersama Hassan Shadily, yang sebelum berkecimpung dalam bidang ini, pernah berprofesi sebagai pewarta dan memiliki wawasan bahasa Inggris yang sangat baik.

Sampai saat ini, Kamus Inggris-Indonesia telah dicetak ulang berulang kali dan merupakan buku kamus paling laris yang dijadikan acuan oleh sekolah-sekolah di seluruh Indonesia.

Merriam-Webster (Noah Webster, G & C Merriam Co.)

Pernahkah kamu kesulitan saat mencari suatu kata karena kamu tidak tahu cara mengejanya? Tidak masalah, karena kamus Merriam-Webster dapat mencarikanmu etimologi sebuah kata.

Merriam-Webster termasuk kamus bahasa Inggris terlengkap yang dapat memberikan arti, sinonim, antonim hingga pilihan vocabulary yang dapat menjadi alternatif sebuah kata dengan jitu.

Kamus ini kini juga tersedia secara daring, dan banyak digunakan sebagai acuan para penulis dalam mencari alternatif atau maksud sebuah kata.

Oxford English Dictionary

Kamu baru belajar bahasa Inggris? Maka lebih kamu juga memiliki sebuah kamus yang dapat dijadikan acuan utama. Oxford English Dictionary memberikan kemudahan itu melalui penjelasannya mudah dimengerti, terdapat persamaan kata, dan contoh penggunaan dalam sebuah kalimat--semua hanya dalam satu kamus.

Dengan kosakata yang lengkap, kamu dapat belajar banyak kosakata penting terutama untuk tulisan akademik. Kamu bisa mendapatkan kamus ini secara offline maupun online di Google Play maupun App Store.

rekomendasi buku bahasa inggris

Cambridge Dictionary

Kamu lebih suka dengan kamus yang online daripada offline? Jangan khawatir, Cambridge Dictionary selain memiliki kamus secara offline, mereka turut menghadirkan versi online-nya. Kamus ini juga termasuk sangat lengkap karena terdapat banyak sekali fitur yang bisa kamu akses.

Versi online dari kamus ini memiliki 4 fitur utama, yaitu the Cambridge Dictionary of American English, the Cambridge Learner's Dictionary, the Cambridge International Dictionary of Phrasal Verbs dan the Cambridge International Dictionary of Idioms.

Google Translate

Kalau yang ini tentunya sudah tidak asing lagi bukan? Aplikasi Google Translate sekarang ini menjadi kamus online yang sebagian besar orang gunakan di dunia. Kamu bisa memakainya dalam situs atau aplikasinya secara langsung yang dapat diunduh di iOS maupun Android.

Tidak hanya mampu menerjemahkan bahasa Inggris ke bahasa Indonesia atau sebaliknya, tetapi Google Translate bisa menerjamahkan lebih dari 30 bahasa. Menarik sekali bukan?

U-Dictionary

Last but not least, terdapat satu kamus bahasa Inggris yang juga tak kalah lengkapnya dari yang di atas: U-Dictionary. Kamus yang mampu menerjemahkan banyak bahasa ini dapat kamu akses melalui ponsel pintarmu. Selain menerjemahankan kata dan kalimat, kamus ini juga bisa digunakan untuk menerjemahkan percakapan dengan cukup akurat.

Kalau kamu sering tidak percaya diri dengan grammar, kamu juga dapat mengecek apakah sudah benar atau belum. Kamus ini merupakan teman yang ideal untuk kamu yang sedang belajar menulis dalam bahasa Inggris!

kamus bahasa inggris indonesia

Translate Inggris-Indonesia

Kamus Bahasa Inggris SD 🏫

Kamus Inggris SMP 🏫

  1. novel: buku novel

  2. crunchy: garing

  3. chalk: kapur

  4. humid: lembab

  5. roast: memanggang

  6. bonus: bonus

  7. request: meminta

  8. human: manusia

  9. soda: minuman soda

  10. hammer: palu

  11. picture: gambar

  12. beast: binatang buas

  13. film: film

  14. bounce: melambung

  15. canoe: kano/sampan

  16. crane: derek

  17. saddle: pelana

  18. explain: menjelaskan

  19. chicken: ayam

  20. letter: surat

  21. palace: istana

  22. flight: penerbangan

  23. couch: sofa

  24. thirsty: haus

  25. turkey: Turki

  26. famous: terkenal

  27. violet: ungu

  28. award: menghadiahkan

  29. knives: pisau

  30. life: kehidupan

  31. seven: tujuh

  32. love: cinta

  33. world: dunia

  34. near: di dekat

  35. about: tentang

  36. ring: cincin

  37. again: lagi

  38. wolf: serigala

  39. heart: jantung

  40. fish: ikan

  41. pizza: pizza

  42. five: lima

  43. water: air

  44. king: raja

  45. happy: senang

  46. tree: pohon

  47. sixty: enam puluh

  48. able: sanggup

  49. board: papan

  50. have: memiliki

Pelajari 1800-an Wordlist Kamus Bahasa Inggris dan Translatenya!

Bagaimana? Apakah kini kamu sudah bisa menentukan kamus bahasa Inggris yang sesuai dengan kebutuhanmu?

Dengan kemudahan di era teknologi saat ini, akses terhadap ensiklopedia atau kamus alih bahasa seharusnya sudah jauh lebih mudah. Selain rajin eksplorasi istilah-istilah baru di kamus pilihanmu, kamu juga harus terus berlatih dengan mengacu pada metode pendidikan yang cocok untukmu.

EF juga memiliki kelas yang dapat membantumu untuk menguasai lebih banyak kosakata dan melancarkan pelafalanmu dalam bahasa Inggris--terlebih lagi, sekarang semuanya hadir dalam kelas online yang bisa kamu akses dari manapun!

Yuk, ikutan kelas demo gratis dari EF dan dapatkan penawaran khususnya hanya dapat klik tombol di bawah ini. Mari belajar bersama!