Menu
Rekomendasi Buku Novel di Tahun 2021
Reading and Writing

Rekomendasi Buku Novel di Tahun 2021

Ben Small Stars
Author
Ben
2021.01.18

Suka baca novel? Apakah kamu telah menyiapkan daftar bacaan untuk menyambut tahun ini? Worry not. Dalam artikel ini, kamu bisa melihat rekomendasi novel bahasa Inggris yang dapat kamu baca setiap bulannya sampai penghujung tahun 2021. Bagi para pecinta buku, ayo kumpul!

Dari American Gods hingga Left the Right One In, kira-kira apakah kamu pernah mendengar novel-novel legendaris tersebut? Judul-judul di bawah ini telah bersiap untuk mejeng di lemari bukumu. Yuk, cek daftar di bawah ini!

HORE! Kamu dapat kelas demo GRATIS!

Isi data dirimu pada kolom di bawah ini, dan dapatkan kesempatan untuk mendapat voucher kelas demo GRATIS!* Buruan, penawaran terbatas!

Incorrect phone number
Daftar Sekarang!

Dengan menekan tombol Daftar Sekarang, Anda menyetujui Kebijakan Privasi EF serta bersedia menerima penawaran dari EF.

*Syarat dan Ketentuan Berlaku

American Gods – Neil Gaiman

novel untuk tahun 2021

Novel karangan penulis asal Inggris ini merupakan salah satu terbitan fenomenal untuk kamu yang menyukai cerita bertema fantasi. Pertama dirilis tahun 2001, American Gods berhasil menyabet dua penghargaan sekaligus setelah satu tahun dari perilisan perdananya.

Bercerita tentang Shadow, seorang mantan tahanan yang baru saja kehilangan istrinya dalam sebuah kecelakaan. Shadow kemudian terjebak dalam dunia penuh intrik yang melibatkan kekuatan mistis, dengan dirinya sebagai pusatnya.

Sepuluh tahun setelah edisi pertamanya terbit, Neil Gaiman merilis edisi spesial dari American Gods, yang menyertakan 12 ribu kata tambahan yang tidak disertakan pada terbitan tahun 2001. Hingga saat ini, mengikuti kepopulerannya, American Gods telah diadaptasi ke dalam serial televisi, film hingga buku komik.

And Then There Were None – Agatha Christie

rekomendasi novel misteri

Karya fiksi yang ditulis oleh Agatha Christie ini merupakan judul yang tidak boleh dilewatkan. Diterbitkan pertama kali pada tahun 1939, And Then There Were None masih dikenal sebagai cerita misteri terbaik yang pernah ada.

Dengan latar sebuah pulau terpencil, And Then There Were None menceritakan mengenai sepuluh orang yang diundang untuk menginap di mansion mewah melalui sebuah surat misterius. Para tamu tersebut tidak menyadari bahwa undangan tersebut adalah awal dari sebuah tragedi yang akan merenggut nyawa mereka satu-persatu.

Saat ini, And Then There were None masih menjadi salah satu buku novel terlaris sepanjang sejarah, dengan penjualan yang mencapai lebih dari seratus juta eksemplar.

The Thousand Autumns of Jacob de Zoet – David Mitchell

Suka novel bertemakan sejarah? The Thousand Autumns of Jacob de Zoet bisa menjadi pilihanmu. Novel ini dikarang oleh David Mitchell dengan mengambil latar akhir abad ke-18. Bercerita tentang seorang pedagang asal Belanda yang jatuh cinta pada seorang bidan asal Jepang, novel ini akan mengajakmu menyelami Jepang sebelum perang dunia pertama.

The Thousand Autumns of Jacob de Zoet berhasil meraih beberapa penghargaan, menyusul popularitasnya di antara para pecinta buku. Beberapa di antaranya adalah ‘Book of the Year’ dari Time Magazine dan penghargaan dari Walter Scott Prize.

A Woman is No Man – Etaf Rum

Berlatar belakang di Brooklyn, A Woman is No Man adalah sebuah karya fiksi yang menceritakan tentang seorang wanita keturunan Arab yang tinggal di Amerika Serikat. Etaf Rum sebagai sang pengarang akan mengajak kita ke kisah milik Deya, gadis berusia delapan belas tahun yang akan dijodohkan orang tuanya.

Dirilis pada tahun 2019 lalu, A Woman is No Man membuat kita melihat sisi lain dari kaum konservatif Arab-Amerika melalui kisah sang protagonis dan kilas balik dari wanita yang melahirkannya. Jangan lupa untuk memasukkan buku ini ke dalam daftar bacaanmu!

The Haunting of Hill House – Shirley Jackson

haunting of the hill house

Bercerita tentang sebuah mansion di sebuah bukit yang diberitakan banyak memiliki kejanggalan. The Haunting of Hill House memusatkan kisahnya pada empat tokoh utama yang memiliki ketertarikan pada bangunan mewah yang tampak terbengkalai tersebut. Keempatnya kemudian menyadari bahwa Hill House tidak hanya sekedar sebuah ‘rumah mewah’, namun menyimpan sejuta misteri dan kisah di baliknya…

Diterbitkan pertama kali pada tahun 1959, novel karya Shirley Jackson ini memiliki popularitas yang tidak dapat diragukan lagi. Selain diadaptasi ke dalam banyak film dan serial televisi, The Haunting of Hill House juga diangkat ke dalam pertunjukkan teatrikal dan dianggap sebagai salah satu cerita horror terbaik di abad ke-20.

Famous Last Words – Timothy Findley

Disebut sebagai buku yang bertemakan horror sekaligus thriller, Famous Last Words mengisahkan tentang sang tokoh utama yang bernama Hugh Selwyn Mauberley; berlatar pada beberapa hari terakhir sebelum perang dunia kedua berakhir. Ceritanya sendiri bermula saat beberapa prajurit menemukan pernyataan dari Hugh, yang membuka tabir akan banyak rahasia mengerikan yang disaksikan oleh Hugh sebelum kematiannya.

Dikarang oleh Timothy Findley, novel ini adalah sebuah kisah berlatar sejarah yang akan membawamu ke dalam perjalanan mengejutkan dengan banyak lika-liku yang tidak dapat kamu tebak. Saatnya untuk memasukkan buku ini dalam wish list-mu!

The Silmarillion – J.R.R.Tolkien

Karya fiksi ini baru diterbitkan oleh anaknya, Christopher Tolkien setelah J.R.R. Tolkien meninggal dunia. Mengusung genre fantasi, penulis bercerita tentang mitologi Middle Earth. Mulai dari dewa-dewa, penciptaan peri, penciptaan manusia, penciptaan kurcaci hingga kejadian-kejadian yang terjadi di Middle Earth mewarnai jalan cerita.

Kamu akan memasuki dunia Middle Earth dengan kisah-kisah tentang peperangan dan kepahlawanan melalui buku ini. Jangan ragu untuk menjadikannya bagian dari daftar bacamu!

Let the Right One In – John Ajvide Lindqvist

Dalam novel Let the Right One In, John Ajvide Lindqvist menyajikan cerita bernuansa horror dengan mengambil latar di Blackeberg, Swedia pada tahun 1981.

Cerita terpusat pada pada persahabatan antara Oskar dan Eli. Oskar merupakan seorang anak laki-laki yang tidak punya teman dan menjadi korban bullying, sehingga ia sangat senang ketika bisa berteman dengan Eli. Sementara Eli, gadis yang hanya muncul di malam hari tidak lain adalah seorang vampir.

Kisah yang terbangun dalam cerita terkait vampir yang haus darah akan membawa pembaca pada suasana yang menyeramkan.

Fifth Business – Robertson Davies

Ditulis oleh penulis asal Kanada yakni Robertson Davies, Fifth Business merupakan buku pertama dari The Deptford Trilogy. Buku ini menjadi karya terbaik Davies, sekaligus yang paling populer.

Novel ini bercerita tentang perjalanan spiritual tokoh dan juga narator dalam buku, Dunstan Ramsay. Terlepas dari itu, novel ini juga membuatmu melihat kehidupan dalam konteks yang lebih luas. Saat membacanya, kamu akan tenggelam dalam tulisan yang sangat kreatif dan sarat akan makna. Oleh karenanya, usahakan kamu sedang berada dalam keadaan fokus saat membacanya sehingga memperoleh pemahaman yang utuh.

Bagaimana? Sudah siapkah kamu untuk mengumpulkan buku novel yang masuk ke dalam daftar bacaanmu di tahun 2021?

Membaca novel bahasa Inggris dapat menjadi salah satu media untuk melancarkan bahasa Inggrismu. Salah satu cara mudah untuk belajar adalah dengan mencintai materi yang ingin kamu kuasai. Ditambah dengan belajar dengan metode terbaik yang bisa kamu dapatkan, kamu bisa mengasah kemampuanmu untuk lebih tinggi lagi!

Di EF, kamu juga bisa mengikuti program yang disesuaikan dengan usiamu, atau mengikuti kelas persiapan ujian internasional bagi kamu yang mempunyai cita-cita untuk belajar di luar negeri.

Selamat membaca sekaligus belajar!

Ben Small Stars
Author
Ben