Menu
present continuous tense

Present Continuous Tense

grammartensestips belajar bahasa inggris
2020.06.05

Dalam belajar bahasa Inggris, kita mengenal ada ๐Ÿ”—16 tenses yang harus dipelajari untuk menyempurnakan bahasa Inggris kita. Mengerti ๐Ÿ”—tenses sangat berguna untuk menentukan perubahan apa yang bisa kita lakukan terhadap bentuk kata kerja menyesuaikan dengan waktu terjadinya.

Karena itu, tenses menjadi penting karena saat Anda salah menggunakan tenses maka makna yang didapat dari kalimat yang Anda buat akan menjadi makna yang berbeda. Dari 16 tenses, tulisan ini akan berfokus untuk mengulas salah satu tenses, yaitu ๐Ÿ”—Present Continuous Tense. Penting bagi Anda untuk mempelajari tense satu ini. Bukan hanya untuk meningkatkan kemampuan bahasa Inggris Anda, tapi juga karena tense ini menjadi salah satu tenses yang sering dipakai dalam sebuah percakapan.

YAY! KAMU DAPAT VOUCHER DARI EF!

Buruan isi data dirimu di sini untuk mengambil voucher DISKON TERBESAR EF sampai dengan 2 juta rupiah*! Cuma dari tanggal 11 sampai 30 September 2020!

Incorrect phone number
Ambil Sekarang

Dengan menekan tombol Daftar Sekarang, Anda menyetujui Kebijakan Privasi EF serta bersedia menerima penawaran dari EF.

*Syarat dan Ketentuan Berlaku

ben saying hore

Pengertian Present Continuous Tense

Present Continuous Tense merupakan tense bentuk yang menunjuk pada tindakan yang sedang berlangsung sekarang atau ketika pembicaraan itu sedang berlangsung. Jadi, tindakan itu sudah dimulai dan belum berakhir ketika pembicaraan itu berlangsung. Tense ini juga bisa digunakan untuk menjelaskan sebuah kejadian yang terjadi dengan singkat dan/atau yang telah terjadi dalam rentang waktu yang lama.

Tense ini juga dikenal dengan sebutan Present Progressive Tense. Karena tense ini bisa digunakan untuk menjelaskan sebuah tindakan yang mungkin atau bisa dilakukan di masa depan. Pada intinya, Present Countinous Tense menunjukkan sebuah kejadian atau kondisi yang sedang terjadi sekarang, sering terjadi, dan dapat dilakukan atau berlanjut ke masa depan.

Berikut ini merupakan contoh kalimat dalam Present Continuous Tense, yang disesuaikan dengan situasi yang terjadi:

1. Situasi di mana suatu kejadian tengah berlangsung sekarang.

Contoh : Mr. Tony is making design of the house.

2. Situasi di mana suatu kejadian sudah direncanakan dengan pasti untuk terjadi di masa depan.

Contoh : The class will start at 8 AM tomorrow.

3. Situasi di mana sebuah perubahan atau perkembangan sedang berlangsung untuk waktu yang lama.

Contoh : My parents is getting older.

Rumus Present Continuous Tense

Berikut ini adalah formula yang bisa digunakan untuk membuat kalimat dalam bentuk Present Continuous Tense.

A. Kalimat Positif:

subject + to be (am, is, are) + Verb โ€“ ing + object

Contoh : She is doing her homework now

B. Kalimat Negatif :

subject + to be + not + verb โ€“ ing + object

Contoh : She is not doing her homework now

C. Kalimat Tanya :

to be + subject + verb โ€“ ing + object

Contoh : Is she doing her homework now?

Anda bisa melihat bentuk masing-masing hal yang dibutuhkan atau digunakan di dalam formula sekaligus beberapa bentuk dari Present Continuous Tense.

A. Bentuk โ€œto beโ€

1. Tunggal :

I am (orang pertama)

You are (orang kedua)

He / she / it is (orang ketiga)

2. Jamak :

We are (orang pertama)

You are (orang kedua)

They are (orang ketiga)

B. Bentuk kata kerja โ€œ-ingโ€ (V + ing)

Contoh :

Go + ing = going.

Read + ing = reading.

Cook + ing = cooking.

C. Keterangan waktu (adverb of time) yang sering digunakan dalam Present Continuous Tense untuk menunjukkan suatu rencana : just, still, now, right now, at the moment, dan tomorrow.

Contoh:

  • Abigail just left for London.

  • Diandra still waiting for her scholarship announcement.

  • Tomorrow, Iโ€™ll arrive in Jakarta at 8 AM.

  • Iโ€™m eating my pizza now.

D. Selain itu, tense ini juga dapat digunakan untuk menjelaskan sebuah kegiatan yang menjadi rutinitas sementara dengan menggunakan keterangan waktu seperti this week, theese days, this month, etc.

Note :

1. Digunakan untuk menyatakan suatu peritiwa yang sedang berlangsung sekarang ketika peristiwa lain terjadi. Present continuous tense ini hanya menekankan โ€œsedangโ€.

They are reading books when I enter the room.

She is cooking when her husband gets home.

2. Keberadaan O atau โ€œobjekโ€ tidak harus ada, kalimat yang ingin di buat tanpa menggunakan objek. Misalnya:

She is being angry.

3. Pertanyaan Wh-

Untuk membentuk pertanyaan wh, tambahkan kata wh (what, where, when, dll), ubah posisi subjek dan to be, dan tambahkan tanda tanya. Contoh:

  • Glorya is cooking in the kitchen.

  • When is she cooking in the kitchen?

  • Where is she cooking?

  • Who is cooking in the kitchen?

4. Kata-kata kerja yang menyatakan perasaan atau berhubungan dengan pancaindera, seperti know, like, mean, believe, feel, forget, hate, need, own, prefer, remember, seem, dan want tidak perlu ditambahkan โ€“ing. Misalnya:

I want to see the opera.

Aby hates her new dress.

I like sushi.

Masih bingung dengan jenis tense satu ini? Perhatikan contoh ilustrasi berikut ini. Misalnya, Laura dan James pergi ke KFC untuk merayakan ulang tahun Laura. Jika Anda ingin menceritakan hal ini setelah Laura dan James selesai (dalam artian menceritakan cerita Laura dan James di KFC setelah Laura dan James pulang dari KFC) maka Anda harus menggunakan past tense. Misalnya:

Laura and James queued for a long time before they get to order from their menu. = past tense.

Namun, jika Anda ingin menceritakan cerita Laura dan James saat sedang berada di KFC dan apa yang mereka lakukan di sana, maka Anda harus menggunakan present continuous tense. Misalnya:

They are sitting next to the window on the second floor, so they get to see the scenery of the whole town. (menunjukkan aktivitas yang sedang dilakukan oleh Laura dan James saat di KFC.)

The cleaning serviceman is standing right nobehind the pillar near their table with a mop on his hand. (menunjukkan aktivitas yang mungkin terjadi di masa depan. Petugas kebersihan bisa jadi akan datang ke meja Laura dan James di masa depan. โ€“ Present Progressive.)

โ€œAre you waiting to eat your burger after the French Fries arrive?โ€ said James to Laura while taking a sip from his coke. (Contoh present continuous yang digunakan sebagai bentuk kata tanya)

Itu dia penjelasan mengenai present continuous tense beserta contohnya untuk memudahkan Anda belajar. Banyaklah berlatih dan melihat contoh-contoh kalimatnya. Selamat belajar!