Menu
ef english first blog
Reading and Writing

Poetry, Prose, dan Poem dalam Bahasa Inggris

2020.04.26

Poetry (puisi), prose (prosa) dan poem (sajak) adalah bentuk-bentuk karya kesustraan dalam pembelajaran berbagai bahasa yang memilki nilai seni yang menarik minat pembaca.

Berikut penjelasan mengenai poetry, prose, dan poem dalam bahasa Inggris:

Poetry

Poetry atau puisi adalah bentuk seni tertulis yang mengandung bahasa dengan estetika berkualitas dan memiliki arti mendalam. Poetry bisa jadi merupakan curahan isi hati seseorang dan dituliskan dalam kata-kata indah bermakna. Poetry dapat berisi satu kata atau suku kata yang terus diulang-ulang. Contoh singkat beberapa bari bentuk poetry William Shakespeare dari poetry ‘Venus and Adonis’:

Even as the sun with purple-colour'd face

Had ta'en his last leave of the weeping morn,

Rose-cheek'd Adonis hied him to the chase;

Hunting he loved, but love he laugh'd to scorn;

Sick-thoughted Venus makes amain unto him,

And like a bold-faced suitor 'gins to woo him.

Prose

Prose atau prosa merupakan bentuk seni tertulis yang mengandung variasi ritme lebih besar. Jenis tulisan prose biasanya digunakan untuk mendeskripsikan suatu fakta atau ide. Prose dapat digunakan untuk surat kabar, novel, majalah, surat, ensiklopedia, surat serta berbagai jenis media lain. Berikut adalah contoh prose bahasa Inggris Chad Davidson berjudul Refinishing:

Wood has no future. It saves all scratches. At twenty-three I helped a woman sand her table down to grain. I touched every inch of that table, used a belt-sander but took the corners by hand, not wanting to burn through. I had it clean in days, then set to clear coating. I could count my years in its surface as the tiny histories of the people who had eaten there vanished.

Poem

Poem atau sajak hampir sama dengan poetry, hanya saja bentuk penyajiannya dalam baris-baris yang teratur dan terikat. Sajak mementingkan keselarasan bunyi bahasa dan kesepadanan bunyi. Perbedaan poem dan poetry hanya ada pada bentuk. Contoh sajak bahasa Inggris:

I have a pen

My pen is blue

I have my friend

My friend is you

Yuk, coba kelas demo GRATIS!*

Mau kursus di EF? Coba kelas demo gratis* di EF center terdekatmu!

Incorrect phone number
Daftar Sekarang!

Dengan menekan tombol Daftar Sekarang, Anda menyetujui Kebijakan Privasi EF serta bersedia menerima penawaran dari EF.

*Syarat dan Ketentuan Berlaku