Menu
english first blog
Listening and Speaking

Pidato Bahasa Inggris Singkat Anak Sekolah

2020.04.04

Panduan Pidato Bahasa Inggris Untuk Anak Sekolah

Dalam belajar bahasa Inggris, menguasai speaking merupakan salah satu hal yang harus dilakukan.

Belajar untuk menguasai speaking dapat menggunakan berbagai metode dan cara, salah satunya adalah dengan melakukan pidato. Karena bahasa Inggris sudah menjadi salah satu hal penting dalam pendidikan, ada baiknya jika belajar menguasai bahasa Inggris sudah dilakukan sejak dini.

Anak sekolah bisa mulai untuk menyampaikan sebuah pidato sebagai kewajiban tugas bahasa Inggris atau perlombaan di sekolah. Walaupun belum menjadi hal yang umum di kalangan murid di Indonesia, hal ini patut di jadikan pertimbangan oleh para sekolah untuk dilakukan. Dengan melakukan pidato, dapat memberikan manfaat atau memiliki nilai tersendiri setelah melakukannya.

Sebelum membahas lebih dalam mengenai pidato bahasa Inggris, mari kita lihat pengertian dari pidato itu sendiri. Jika diartikan, pidato adalah sebuah bentuk komunikasi satu arah atau monolog, yang disampaikan kepada audience baik secara verbal maupun non-verbal. Walaupun demikian, tipe pidato yang akan membantu Anda atau anak Anda atau pun adik Anda adalah pidato dalam bentuk verbal. Karena disini dapat melatih pengucapan dalam bahasa Inggris sekaligus melatih untuk memberanikan diri untuk bisa berbicara di depan publik.

Lalu apa bedanya dengan presentasi dan pengumuman? Tentu ada bedanya. Biasanya perbedaan mendasar terletak pada tujuan dari masing-masing hal ini. Persamaannya adalah ketiga hal ini yaitu pidato, presentasi dan pengumuman umumnya memiliki sebuah tema atau topik tertentu. Namun berbeda pada tujuannya. Pidato umumnya bertujuan untuk meyakinkan atau mempengaruhi audience untuk mengubah pandangan mereka tentang topik atau pandangan yang disampaikan dalam pidato tersebut. Pidato dalam aksinya, hanya mengandalkan komunikasi verbal saja.

Di sisi lain, sebuah presentasi justru mengizinkan kita untuk menggunakan alat bantu visual seperti grafik data atau gambar-gambar dalam sebuah slide. Presentasi bertujuan untuk memberi tahu informasi terkait topik tertentu di bandingkan untuk meyakini atau mempengaruhi pandangan seseorang akan sesuatu. Sedangkan pengumuman, sama seperti presentasi juga hanya bertujuan untuk memberi tahu sebuah informasi tanpa merubah atau mempengaruhi pandangan seseorang yang melihatnya.

Pertanyaan berikutnya, mengapa kita perlu menguasai skill yang satu ini. Alasannya sederhana. Bahasa Inggris telah menjadi bahasa yang telah di akui secara internasional. Bahasa Inggris juga telah menjadi bahasa yang umum di gunakan di situs-situs atau website-website, bahkan oleh sebagian media cetak dan lembaga siaran di Indonesia. Bahasa Inggris juga kini menjadi requirements atau persyaratan umum untuk melamar pekerjaan, dan memasuki jenjang pendidikan tertentu. Anak sekolah juga dituntut untuk bisa menjadi pembicara yang hebat dengan kemampuan komunikasi yang kuat. Karena itu sangat penting bukan untuk menguasai hal ini?

Kembali ke permasalahan awal, apa yang harus diperhatikan saat membuat pidato bahasa Inggris singkat anak sekolah?

Pidato pastinya harus memiliki sebuah struktur. Struktur sederhana sebagai berikut bisa menjadi panduan: Pendahuluan (Introduction), Inti Pidato (Main Idea), Contoh-contoh Pendukung (Supporting ideas//Examples), dan Penutup (Conclusion). Menggunakan tenses bahasa Inggris yang tepat. Menyampaikan poin-poin yang relevan dan sesuai dengan topik yang digunakan. Jelaskan poin-poin penting secara singkat. Memilih topik yang spesifik, sehingga pidato akan lebih terarah dan lebih fokus. Kuasai panggung dan perhatian pendengar dengan menggunakan pembuka pidato yang menarik perhatian.

HORE! KAMU DAPAT KELAS DEMO GRATIS!

Isi data dirimu pada kolom di bawah ini, dan dapatkan kesempatan untuk mencoba kelas demo, GRATIS!

Incorrect phone number
Daftar Sekarang!

Dengan menekan tombol Daftar Sekarang, Anda menyetujui Kebijakan Privasi EF serta bersedia menerima penawaran dari EF.

*Syarat dan Ketentuan Berlaku

Contoh Singkat Pidato dalam Bahasa Inggris Untuk Anak Sekolah

‘Good morning my teacher and friends. I thank God for His blessing, and the teacher for choosing me to deliver this message to you all. Today I want to tell you about thing that are so close in our life but often forgotten.

We all know that plastic waste take a long time to decompose. It can take up to 1000 years to decompose plastic in the landfills. Long isn’t it? Most of the plastic waste also ended up in the ocean that caused an interference to the ocean’s ecosystem.

It is sad to know how small the number of people nowadays who have started to consider recycling plastic waste into something useful instead of throwing them into the bin. And yet, that is still not everyone whom has done this so far. We need to be more aware of the environment and be eco-friendly, or the future generation will suffer.

The society has dealt with flood and water waste pollution. Without realizing it or not, most of the reason is because we do not throw trash into the bin and just throw it carelessly. Therefore, it’s time for us to take action and be more considerate.

Throwing away trash into its rightful place, which is the bin, may seem petty, but big things start with little steps.

Thank you.’