Menu
peta indonesia
News and Lifestyle

Peta Indonesia: Belajar Bahasa Inggris Lewat Kekayaan Budaya Kita

2021.09.14
membaca-buku

Sudahkah kamu mengenal keragaman budaya yang ada di Indonesia? Dari Sabang sampai Merauke, Indonesia memiliki kekayaan budaya yang terhitung. Apakah kamu tahu apa saja kekayaan budaya yang kita miliki?

Seperti yang telah kita tahu, budaya adalah pola-pola, tingkat laku, keyakinan, dan semua gagasan yang diturunkan dari generasi ke generasi berikutnya.

HORE! Kamu dapat kelas demo GRATIS!

Isi data dirimu pada kolom di bawah ini, dan dapatkan kesempatan untuk mendapat voucher kelas demo GRATIS!* Buruan, penawaran terbatas!

Incorrect phone number
Daftar Sekarang!

Dengan menekan tombol Daftar Sekarang, Anda menyetujui Kebijakan Privasi EF serta bersedia menerima penawaran dari EF.

*Syarat dan Ketentuan Berlaku

Jika kita melihat Peta Indonesia, terdapat ribuan pulau dari Sabang sampai Merauke. Setiap pulau tersebut memiliki kebudayaannya masing-masing. Mulai dari keragaman rumah adat, seni musik, dan yang lainnya.

Kelebihan dari kebudayaan yang menjadi ciri khas masing-masing daerah ini dapat menjadi daya tarik wisatawan untuk berkunjung. Misalnya saja seperti danau Toba yang sering dikunjungi oleh pendatang dan identik dengan budaya Batak.

Terdapat pula banyak keindahan alam yang bisa kamu temukan di Indonesia. Misalnya saja, gunung Bromo yang indah, yang terletak di provinsi Jawa Timur.

Budaya (culture) ini sangat menarik jika kita pelajari bersama. Sambil belajar tentang kebudayaan, kita juga akan belajar beberapa vocabularies yang berkaitan dengan kebudayaan itu sendiri. Berikut kekayaan budaya Indonesia yang wajib kamu ketahui!

Rumah Adat (Traditional Houses)

rumah gadang

Salah satu keunikan yang ada di Indonesia dapat dilihat berdasarkan bangunan rumah atau rumah adat (traditional houses) dari masing-masing budaya. Hal yang menjadi ciri khas rumah adat (traditional houses) Indonesia adalah arsitektur yang dibangun berdasarkan unsur-unsur nilai filosofis budaya tersebut.

Misalnya adalah Rumah Gadang yang berada di Sumatra Barat (West Sumatra). Rumah ini memiliki nilai dan filosofi yang berhubungan dengan alam. Terdapat falsafah hidup yang dipegang oleh orang Minangkabau, yaitu “Alam Takambang Jadi Guru”. Falsafah ini menunjukkan bahwa segala sesuatunya termasuk bangunan rumah tinggal akan melalui proses meniru dan belajar dari lingkungan alam.

Jika kita artikan dengan Bahasa Inggris makna dari “Alam Takambang Jadi Guru” ialah sebagai berikut:

…nature is a great teacher for Minangkabau people because all activities, actions, and ways of thinking are learned from nature.

Upacara Adat (Traditional Ceremonies)

Apakah di daerah kamu sering dilakukan upacara adat (traditional ceremonies)? Upacara apa saja yang sering kamu ikuti? Tentunya bukan upacara sekolah yang wajib kamu lakukan di hari Senin ya! Upacara adat (traditional ceremonies) ini merupakan tradisi masyarakat tradisional yang berhubungan dengan berbagai peristiwa yang terjadi pada masyarakat tersebut.

Contoh upacara adat (traditional ceremonies) Indonesia yang paling unik adalah upacara Ngaben (Balinese Ngaben Ceremony) di Pulau Bali (Bali Island). Upacara ini diyakini oleh masyarakat Hindu di Bali sebagai simbol untuk menyucikan roh orang yang telah meninggal.

Tarian Tradisional (Traditional Dances)

tarian bali tradisional

Setelah mengenal upacara adat (traditional ceremonies) yang ada di Pulau Bali (Bali Island), sekarang kita akan berkunjung ke Pulau Jawa (Java Island). Pulau ini memiliki banyak sekali tarian tradisional (traditional dance) yang pastinya sudah banyak kamu ketahui.

Beberapa di antaranya adalah Tari Jaipong yang berasal dari Jawa Barat (West Java), Tari Reog Ponorogo yang berasal dari Jawa Timur (East Java), dan Tari Serimpi yang berasal dari Jawa Tengah (Central Java).

Pakaian Adat (Traditional Clothes)

baju adat indonesia

Pada umumnya, setiap budaya di Indonesia memiliki pakaian adat (traditional clothes) yang menjadi ciri khas dan identitas dari budaya tersebut.

Jika kita lihat dari peta Indonesia, terdapat 34 Provinsi yang memiliki pakaian adatnya masing-masing. Salah satu contoh pakaian adat Indonesia yang umumnya sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari adalah pakaian Sadariah yang berasal dari DKI Jakarta sebagai Ibu Kota Indonesia (the capital city of Indonesia).

Setelah menelusuri kekayaan budaya berdasarkan peta Indonesia, ternyata ada banyak sekali budaya yang belum disebutkan dalam artikel ini. Jika kamu ingin mengenal lebih banyak kebudayaan yang ada di Indonesia beserta Bahasa Inggrisnya, kamu bisa daftarkan diri di kelas demo GRATIS pada halaman ini.

Selain kamu bisa mengenal lebih banyak budaya Indonesia, kamu juga bisa mempelajari makna, istilah, dan filosofi yang menarik dengan Bahasa Inggris. Menarik bukan? Yuk, daftarkan diri kamu sekarang juga!