Menu
hewan peliharaan
Education Advice

Perlukah Memiliki Hewan Peliharaan di Rumah?

Ben Small Stars
Author
Ben
2021.11.20

Apakah kamu suka dengan hewan? Ternyata memelihara hewan di rumah dapat memberikan dampak yang positif loh untuk kesehatan mental kita. Lalu, perlukah kita memiliki hewan peliharaan di rumah?

Yuk, coba kelas demo GRATIS!*

Mau kursus di EF? Coba kelas demo gratis* di EF center terdekatmu!

Incorrect phone number
Daftar Sekarang!

Dengan menekan tombol Daftar Sekarang, Anda menyetujui Kebijakan Privasi EF serta bersedia menerima penawaran dari EF.

*Syarat dan Ketentuan Berlaku

Pada dasarnya, hewan dan manusia hidup secara berdampingan di bumi ini. Beberapa manfaat hewan bagi manusia di antaranya ialah sebagai sumber makanan, membantu manusia sebagai sumber tenaga kerja seperti kerbau untuk membajak sawah, penyerbukan tanaman, hingga menjadi hewan peliharaan yang menyenangkan.

Bagi sebagian orang, memelihara hewan di rumah memang sangat menyenangkan. Akan tetapi tidak sedikit juga yang menyatakan bahwa banyak sekali risiko apabila kita memelihara hewan di rumah.

Pada dasarnya, risiko memelihara hewan di rumah akan terjadi bila kita tidak merawat dan menjaganya dengan baik. Hal ini karena hewan yang tidak di rawat dengan baik akan memberikan dampak buruk bagi kesehatan seperti menularkan virus, kuman, parasit, dan yang lainnya.

Menurut jurnal penelitian Psychology Research and Behavior Development, hewan peliharaan sangat bermanfaat bagi perkembangan psikologis dan kedewasaan anak. Hal ini karena dengan memelihara hewan, secara tidak langsung dapat mengajarkan rasa tanggung jawab, kepedulian, dan kasih sayang.

Berikut beberapa hal penting lainnya yang perlu kamu tahu sebelum memiliki hewan peliharaan di rumah.

1. Hewan peliharaan dapat menjaga kontrol diri yang baik

cara merawat hewan peliharaan

Selain menyenangkan memiliki hewan peliharaan di rumah, dengan kehadirannya saja bisa membuat kita menjaga kontrol diri, khususnya bagi anak.

Kontrol diri adalah kemampuan yang dimiliki manusia untuk menyusun, membimbing, mengatur, dan mengarahkan bentuk perilaku yang dapat dikembangkan individu dalam menghadapi kondisi tertentu di sekitarnya. Kontrol diri ini akan tercermin ketika anak-anak bisa membagikan emosi yang dirasakannya dengan hewan peliharaan.

2. Hewan peliharaan dapat menjaga kesehatan mental

aturan merawat hewan peliharaan

Hal positif yang bisa kita dapatkan ketika memiliki hewan peliharaan di rumah yaitu menjaga kesehatan mental agar tetap stabil.

Tidak dapat dipungkiri, ketika kita sedang bermain bersama hewan peliharaan seperti kucing, anjing, hamster, maupun kelinci, dapat membuat kita melupakan sejenak masalah yang sedang dirasakan saat itu. Hal ini karena tingkah hewan peliharaan yang lucu dapat meningkatkan hormon dopamin dan serotonin di otak saat merasa bahagia. Oleh karena itu, kondisi seseorang yang sedang merasa stres pun akan mereda.

3. Hewan peliharaan dapat mendukung tumbuh kembang anak

hewan peliharaan lucu

Manfaat hewan peliharaan di rumah di antaranya dapat mendukung tumbuh kembang anak, khususnya bagi anak berkebutuhan khusus. Dalam hal ini, hewan peliharaan dapat membantu anak dalam berinteraksi sosial.

Kehadiran hewan peliharaan di rumah dapat membangun rasa empati, meningkatkan konsentrasi, dan membuat emosi anak menjadi lebih stabil, sehingga akan memberikan pengaruh yang positif dalam tumbuh kembang anak.

Apalagi, setiap tanggal 20 November akan selalu diperingati Universal Childern's Day, sehingga cocok sekali nih untuk terus menjaga kebahagiaan dan tumbuh kembang si kecil dengan memelihara hewan di rumah.

Meskipun begitu, ada baiknya untuk berkonsultasi terlebih dahulu dengan para ahli agar dapat meminimalkan risiko seperti alergi hingga menyebabkan anak cedera.

Oleh karena itu, sebelum kita memelihara hewan di rumah ada baiknya untuk berkomitmen dalam merawat dan menjaganya dengan baik. Cara mudah yang dapat kamu lakukan ialah dengan mempersiapkan berbagai keperluan hingga memastikan kondisi hewan tersebut aman untuk dipelihara di rumah.

Merawat sambil menjaga hewan peliharaan memang sangat menyenangkan. Namun, akan lebih menyenangkan bila kita bisa belajar bahasa Inggris secara GRATIS di EF.

Caranya sangat mudah, yaitu hanya dengan mengisi nomor kamu di halaman ini, maka kamu sudah bisa menjadi bagian dari kelas demo GRATIS untuk mengetahui asyiknya belajar bahasa Inggris dengan guru yang profesional.

Jadi, tunggu apalagi? Yuk, daftarkan diri kamu sekarang juga! πŸ˜‰

Ben Small Stars
Author
Ben