Menu
percakapan dalam bahasa inggris dengan keluarga
Listening and Speaking

Percakapan di Dalam Rumah dalam Bahasa Inggris dengan Keluarga

Ben Small Stars
Author
Ben
2021.05.11

Berlatih berbicara dalam bahasa Inggris menjadi sangat menyenangkan apabila kita melakukannya dengan percaya diri. Biasanya kita akan lebih percaya diri jika kita belajar bersama orang terdekat kita seperti keluarga. Pernahkah kamu berbicara dalam bahasa Inggris bersama keluargamu?

Semakin sering kamu berlatih kemampuan speaking bahasa Inggris, tentunya kamu juga akan semakin mahir dalam berbahasa Inggris. Melatih kemampuan speaking sangat penting untuk dilakukan jika kamu ingin memperlancar bahasa Inggris. Kamu bisa memulainya dengan berbicara kepada orang tua dan saudaramu yang ada di rumah.

Jika masih bingung bagaimana memulai percakapannya, kamu bisa mencobanya seperti contoh-contoh percakapan dengan keluarga di dalam rumah seperti di bawah ini. Yuk, mari kita simak contohnya.

HORE! Kamu dapat kelas demo GRATIS!

Isi data dirimu pada kolom di bawah ini, dan dapatkan kesempatan untuk mendapat voucher kelas demo GRATIS!* Buruan, penawaran terbatas!

Incorrect phone number
Daftar Sekarang!

Dengan menekan tombol Daftar Sekarang, Anda menyetujui Kebijakan Privasi EF serta bersedia menerima penawaran dari EF.

*Syarat dan Ketentuan Berlaku

Contoh Percakapan Ibu dan Anak

Anne: Mom, there are additional courses at school tomorrow. I will be coming home late than usual. May I have a packaged meal, please? (Ibu, ada kelas-kelas tambahan di sekolah besok. Aku akan pulang terlambat dari biasanya. Bolehkah aku membawa bekal makanan?

Mother: Sure, sweetheart. What do you want for your meal? (Tentu, sayang. Apa yang kamu mau untuk bekalmu besok?)

Anne: Can I have a scrambled egg with some vegetables, mom? (Bolehkah aku meminta telur urak arik dan beberapa sayuran, bu?)

Mother: Of course, I will cook them for you. (Tentu saja, ibu akan memasaknya untukmu.)

Anne: Thank you, mom! (Terima kasih, bu!)

Contoh Percakapan Ayah dan Anak

Father: We are going to grandma’s house tomorrow. Let’s prepare for our stuff. (Kita akan ke rumah nenek besok. Ayo persiapkan barang-barang kita.)

John: Well dad, are we staying there for a night? (Baiklah ayah, apakah kita akan menginap di sana semalam?)

Father: We’ll stay longer, maybe for three days. So make sure you bring enough clothes, son. (Kita akan menginap lebih lama, mungkin selama tiga hari. Jadi pastikan kamu membawa pakaian yang cukup, nak.)

John: I will, dad! (Baiklah, ayah!)

Contoh Percakapan dengan Kedua Orang Tua

Lily: Mom, Dad, where will we go for holiday? I can’t wait for it! (Ayah, Ibu, ke mana kita akan pergi berlibur? Aku tidak sabar menunggunya!)

Mother: Oh honey, the pandemic is still going. I’m afraid we still can’t go anywhere. (Oh sayang, pandemi ini masih berlangsung. Ibu khawatir kita masih tidak bisa pergi ke mana-mana.)

Father: That’s right, sweetheart. We have to do a social distancing. Don’t worry, Dad got movies and games for us on holiday at home! (Itu benar, sayang. Kita harus melakukan pembatasan sosial. Jangan khawatir, Ayah sudah menyiapkan film dan permainan untuk kita liburan di rumah!)

Lily: Okay daddy, okay mommy. (Baik Ayah, baik Ibu)

Contoh Percakapan Anak dan Orang Tua

Father: Matt, tomorrow is your sister’s birthday. Have you prepared any gift for her? (Matt, besok ulang tahun adikmu. Apakah kamu sudah menyiapkan kado untuknya?)

Matt: Um, I am confused about that, Dad. (Um, aku bingung tentang itu, Ayah.)

Mother: Mom and Dad are going to buy a cake for her. What about buying some gifts after that, son? (Ibu dan Ayah akan pergi membeli kue untuknya. Bagaimana kalu membeli kado setelahnya, nak?)

Matt: That’s a good idea, Mom, Dad! (Ide bagus, Ibu, Ayah!)

Contoh Percakapan dengan Saudara Laki-laki

Andy: How is your exam today, Sam? (Bagaimana ujianmu hari ini,  Sam?)

Sam: I’m not really sure, brother. I think I made some mistakes. (Aku tidak yakin, kak. Aku pikir aku melakukan beberapa kesalahan.)

Andy: That is fine, mistakes sometimes may happen. I saw you studying hard, I am sure you’ll pass it. (Tidak apa apa, kesalahan terkadang bisa terjadi. Aku melihatmu belajar giat, aku yakin kamu akan lulus ujian.)

Sam: Thank you, brother. (Terima kasih, kakak.)

Seperti itulah beberapa contoh yang bisa kamu praktikkan, saat kamu ingin berbicara dalam bahasa Inggris bersama anggota keluargamu. Bagaimana menarik bukan? Terus meneruslah berlatih untuk mengasah kemampuan berbahasa Inggrismu. Selain melalui penjelasan tersebut, masih banyak percakapan bahasa Inggris seputar kegiatan sehari-hari yang bisa kamu pelajari.

Contoh-contoh percakapan kegiatan sehari-hari juga bisa kamu pelajari di EF, loh. Bersama EF bahasa Inggrismu akan berkembang dengan pesat menggunakan metode-metode belajar yang unik. Suasana belajar yang nyaman dan menyenangkan bisa membuatmu betah untuk belajar bahasa Inggris.

Kebetulan sekali, EF sedang ada voucher menarik buat kamu yang ingin mendaftar sekarang juga. Kamu juga mendapatkan tambahan Kelas Demo Gratis jika kamu mengisi formulir pada laman ini. Jadi tunggu apalagi? Ayo, klaim vouchermu sekarang! Kami tunggu kehadiranmu ya.

Ben Small Stars
Author
Ben