Menu
ef english first blog
Listening and Speaking

Percakapan Bahasa Inggris di Hotel

2020.05.15

Berkunjung ke luar negeri merupakan salah satu kegiatan yang sangat seru untuk dilakukan, dan pasti banyak yang menyukainya, mungkin kamu termasuk salah satunya. Salah satu hal yang kita urus saat berkunjung ke luar negeri adalah mengenai masalah penginapan atau hotel.

Jika kamu belajar bahasa Inggris, pasti kamu dengan mudah bisa melakukan kegiatan seperti reservasi dan check in hotel dengan mudah. Tapi jika kamu belum terlalu memiliki kemampuan bahasa Inggris yang baik, hal ini pasti akan menjadi hal yang cukup sulit untuk dilakukan.

Karena itu kemampuan bahasa Inggris yang baik sangat diperlukan. Karena kita tidak mengetahui siapa tahu ada waktu-waktu tertentu dimana kita harus menggunakan bahasa Inggris. Hal yang sama juga berlaku untuk orang-orang yang bekerja di sebuah penginapan atau hotel. Kemampuan bahasa Inggris harus dimiliki mereka karena tamu yang datang untuk menginap bukan hanya datang dari warga lokal tapi juga dari turis internasional yang hanya bisa berbicara dalam bahasa Inggris.

Istilah Tentang Perhotelan dalam Bahasa Inggris

Ada beberapa istilah dalam bahasa Inggris yang berhubungan dengan hotel. List lengkapnya bisa kamu lihat dibawah ini:

  1. A la carte: Penyajian makanan seperti di warung atau lesehan. Cara yang digunakan adalah dengan taking order atau memesan makanan.

  2. Agent rate: Harga rate kamar hotel yang biasanya dikurangi diskon khusus untuk para travel agent.

  3. Bar atau lounge: Tempat bersantai seperti restoran yang biasanya dilengkapi dengan fasilitas hiburan.

  4. Bell boy: Petugas hotel yang bertugas untuk membantu dan melayani tamu yang datang. Biasanya seorang bell boy bertugas untuk membantu mengangkat tas tamu ke dalam kamar, membersihkan kamar atau memenuhi keinginan tamu hotel.

  5. Bill: Jumlah biaya atau tagihan yang harus di bayar oleh tamu hotel.

  6. Blocking room: Kamar yang diblok karena ada keperluan khusus.

  7. Bookingatau reserve: Memesan kamar. Biasanya dilakukan jauh hari dari hari H perjalanan.

  8. Breakfast: Sarapan atau makan pagi.

  9. 9. Buffet: Penyajian makanan yang disajikan dengan bentuk prasmanan.

  10. Check in: Konfirmasi kedatangan tamu hotel sekaligus pemberian akses masuk ke kamar.

  11. Check out time: Batas waktu check out.

  12. Check out: Masa tenggat tamu untuk menginap di hotel. Di masa ini, tamu diharuskan mengembalikan kunci kamar dan membayar tagihan kamar.

  13. Cocktail: Minuman yang mengandung alkohol.

  14. Compensation: Pelayanan tambahan dari pihak hotel untuk tamu yang datang sebagai bentuk permintaan maaf atas kesalahan atau kekurangan yang dimiliki hotel dan mempengaruhi atau merugikan tamu hotel.

  15. Concierge: Merupakan bagian pelayanan tamu hotel. Concierge biasanya terdapat di sebuah hotel mewah.

  16. Contract Rate: Harga khusus kamar hotel yang diberikan khusus untuk travel agent berdasarkan terms and condition tertentu yang telah disepakati oleh pihak hotel dan pihak travel agent.

  17. Deluxe room: Kamar dengan fasilitas standar.

  18. Double bed: Kamar yang berisi 1 kasur besar berukuran King Size Bed.

  19. Fully booked: Menyatakan jika seluruh kamar yang ada di hotel telah habis di pesan.

  20. Late check out: Kompensasi berupa kelonggaran waktu yang diberikan pengelola hotel kepada tamu untuk melakukan check out melebihi atau melewati batas waktu check out.

  21. Lobby: Ruang utama hotel. Biasanya di ruangan ini digunakan untuk resepsionis dan menyambut tamu yang datang.

  22. Minibar: Merupakan fasilitas hotel yang ada di dalam kamar yang disewa. Minibar biasanya berupa kulkas kecil dengan isi lengkap di dalamnya. Kebanyakan hotel menerapkan charge tersendiri dan dibedakan dengan biaya kamar.

  23. Mocktail: Minuman seperti cocktail namun tanpa alkohol.

  24. Pick up service: Layanan penjemputan maupun pengantaran yang disediakan pihak hotel untuk para tamu. Biasanya layanan ini disediakan untuk antar jemput dari bandara ke hotel dan sebaliknya, ataupun layanan antar jemput ke dan dari hotel dan tujuan wisata. Hotel biasanya menggunakan transportasi pribadi atau bekerja sama dengan perusahaan transportasi.

  25. Pool side: Kamar hotel yang berada di dekat fasilitas kolam renang di hotel tersebut.

  26. Room rate atau rate: Harga kamar yang ditetapkan oleh hotel kepada tamu.

  27. Single bed: Kamar hotel yang berisi 2 kasur ukuran kecil. Biasanya tipe kamar ini juga sering disebut twin sharing.

  28. Suite room: Salah satu tipe kamar yang ada di hotel. Kamar tipe ini biasanya menjadi tipe terbaik dengan harga termahal disebuah hotel.

  29. Superior room: Salah satu tipe kamar yang kualitasnya ada di atas Deluxe room namun masih dibawah Suite room.

  30. Receptionist: Fasilitas hotel yang bertugas untuk menyambut tamu dan mengatur kegiatan check-in maupun check out.

Percakapan Bahasa Inggris di Hotel

Untuk lebih jelas mengenai contoh percakapan yang biasanya dilakukan di hotel, berikut contoh percakapan bahasa Inggris di hotel untuk membuat reservasi melalui telepon :

Hotel Receptionist: The Glory Inn. Good afternoon. This is Amanda speaking. How can I help you?

Mr. Smith: Hi Amanda. Yes, I would like to make a reservation.

Hotel Receptionist: Yes, sure. Can I have your full name, please?

Mr. Smith: It’s John Smith.

Hotel Receptionist: Thank you, Mr. Smith. And when would you like to reserve it for, Sir?

Mr. Smith: For the 21st of June, and it would be for 5 days and 4 nights, so until the 25th.

Hotel Receptionist: Very well, we have our Presidential and Junior Suites available, but we only have 2 more Double rooms available. Which would you like to book, Sir?

Mr. Smith: Alright. I would like 1 double room, and the 2 Junior Suites, thank you.

Hotel Receptionist: One Double room and two Junior Suites reserved for Mr. John Smith. Is that all?

Mr. Smith: Yes, that is all. Thank you very much.

Hotel Receptionist: You’re welcome, Mr. Smith. Have a good day.

Contoh percakapan dalam bahasa Inggris untuk memesan sarapan ke kamar:

Hotel restaurant: Hello! The Glory Inn Restaurant. Good morning, may I help you?

Mr. Smith: Well Good Morning, can I have my breakfast delivered to my room, please?

Hotel restaurant: Sure, may I know your name and room number you stay in right now Sir?

Mr. Smith: Oh yes, I'm John Smith from room 517.

Hotel restaurant: For how many people Sir?

Mr. Smith: 1 person only. Can I also have a glass of orange juice?

Hotel restaurant: Sure Sir, is there anything you want to add again?

Mr. Smith: I think that's all.

Hotel restaurant: Okay, one pax of breakfast with one orange juice delivered to room 517.

Mr. Smith: Yes.

Hotel restaurant: Okay Sir, our waiter will be there in a moment. Thank you for calling us and have a good day.

Dari contoh di atas, bisa kita lihat bahwa istilah-istilah umum yang selalu digunakan di perhotelan, seperti ‘reservation’, ‘book’, dan ‘suite’ yang telah kita pelajari sebelumnya banyak digunakan disini. Hal yang perlu diperhatikan juga adalah cara pengucapan kata yang sering keliru yaitu kata ‘suite’ di mana pengucapan sebetulnya sama dengan kita mengucapakan ‘sweet’.

Kamu juga bisa mencari contoh lain atau mencoba untuk membuat kalimat sendiri agar sekaligus belajar bahasa Inggris. Temukan juga 10 Contoh Dialog Agar Menjadi Cakap dalam berbicara bahasa Inggris

Selain itu, EF juga mempunyai program eksklusif untuk kamu yang ingin belajar bercakap-cakap dalam bahasa Inggris dengan lebih intensif. Penasaran? Yuk, isi formulir di bawah ini dan course consultant kami akan menghubungi Anda!

Yuk, coba kelas demo GRATIS!*

Mau kursus di EF? Coba kelas demo gratis* di EF center terdekatmu!

Incorrect phone number
Daftar Sekarang!

Dengan menekan tombol Daftar Sekarang, Anda menyetujui Kebijakan Privasi EF serta bersedia menerima penawaran dari EF.

*Syarat dan Ketentuan Berlaku