Menu
ef blog
Education Advice

Perbedaan TOEIC dan TOEFL

2020.09.17

Kamu termasuk kedalam sekelompok orang yang masih bingung memutuskan antara tes TOEFL atau TOEIC? Artikel kali ini akan sangat membantu untuk menentukan pilihan yang sesuai dengan kebutuhanmu.

Jika bahasa Inggris bukan bahasa pertamamu, kamu membutuhkan tes seperti TOEFL dan TOEIC untuk mengukur sejauh mana kemampuan bahasa Inggrismu. Biasanya tes ini diperlukan ketika ingin mendaftar kuliah di luar negeri, mendapatkan beasiswa, hingga melamar pekerjaan.

Meskipun kedua tes tersebut sama-sama digunakan untuk mengukur kemampuanmu, tetapi terdapat perbedaan dibeberapa sisi. Apa saja perbedaan antara TOEIC dan TOEFL?

Perbedaan TOEIC dan TOEFL

Tujuan Tes

Perbedaan tujuan tes dari toeic dan toefl

TOEIC dan TOEFL memiliki tujuan dan kepentingan yang berbeda. TOEFL biasanya digunakan bagi kamu yang ingin melanjutkan pendidikan ke jenjang kuliah di luar negeri. Sedangkan TOEIC lebih ditujukan untuk mengukur kemampuan bahasa Inggris pada lingkungan kerja. Nah jadi kalau kamu ingin melanjutkan pendidikan dan beasiswa lebih disarankan mengambil tes TOEFL. Tetapi jika keperluannya untuk bekerja, maka TOEIC pilihan yang tepat.

Format Tes

Perbedaan format tes dari toeic dan toefl

Tes TOEFL terdiri atas 4 sesi yaitu reading, listening, speaking dan writing. Tes ini akan memakan waktu kurang lebih sebanyak 4 jam. Pembagian sesi ini dilakukan untuk mengukur berbagai keterampilan bahasa Inggris yang dikuasai.

Sedangkan TOEIC hanya terdapat 2 sesi yaitu reading dan listening. Waktu yang diberikanpun cukup singkat sekitar 2 jam. Tes TOIEC dinilai lebih mudah dibandingkan dengan tes TOEFL karena hanya mengukur dua keterampilan saja.

Isi Tes

Perbedaan isi tes dari toeic dan toefl

Sesuai dengan tujuan dari tes, topik yang akan keluar pada tes TOEFL nantinya adalah topik seputaran bidang akademik dan lebih spesifik pada kehidupan perkuliahan. Biasanya membahas tentang sejarah, ekonomi, dan lainnya. Selain itu juga membahas tentang kehidupan siswa sehari-hari seperti aktivitas bersama dosen dan organisasi. Kosakata yang akan keluarpun berhubungan dengan akademik.

Berbeda dengan TOEFL, tes TOEIC hanya akan mengambil topik seputaran dunia kerja. Contohnya seperti presentasi pada klien dan rapat. Isi dari kedua tes ini benar-benar disesuaikan seperti tujuannya. Oleh karena itu jangan sampai salah pilih ya!

Nilai Tes

Perbedaan nilai tes dari toeic dan toefl

Pada tes TOEFL, kamu akan mendapatkan poin dari 0 sampai 120 pada setiap sesi. Tidak ada standar nilai kelulusan dalam tes ini. Setiap universitas memiliki kriteria tersendiri berapa nilai tes yang berhasil lolos. Tapi untuk rata-rata, nilai tes TOEFL yang menjadi standar bagi universitas adalah diatas 500.

Jika TOEFL nilai 500 sudah termasuk tinggi, maka beda halnya dengan TOEIC. Ketika tes ini, kamu akan mendapatkan nilai antara 5 sampai 990. Sama seperti TOEFL, tidak ada kata tidak lulus dalam tes. Tetapi agar sertifikat tes ini berguna, kamu harus bisa mendapatkan nilai minimal 700.

Seperti itulah perbedaan TOEIC dan TOEFL yang perlu kamu ketahui. Setelah ini kamu jadi tahukan mana yang harus dipilih? Agar mendapatkan pemahaman lebih tentang kedua tes ini, kamu bisa lihat contoh soal dan kisi-kisinya hanya di EF Blog.

Sebelum melakukan tes, alangkah baiknya kamu perdalam dahulu kemampuan bahasa Inggrismu. Ingin tahu cara mudah belajar bahasa Inggris? Isi nomormu pada kolom di bawah ini, dan dapatkan jawabannya!

HORE! Kamu dapat kelas demo GRATIS!

Isi data dirimu pada kolom di bawah ini, dan dapatkan kesempatan untuk mendapat voucher kelas demo GRATIS!* Buruan, penawaran terbatas!

Incorrect phone number
Daftar Sekarang!

Dengan menekan tombol Daftar Sekarang, Anda menyetujui Kebijakan Privasi EF serta bersedia menerima penawaran dari EF.

*Syarat dan Ketentuan Berlaku