Menu
teacher vs lecturer
Grammar and Vocabulary

Perbedaan Teacher, Lecturer, Tutor dan Mentor

tom thunder
Author
Tom Thunder
2024.02.26

Sama-sama punya tugas mengajar dan membimbing, tapi profesi ini punya namanya sendiri-sendiri. Apa ya perbedaan teacher, lecturer dan tutor? Hari ini, kita akan mengulik hal-hal yang membuat profesi yang berkaitan dengan pendidikan ini punya banyak penyebutan.

Yuk, coba kelas demo GRATIS!*

Mau kursus di EF? Coba kelas demo gratis* di EF center terdekatmu!

Incorrect phone number
Daftar Sekarang!

Dengan menekan tombol Daftar Sekarang, Anda menyetujui Kebijakan Privasi EF serta bersedia menerima penawaran dari EF.

*Syarat dan Ketentuan Berlaku

Menjelajahi dunia pendidikan bisa membingungkan, terutama ketika ada jabatan yang berbeda untuk peran yang tampaknya serupa. Meskipun mereka semua punya tujuan yang sama dalam mendorong pembelajaran, perbedaan mendasar antara teacher, lecturer, tutor, mentor, instructor dan professor sangat penting untuk dipahami.

lecturer

Teacher: Landasan dari Kegiatan Pembelajaran

Istilah pertama adalah teacher. Padanan yang tepat dalam Bahasa Indonesia adalah guru. Guru adalah landasan sistem pendidikan, yang terutama bertanggung jawab mengajarkan pengetahuan dan membentuk pemikiran generasi muda. Mereka bekerja di berbagai tingkatan, mulai dari pra-sekolah hingga setingkat SMA, dengan fokus pada pengembangan keterampilan dasar siswa dan pemahaman materi pelajaran.

Lecturer: Tempat Berdiskusi Seputar Keahlian dan Pengalaman

Padanan kata yang tepat untuk lecturer bukanlah pengajar, tetapi dosen. Dosen adalah seorang ahli dari suatu bidang tertentu. Biasanya, seorang dosen menyampaikan materinya dalam format presentasi kepada banyak orang. Dosen adalah sebutan seorang pengajar di lingkungan pendidikan tinggi. Fokus utama seorang dosen adalah berbagi pengetahuan dan merangsang keterlibatan intelektual pada topik tertentu.

Tutor: Pembimbing Individual untuk Pembelajaran Bertarget

Tutor memberikan pengajaran tatap muka untuk individu atau kelompok kecil yang biasanya berisi paling banyak 5 orang. Berbeda dengan guru, seorang tutor mengajarkan anak bimbingnya dengan materi yang dipersonalisasi sesuai kebutuhan individu atau kelompok tersebut. Biasanya, orang yang membutuhkan tutor adalah orang yang punya tujuan atau target, misalnya untuk memperdalam pemahaman dalam mata pelajaran tertentu atau supaya mendapat nilai bagus saat ujian.

Mentor: Pembimbing untuk Pertumbuhan Jangka Panjang

Seorang mentor lebih dari sekadar seorang akademisi. Seorang mentor adalah orang yang memberikan bimbingan, dukungan, dan saran kepada seorang individu yang ingin menempuh pengembangan pribadi, pendidikan atau karir mereka. Seorang mentor harus bisa memberi mentee-nya ruang aman untuk berbagi dan berdiskusi tentang pengalaman si mentor agar seorang mentee bisa melewati tantangan dan mencapai tujuan mereka.

Instructor: Memberikan Keterampilan Praktis untuk Tujuan Tertentu

Berbeda dari keempat jabatan sebelumnya, seorang instructor atau instruktur fokus pada pengajaran keterampilan praktis. Mereka memberikan pelatihan berbasis keterampilan untuk program atau pekerjaan tertentu. Fokus mereka adalah pembelajaran langsung dan pengembangan kompetensi. Program pelatihan dengan instruktur biasanya selalu ada praktik lapangan.

Professor: Puncak Keahlian Ilmiah

Professor atau profesor adalah ahli berkualifikasi tinggi di bidangnya. Mereka adalah yang melakukan penelitian dan mengajar pendidikan lanjutan di universitas dan perguruan tinggi. Mereka memainkan peran penting dalam membina generasi ahli dan cendekiawan masa depan. Orang-orang yang diajar oleh seorang professor biasanya adalah mahasiswa, mahasiswa pasca-sarjana hingga para profesional. Untuk menjadi seorang professor, diperlukan gelar professor di bidangnya, serta pengalaman penelitian dan publikasi ilmiah yang kredibel.

EFriends, sekarang tahu kan apa perbedaan teacher, lecturer, mentor dan titel pengajar yang lain?

Memahami peran dan pendekatan yang berbeda dari tokoh-tokoh pendidikan ini bisa jadi pengetahuanmu saat ingin mencari dukungan pendidikan yang sesuai dengan kebutuhanmu, mau itu dukungan akademis ataupun praktis.

Kalau kamu mencari dukungan untuk meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris, kamu bisa menghubungi guru-guru di EF. Mereka adalah orang-orang profesional yang sudah memiliki sertifikasi lho. Jadi, proses pembelajaran di kelas akan profesional tapi tetap menyenangkan untuk anak-anak karena banyak kegiatan interaktifnya,

Penasaran? Yuk ikutan kelas gratis yang dibuka bulan ini. Sstt, kuotanya terbatas, EFriends. Jangan sampai kehabisan kuota! Daftar sekarang dengan mengisi nomor handphonemu di form yang ada di halaman ini.