Menu
perbedaan past tense past participle

Perbedaan Past Tense dan Past Participle

grammarpast tensetenses
2020.05.09

Memahami grammar menjadi sebuah kewajiban jika ingin belajar bahasa Inggris. Bahasa ini memiliki aturan tata bahasa sendiri yang haru dipelajari serta dipahami oleh setiap pembelajar yang ingin lebih mengenal bahasa Inggris.

Grammar bahasa Inggris lebih dikenal dengan mempelajari 16 tenses yang ada meskipun begitu belajar grammatika tidak hanya mempelajari 16 tenses saja.

Mungkin kamu telah mengenal ke 16 tenses yang sering dibahas dalam pelajaran bahasa Inggris. Sebut saja past tense dengan past participle. Keduanya sekilas terlihat sama namun sebenarnya berbedaa.

Untuk lebih memahami perbedaan keduanya, ayo kita lihat perbedaan past tense dan past participle agar kamu lebih memahami cara menggunakan keduanya di dalam sebuah kalimat.

PERBEDAAN PAST TENSE DAN PAST PARTICIPLE

1. Past tense

Past tense digunakan saat menyatakan sebuah aksi atau kegiatan yang mulai dan berakhirnya berada di masa lalu. Tidak penting kapan waktu sebuah aksi tersebut terjadi karena yang terpenting dalam tenses ini adalah terjadi atau tidak terjadinya sebuah aksi atau kegiatan. Jelas ini adalah bentuk verb.

Contoh:

I brought a red bag in the class.

Untuk memahami lebih dalam mengenai past tense, kamu dapat membacanya lebih lanjut pada artikel ini: Penggunaan Past Simple dan Past Continuous Tense

2. Past participle

Past participle memiliki bentuk yang diakhiri dengan –ed, -d, -t, -n ataupun –en dari ver dasar jika regular verb. Pada bentuk irregular verb, bentuknya tidak teratur.

Selain itu, past participle memiliki dua fungsi di antara lain adalah sebagai kata sifat ataupun sebagai bagian dari verb. Jika past tense adalah verb namun past participle bukanlah verb.

Sebagai kata sifat ataupun adjective, past participle harus berada di belakang kata to be ataupun untuk menjelaskan sebuah kata benda yang diletakan di depan kata benda.

Jika sebagai bagian dari verb, past participle selalu ditemani dengan bentuk dari to have (have, has atau had). Past participle juga bisa digunakan sebagai kata kerja dengan syarat sebelum kata past participle harus menggunakan auxiliary di depannya.

Kamu dapat membaca lebih lanjut pada artikel berikut: Penggunaan Past Participle

Temukan juga cara belajar Grammar dengan mudah dan menyenangkan bersama EF dan materi unik yang dimilikinya. Penasaran? Yuk, isi nomormu pada kolom berikut!

YAY! KAMU DAPAT VOUCHER DARI EF!

Buruan isi data dirimu di sini untuk mengambil voucher DISKON TERBESAR EF sampai dengan 2 juta rupiah*! Cuma dari tanggal 11 sampai 30 September 2020!

Incorrect phone number
Ambil Sekarang

Dengan menekan tombol Daftar Sekarang, Anda menyetujui Kebijakan Privasi EF serta bersedia menerima penawaran dari EF.

*Syarat dan Ketentuan Berlaku

ben saying hore