Menu
Perbedaan Man, Men, Woman, Women
Listening and Speaking

Perbedaan Man, Men, Woman, Women

Ben Small Stars
Author
Ben
2021.11.12

Sebagian besar orang berpendapat bahwa berbicara bahasa Inggris itu adalah hal yang tidak mudah. Butuh perbendaharaan kosakata, grammar, dan pronunciation yang tepat. Misalnya ketika ada seseorang yang mengucapkan Man dan Men, atau Woman dan Women. Kedua kata tersebut memiliki arti yang sama, namun terdapat perbedaan makna.

Lalu, apa yang membedakannya?

Yuk, coba kelas demo GRATIS!*

Mau kursus di EF? Coba kelas demo gratis* di EF center terdekatmu!

Incorrect phone number
Daftar Sekarang!

Dengan menekan tombol Daftar Sekarang, Anda menyetujui Kebijakan Privasi EF serta bersedia menerima penawaran dari EF.

*Syarat dan Ketentuan Berlaku

Man

Man vs Men

Seperti yang kita tahu, Man artinya laki-laki. Penggunaan Man dalam bahasa Inggris ini dikhususkan untuk menyebutkan laki-laki tunggal atau hanya terdapat satu laki-laki saja.

Misalnya ketika terdapat satu laki-laki yang sedang bermain basket maka kosakata yang tepat adalah There is a young man playing basketball on the court. Man, dalam kalimat tersebut menunjukkan bentuk singular.

Contoh kalimat lainnya dalam penggunaan Man sebagai berikut:
  • A young, handsome man is sitting in a cafe and drinking a cup of coffee. (Seorang pemuda tampan sedang duduk di kafe dan minum kopi)

  • I saw that man in the bus earlier. He was reading a newspaper. (Saya tadi melihat pria itu di dalam bus. Dia sedang membaca koran.)

  • My father is a tough man. (Ayahku adalah pria yang tangguh)

Men

Man vs Men

Dalam bahasa Indonesia, kita sering menyebutkan sosok pria atau laki-laki dalam satu kata. Sementara itu, dalam bahasa Inggris terdapat satu hal yang membedakannya yaitu Man vs Men. Jika Man digunakan untuk seorang laki-laki maka Men digunakan untuk menyebutkan laki-laki yang terdiri dari dua orang atau lebih.

Meskipun keduanya memiliki persamaan arti, Men artinya laki-laki namun dalam bentuk plural atau jamak. Misalnya terdapat sekelompok laki-laki sedang bermain basket di lapangan maka kosakata yang tepat adalah: There are young men playing basketball on the court.

Contoh kalimat lainnya dalam penggunaan Men sebagai berikut:
  • These people are men who are determined to study abroad (Mereka adalah pria yang bertekad untuk belajar di luar negeri)

  • So many men in this town (Begitu banyak pria di kota)

  • Lots of men buy suits only for several occassions (Banyak pria membeli jas untuk beberapa acara formal)

  • Have you ever seen men wearing bear hats on their heads? (Apakah kamu melihat pria yang mengenakan topi beruang di kepala mereka?)

Woman

Woman vs Women

Woman artinya wanita. Kata ini merupakan bentuk singular atau tunggal untuk menyebutkan bahwa terdapat satu wanita yang dijadikan sebagai subjek.

Contoh kalimat untuk penggunaan Woman sebagai berikut:
  • My mother is the most beautiful woman in the whole world (Ibuku adalah wanita tercantik di seluruh dunia)

  • Ben is attracted to the smartest woman in his class (Ben tertarik pada wanita terpintar di kelasnya)

  • That woman is too afraid to cross the road (Butuh bantuan! Ada seorang wanita yang takut untuk menyeberang jalan)

  • Hey magic mirror, am I the most beautiful woman on this earth? (Hei cermin ajaib, apakah aku wanita tercantik di bumi ini?)

Women

Man vs Men

Berbeda dengan Woman, Women artinya wanita dalam bentuk plural atau jamak. Jadi, jika kamu sedang melihat banyak wanita maka sebut mereka sebagai Women, dan bukan Woman.

Berikut contoh kalimat penggunaan Women:
  • They are the most successful women in the world (Mereka adalah wanita sukses di dunia ini)

  • A lot of women always talk about trendy clothes (Saya mendengar banyak wanita berbicara tentang pakaian yang sedang kekinian)

  • My friends are superwomen! (Teman-temanku adalah wanita super!)

Nah, sekarang kita sudah mengetahui perbedaan dari Man vs Men dan Woman vs Women. Oleh karena itu jangan sampai kamu salah menempatkan kata tersebut dalam kalimat ya!

Apabila kamu masih ragu bagaimana cara untuk berbicara bahasa Inggris yang baik, ikutan kelas demo GRATIS di EF, yuk! Kelas ini terbuka bagi siapa pun yang ingin meningkatkan kemampuan bahasa Inggrisnya. Jika kamu tidak ingin datang ke kelas sendirian, kamu juga bisa ajak teman-temanmu untuk belajar bahasa Inggris GRATIS dengan guru yang profesional.

Jadi, jangan lewatkan kesempatan ini dan daftarkan diri kamu sekarang juga!

Ben Small Stars
Author
Ben