Menu
lite
Grammar and Vocabulary

Perbedaan Lite dan Light, Mana yang Sering Kamu Gunakan?

2023.01.02

Sering menemukan kata lite? Di mana kamu menemukannya? Rasanya sudah banyak kita jumpai ya? Terlebih lagi untuk benda – benda dengan ukuran mini. Bisa juga dikatakan sebagai sesuatu yang ringan.

Yuk, coba kelas demo GRATIS!*

Mau kursus di EF? Coba kelas demo gratis* di EF center terdekatmu!

Incorrect phone number
Daftar Sekarang!

Dengan menekan tombol Daftar Sekarang, Anda menyetujui Kebijakan Privasi EF serta bersedia menerima penawaran dari EF.

*Syarat dan Ketentuan Berlaku

Kamu bisa menemukannya di bungkus makanan dan minuman. Coba deh lihat kembali, pasti kamu akan menemukannya. Biasanya kata lite berada pada kemasan makanan dan minuman yang memiliki kadar gula, dan kandungan zat lainnya dengan takaran yang lebih rendah daripada takaran normal. Selain itu, kamu juga bisa menemukannya pada brand tertentu loh!

Apa saja ya perbedaannya? Ayo simak artikel ini!

Yuk, coba kelas demo GRATIS!*

Mau kursus di EF? Coba kelas demo gratis* di EF center terdekatmu!

Incorrect phone number

Dengan menekan tombol Daftar Sekarang, Anda menyetujui Kebijakan Privasi EF serta bersedia menerima penawaran dari EF.

*Syarat dan Ketentuan Berlaku

1. Perbedaan Lite dan Light

besar kecil

Jika kita membahas mengenai light, dalam Bahasa Inggris adalah sesuatu yang berasal dari matahari atau terang. Bisa juga berarti lampu. Selain itu, light juga sering digunakan dalam berbagai ekspresi dan idiom, seperti idiom berikut “Hide your light under a bushel” yang artinya adalah sembunyikan kesuksesan dan idemu (jangan beri tahu orang lain).

Lalu, bagaimana dengan lite?  Singkatnya, lite adalah bentuk sederhana dari light. Namun, kamu tidak bisa menggunakan lite pada tulisan formal. Mengapa? Karena lite lebih sering digunakan dalam mempromosikan sesuatu. Yup, lite biasanya digunakan dalam bahasa advertising atau bahasa periklanan. Tak aneh bukan jika kamu menemukannya pada produk tertentu?

Kalau dalam Bahasa Indonesia, lite termasuk ke dalam bahasa slang. Sedangkan dalam dunia teknologi, lite bisa untuk aplikasi dengan kualitas di bawah dari kualitas asli. Misal, aplikasi A memiliki versi lite untuk hp B. Tentu saja kualitas untuk aplikasi di hp B memiliki kualitas di bawah hp lainnya.


Sudah tahu ya perbedaan lite dan light? Cukup mudah bukan? Untuk essay formal, seperti dalam IELTS, TOEFL, dan sebagainya. Jangan menggunakan lite ya. Kecuali untuk kreativitas copywriting misalnya, nah itu baru bisa kamu pakai. Mau tahu perbedaan kata lainnya?

Yuk daftar Free Demo Class EF! Gratis loh! Kamu akan belajar dan berdiskusi dengan teman lainnya dan akan didampingi oleh guru profesional loh. Yakin kamu nolak yang gratis? Ayo daftar sekarang! Ditunggu ya😉

*Syarat dan Ketentuan berlaku
*Promo terbatas

Terakhir update artikel : 02-01-2023